Cloud VPS vs Dedicated Server: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?

Cloud VPS vs Dedicated Server: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?

Adakah dari kalian yang pernah bingung bahkan sedang bingung ketika harus memilih salah satu dari dua tipe server, pilih dedicated server atau cloud VPS? Tentu keduanya memiliki perbedaan sehingga kalian pun punya pertimbangan secara khusus sebelum menentukan pilihan, khususnya untuk bisnis. Tak usah lama-lama, langsung simak yuk Cloud VPS vs Dedicated Server: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis? 

Pilih Cloud VPS atau Dedicated Server?

Dedicated server dapat dibilang sebagai jenis server yang didedikasikan sepenuhnya untuk sebuah akun hosting milik sebuah perusahaan atau bisnis. Biasanya, para pengguna dedicated server memiliki ruangan khusus untuk menyimpan mesin server dengan teknisi ahli. 

Sedangkan Cloud Virtual Private Server (VPS) yang mana sama-sama memiliki kapasitas besar dalam penyimpanan data, jenis server ini memanfaatkan teknologi internet dan penyimpanan virtual untuk menampung data. Oia, sebelum instalasi, penyedia layanan cloud VPS biasanya akan menawarkan pilihan kepada penggunanya, apakah server akan dikelola sendiri atau dibantu oleh provider.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud VPS

Kelebihan Cloud VPS:

  • Mendapatkan alamat IP khusus.
  • Lebih aman dibanding shared hosting.
  • Biaya lebih terjangkau dibanding dedicated server.
  • Dapat memilih tipe pengelolaan server.
  • Memiliki akses 100% atas server yang disewa, tidak berbagi dengan pengguna lain.
  • Tidak butuh tenaga ahli untuk pengelolaan mesin (jika ingin dibantu provider).
  • Data tidak akan hilang karena di-backup secara otomatis.
  • Fleksibel karena dapat mengubah sejumlah gadget kalian menjadi workspace dengan program yang kalian instal. 

Kekurangan Cloud VPS:

  • Privasi tidak sepenuhnya menjadi rahasia bisnis atau perusahaan karena jika mengalami error, kalian perlu memberikan informasi yang dibutuhkan agar penyedia VPS dapat membantu menyelesaikan masalahnya.
  • Tidak sekuat dan secanggih dedicated server.
  • Tidak memiliki kendali penuh atas mesin server karena semua mesin VPS terletak di data center dan dikelola oleh penyedia VPS.
  • Membutuhkan pengetahuan lebih teknis dibanding hosting untuk mengatur server atau saat mengatasi masalah sederhana.

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Kelebihan Dedicated Server:

  • Mendapat alamat IP unik.
  • Mendapat kendali penuh atas data yang dimiliki.
  • Karena tidak bergantung pasa server, data yang disimpan pun lebih aman.
  • Tidak bergantung pada penyedia server ketika mengalami masalah sehingga masalah dapat segera ditangani.

Kekurangan Dedicated Server:

  • Butuh tenaga ahli untuk pengelolaan dan pengembangan sehingga kurang cocok bagi pemula yang tidak memahami cara menggunakan server.
  • Biaya sewa dan perawatan lebih mahal.
  • Pengelolaan dan perawatan server lebih rumit.
  • Data di server harus dipindahkan secara manual ke server lain ketika mengalami error. Jika tidak, website yang berada di server mungkin akan mengalami down bahkan data yang sudah ada bisa saja hilang.

Lebih Baik Pilih Dedicated Server atau Cloud VPS?

Wah, trus server mana yang lebih baik digunakan, nih? Eitss, pilihan kalian kembali lagi pada kebutuhan, ya.

Jika paham cara mengelola mesin server atau hendak merekrut orang yang memahami pengelolaan mesin server, silakan pilih dedicated server. Namun, jika kalian tidak mau repot dengan pengelolaan server dan tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, silakan pilih cloud VPS.

Biasanya sih, dedicated server digunakan oleh website dengan traffic tinggi, seperti portal berita atau website marketplace. Selain itu, dedicated server juga digunakan oleh organisasi skala besar, seperti pemerintah, media massa, atau perusahaan yang memiliki database penting sehingga membutuhkan perlindungan ekstra.

Sedangkan cloud VPS lebih sering digunakan oleh bisnis menengah dan website yang sudah sering mengalami limit resource karena traffic terlalu tinggi. Saat ini VPS juga sudah sering digunakan oleh instansi pendidikan untuk menjalankan program e-learning loh menggunakan Learning Management System (LMS), seperti Moodle, Canvas, Sakai, dan lain-lain.

Gunakan layanan Cloud VPS dari Jetobit, yuk. Cepat, handal, scalable, dan terjangkau untuk setiap inovasi yang kalian bangun dan kembangkan. Jetorbit menyediakan layanan Cloud VPS dengan Storage NVME yang jauh lebih unggul dari SSD biasa + RAM yang lebih besar! Jetorbit Cloud VM menggunakan 100% pure NVMe, Intel CPU dan ECC RAM untuk mendapatkan performa terbaik. Yuk Deploy Cloud VPS Kalian Hanya Dalam 35 Detik..!

Jetorbit juga menyediakan Dedicated Server terbaik di Indonesia. Silakan kalian pilih sesuai kebutuhan kalian, mulai dari Processor, Memory, Disk, dan tentunya harga yang sesuai dengan kantong kalian. Oia, ada Addon juga loh, yang tentu saja bisa disesuaikan dengan budget kalian juga. Ayo orbitkan website terbaik kalian dengan layanan Dedicated Server Jetorbit.!

Okay, jadi itulah penjelasan tentang perbedaan cloud VPS vs dedicated server. Anyway, apakah kalian sudah menentukan mana yang lebih baik untuk bisnis kalian?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like