CMS vs Pembuat Situs Web

Sharing is caring!

Istilah CMS dan Pembuat Situs Web sering digunakan secara bergantian. Akan tetapi, hal ini merupakan hal berbeda karena mereka menggunakan pendekatan yang berbeda ketika diterapkan pada bangunan situs web. Keduanya memiliki pro dan kontra. Simak sampai selesai ya Gaes terkait CMS vs Pembuat Situs Web.

Poin Perbedaan Paling Penting

Di bawah ini akan ditunjukkan perbedaan paling penting bagi Anda untuk memahami gagasan tersebut.

  1. Pain In The Neck vs All-In Solution

Untuk menggunakan CMS, Anda perlu menginstal hosting, membeli domain, mengelola basis data, menjalankan pembaruan manual, dan sebagainya. Pembuat situs web adalah alat serba guna yang tidak membutuhkan upaya manajemen tambahan.

  1. Sangat Dapat Disesuaikan vs Mudah Digunakan

Selama di CMS, Anda berurusan langsung dengan kode, Anda punya banyak peluang untuk penyesuaian termasuk plugin tambahan, modul, dan lain-lainl. Dalam hal pembangun situs web, Anda biasanya ditawari visual drag-and-drop interface.

  1. Peluang Desain yang Buruk vs Kaya

Sebagian besar CMS hanya menawarkan beberapa template dasar (seringkali berkualitas rendah). Itu sebabnya Anda paling sering harus membeli tema dan template premium atau memperbaiki yang sudah ada atau mengembangkan sendiri dari awal.

Tidak seperti CMS, pembuat situs web menawarkan beragam template yang dapat disesuaikan yang telah dirancang sebelumnya dan peluang desain lainnya.

  1. Tidak Ada Dukungan Pelanggan vs Dukungan Kualitas

Solusi CMS gratis sering kali tidak memberikan bantuan pelanggan resmi sehingga Anda harus mencari blog dan komunitas pengguna untuk pemecahan masalah. Dalam hal pembangun situs web, mereka menawarkan dukungan pelanggan yang kuat.

  1. Alat SEO Internal vs Plugin SEO Eksternal

CMS gratis menawarkan kustomisasi SEO yang buruk atau tidak ada sama sekali sehingga Anda perlu menginstal plugin eksternal sementara pembuat situs web menyediakan alat SEO bawaan.

Singkatnya, pembangun situs web tidak membutuhkan keterampilan pengkodean serta menawarkan interface yang ramah pengguna dan banyak peluang desain. Ini adalah pilihan terbaik untuk nonteknisi, seperti usaha kecil, situs web pribadi, dan lain-lain.

Di sisi lain, CMS menawarkan peluang penyesuaian yang kaya tetapi membutuhkan keterampilan yang lebih maju untuk ditangani secara efektif. CSM adalah yang terbaik bagi perusahaan untuk mengelola proyek, portal dokumentasi, dan sebagainya.

Fitur Inti dari Alat Bangun Situs Web Teratas

Sebelum Anda memutuskan alat pembuat situs web mana yang akan digunakan, Anda harus menentukan prioritas Anda sehubungan dengan penggunaannya, manajemen, fungsionalitas, dan sebagainya. Sementara kegunaan dan peluang lintas platform penting bagi sebagian orang sedangkan yang lain fokus pada SEO dan peluang promosi media sosial.

Fitur-Fitur yang Harus Dimiliki oleh Sebagian Besar Alat CMS dan Pembuat Situs Web Bawaan

  1. Editor WYSIWYG

Saat ini sebagian besar solusi dirancang untuk pengguna tanpa pengetahuan pemrograman sehingga penting bahwa perangkat lunak modern memiliki editor WYSIWYG yang intuitif dengan fungsi pratinjau, kemampuan impor untuk elemen media seperti konten video dan audio, animasi flash interaktif, dan lain-lain.

  1. Desain Responsif

Persentase tampilan seluler masih terus bertambah dan saat ini halaman web yang ramah seluler adalah suatu keharusan. Banyak solusi pembuatan situs web menyediakan template siap pakai yang secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran tampilan tetapi seringkali tidak tersedia secara gratis.

  1. Integrasi Media Sosial

Baik itu CMS pembuatan situs web, ECMS, pembuat situs web atau lainnya, penting bahwa halaman situs web mendukung kemampuan promosi konten termasuk tombol berbagi dan fungsi komentar.

  1. Alat SEO Built-in

Tidak perlu dikatakan bahwa situs web Anda harus SEO-friendly dan muncul di halaman pertama permintaan pencarian yang relevan. Itulah sebabnya perangkat lunak pembuatan situs web yang baik harus memiliki alat SEO, termasuk judul halaman, tajuk, URL yang ramah-SEO, tag meta, dan deskripsi meta.

  1. Pencarian Komprehensif

Situs web Anda harus memiliki pencarian yang tepat kecuali situs web satu halaman. Beberapa pengunjung Anda datang untuk mencari, beberapa mencari sepotong informasi tertentu, seperti produk tertentu, artikel, dan sebagainya.

Apabila situs web Anda gagal memberikan informasi ini maka pengunjung akan meninggalkan situs web Anda dan tingkat konversi akan rendah. Itulah mengapa sangat penting bahwa situs web Anda memiliki pencarian yang tepat, cepat, dan mudah digunakan.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
CMS vs Pembuat Situs Web
Artikel
CMS vs Pembuat Situs Web
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Istilah CMS dan Pembuat Situs Web sering digunakan secara bergantian. Baca sampai selesai ya Gaes terkait CMS vs Pembuat Situs Web di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment