Command Prompt (Cmd): Apa Artinya dan Cara Menggunakannya

Sharing is caring!

Command Prompt adalah aplikasi command line interpreter yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows. Ini digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan. Sebagian besar dari perintah itu mengotomatiskan tugas-tugas melalui skrip dan batch files, melakukan fungsi administrasi tingkat lanjut, dan memecahkan masalah atau memecahkan beberapa jenis masalah Windows. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang Command Prompt (Cmd): Apa Artinya dan Cara Menggunakannya

Command Prompt secara resmi disebut Windows Command Processor tetapi kadang-kadang juga disebut sebagai command shell atau cmd prompt atau bahkan dengan nama file-nya, cmd.exe.

Command Prompt kadang-kadang salah disebut sebagai “the DOS prompt” atau sebagai MS-DOS itu sendiri. Command Prompt adalah program Windows yang mengemulasi banyak kemampuan baris perintah (command line) yang tersedia di MS-DOS tetapi itu bukan MS-DOS.

Note: Cmd juga merupakan singkatan dari banyak istilah teknologi lainnya, seperti distribusi pesan terpusat (centralized message distribution), layar monitor berwarna (color monitor display), dan database manajemen umum (common management database) tetapi tidak satupun dari mereka yang ada hubungannya dengan Command Prompt.

Cara Mengakses Command Prompt

Anda membuka Command Prompt melalui shortcut Command Prompt yang terletak di menu Start atau pada Apps screen, bergantung pada versi Windows Anda.

Cara lain untuk mengakses Command Prompt adalah melalui perintah cmd Run atau di lokasi aslinya di C:\Windows\system32\cmd.exe tetapi menggunakan pintasan lebih cepat bagi kebanyakan orang.

Namun metode lain untuk membuka Command Prompt di beberapa versi Windows adalah melalui Power User Menu. Namun, Anda mungkin melihat PowerShell di sana bukan Command Prompt, bergantung pada bagaimana komputer Anda diatur.

Note: Banyak perintah hanya dapat dieksekusi jika Anda menjalankan Command Prompt sebagai administrator.

Cara Menggunakan Command Prompt

Untuk menggunakan Command Prompt, Anda memasukkan Command Prompt command yang valid bersama dengan parameter opsional apapun. Command Prompt kemudian menjalankan perintah, seperti yang dimasukkan dan melakukan tugas atau fungsi yang dirancang untuk dijalankan di Windows.

Misalnya, menjalankan perintah Command Prompt berikut di folder Unduhan Anda akan menghapus semua MP3 dari folder itu:

del * .mp3

21 Command Prompt Trik dan Hacks

Perintah harus dimasukkan ke Command Prompt dengan tepat. Syntax yang salah atau salah mengeja dapat menyebabkan perintah gagal atau lebih buruk; itu bisa mengeksekusi perintah yang salah atau perintah yang benar dengan cara yang salah. Tingkat kenyamanan dengan syntax perintah membaca disarankan.

Misalnya, menjalankan perintah dir akan menampilkan daftar file dan folder yang ada di lokasi tertentu di komputer tetapi sebenarnya tidak melakukan apa-apa. Namun, ubah hanya beberapa huruf dan itu berubah menjadi perintah del yang merupakan cara Anda menghapus file dari Command Prompt!

Syntax sangat penting sehingga dengan beberapa perintah, terutama perintah delete, menambahkan bahkan satu spasi saja dapat berarti menghapus data yang sama sekali berbeda.

Berikut adalah contoh di mana ruang dalam perintah memecah baris menjadi dua bagian. Pada dasarnya membuat dua perintah di mana file dalam folder root (files) dihapus, bukan file dalam subfolder (musik):

del C: \ file \ musik

Cara yang tepat untuk mengeksekusi perintah itu untuk menghapus file dari folder musik sebagai gantinya adalah dengan menghapus ruang sehingga seluruh perintah dirangkai dengan benar.

Command Prompt Commands

Sejumlah besar perintah ada di Command Prompt tetapi ketersediaannya berbeda dari sistem operasi ke sistem operasi.

Mengikuti daftar perintah itu akan membuktikan bahwa ada banyak perintah yang dapat Anda gunakan di Command Prompt tetapi tidak semuanya digunakan sesering yang lain.

Berikut adalah beberapa perintah Command Prompt yang lebih umum digunakan yang digunakan dalam berbagai keadaan: chkdsk, copy, ftp, del, format, ping, attrib, net, dir, help, dan shutdown.

Command Prompt Availability

Command Prompt tersedia di setiap system operasi berbasis Windows NT yang mencakup Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP, dan Windows 2000 Serta Windows Server 2012, 2008, dan 2003.

Windows PowerShell, interpreter baris perintah lanjutan yang tersedia di versi Windows terbaru melengkapi kemampuan mengeksekusi perintah yang tersedia di Command Prompt. Windows PowerShell akhirnya dapat menggantikan Command Prompt di Windows versi yang akan datang.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Command Prompt (Cmd): Apa Artinya dan Cara Menggunakannya
Artikel
Command Prompt (Cmd): Apa Artinya dan Cara Menggunakannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Command Prompt adalah aplikasi command line interpreter yang tersedia di sebagian besar OS Windows. Baca Command Prompt: Apa Artinya dan Cara Menggunakannya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment