Kenali Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan tentang perbedaan antara cloud hosting dan shared hosting. Tak perlu menunggu lama, langsung simak saja yuk Kenali Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah sebuah layanan hosting yang mana data website pengguna ditempatkan di lebih dari satu server. Hal ini berlaku pula untuk jumlah resource pengguna.

Makanya website pengguna cloud hosting jarang mengalami downtime. Saat salah satu server sibuk atau bermasalah, aktivitas dari website tersebut akan menggunakan server lain yang normal. Oleh karena itu, layanan cloud hosting dapat menampung traffic dalam jumlah yang sangat besar.

Oia, pengguna juga dapat menambah jumlah server yang digunakan sesuai kebutuhan website, loh. 

FYI, pengelolaan server cloud hosting juga fully managed. Artinya, kewajiban tersebut dilakukan oleh penyedia layanan.

Kelebihan Cloud Hosting

Berikut ini beberapa kelebihan jenis layanan web cloud hosting yang bisa kalian dapatkan, seperti:

1. Skalabilitas

Cloud hosting memiliki banyak sumber daya yang memudahkan bagi pengguna untuk memiliki skala secara besar.

Kebutuhan bisnis dari waktu ke waktu tentu saja akan terus meningkat. Dengan menggunakan cloud hosting, tentunya lebih mudah menambahkan sumber daya sesuai dengan kebutuhan.

2. Waktu untuk membuka halaman website lebih cepat

Cloud hosting mengalami waktu pemuatan halaman lebih cepat karena layanan hosting mengintegrasikan mekanisme caching.

Cloud hosting mengalami waktu pemuatan halaman lebih cepat karena layanan hosting mengintegrasikan mekanisme caching.

3. Ruang penyimpanan yang besar

Anyway, ruang yang disediakan oleh cloud hosting sangat besar. Nah, ruang penyimpanan yang sangat besar inilah yang nantinya membuat cloud hosting Jetorbit juga dapat meng-host beberapa situs web dalam hosting yang sama dan mengontrol melalui satu cPanel.

4. Mampu memulihkan data yang hilang

Layanan cloud hosting memungkinkan untuk memulihkan data yang hilang dengan bantuan alat mekanisme cadangan atau mampu back up data-data yang dimiliki.

Poin ini merupakan salah satu keuntungan pengguna cloud hosting karena data disimpan di lokasi yang berbeda, yaitu di pusat data.

5. Menghemat pengeluaran operasional dan modal

Cloud hosting memungkinkan untuk menghemat biaya besar di muka karena penyedia hosting bertanggung jawab untuk memelihara infrastruktur. Makanya, waktu penerapan, upaya, dan akhirnya biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat.

Kekurangan Cloud Hosting

Kekurangan dari jenis layanan web cloud hosting adalah sebagai berikut:

1. Ketergantungan platform

Cloud hosting dapat membatasi beberapa pengguna pada satu penyedia layanan web hosting dan menyebabkan lock-in.

Perbedaan sistem penyedia layanan ini dapat membatasi pengguna untuk bermigrasi dari satu platform cloud ke platform cloud lainnya sehingga bisa terjadi peningkatan biaya.

Sebenarnya sih permasalahan ini dapat diatasi kok, dengan memahami saja apa yang ditawarkan oleh penyedia layanan web hosting itu sendiri. Karena sebagian besar menggunakan komponen open source yang sama, migrasi juga menjadi lebih mudah.

2. Kontrol dan fleksibilitas terbatas

Kebijakan dan SLA penyedia cloud hosting terkadang dapat membatasi pengguna pada tingkat yang berbeda-beda dalam poin apa yang dapat mereka lakukan dengan layanan tersebut.

Namun, sebenarnya tidak setiap penyedia layanan memberlakukan batasan seperti itu sih, bergantung pada masing-masing aturan yang dimiliki.

Apa Itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah layanan web hosting dengan biaya paling terjangkau jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya. Pada umumnya, shared hosting sangat disarankan untuk blogger pemula yang ingin mulai mengembangkan websitenya.

Shared hosting juga memiliki kekurangan. Website yang disimpan di hosting ini harus berbagi sumber daya server dengan penyewa lainnya. Maka dari itu, pengguna shared hosting akan mendapatkan ketersediaan sumber daya server yang sangat terbatas.

Dengan terbatasnya sumber daya yang dapat digunakan, otomatis kecepatan website juga akan menurun. Hal ini tidak direkomendasikan untuk website yang sedang berkembang. Oia, jika salah satu website yang ada pada server shared hosting terkena serangan peretas, ada kemungkinan website di server tersebut akan terancam juga.

Kelebihan Shared Hosting

Berikut ini beberapa kelebihan jenis layanan web shared hosting:

1. Mudah untuk digunakan

Shared hosting adalah salah satu jenis layanan yang cukup mudah digunakan, terutama bagi pemula.

Salah satu alasan utama penggunaannya menggunakan shared hosting ini mengurangi waktu untuk online secara drastis karena kesederhanaannya dalam hal penerapan.

2. Harga yang lebih terjangkau

Shared hosting memiliki harga lebih murah karena bebas dari tanggung jawab administratif.

Artinya, penyedia hosting akan menangani semua tanggung jawab teknis seperti pemeliharaan server dan kalian juga tidak perlu memiliki pengetahuan teknik secara mendalam.

Selain itu, karena digunakan secara bersama maka shared hosting lebih murah dibanding jenis layanan lainnya.

Kekurangan Shared Hosting

Kekurangan dari jenis layanan web shared hosting adalah sebagai berikut:

1. Akses sedikit lambat

Shared hosting digunakan secara bersama-sama, melayani sejumlah pengguna. Tentunya ada kemungkinan untuk mengalami kecepatan lambat karena pengguna lain meminta sumber daya yang sama.

2. Kadang kala server down

Akibat banyak permintaan yang harus dilayani dari berbagai resource, hal ini membuat server kewalahan untuk memenuhi setiap permintaan.

Saat server merasa kewalahan maka server menjadi down. Beberapa website di shared hosting juga terdampak dan berhenti untuk sementara waktu sampai provider hosting memperbaiki server agar bisa berjalan dengan lancar kembali.

3. Bisa terkena dampak gangguan yang dialami oleh pengguna lain

Kalian sudah tahu kan bahwa server pada shared hosting ini digunakan secara bersamaan. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika salah satu pengguna ikut mengalami gangguan akibat dampak gangguan dari pengguna lain di server yang sama.

Sudah Paham Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting, kan?

Okay, jadi, perbedaan dari kedua jenis hosting tersebut secara singkat adalah:

  • Shared hosting: hanya ada satu server yang dibagi ke beberapa pengguna. Sumber dayanya dibagi-bagi ke pengguna lain sehingga terbatas. Jika ada pengguna yang melebihi sumber daya yang ditentukan, akan mengganggu pengguna lainnya. Hosting ini lebih murah dibanding jenis hosting lain dan sangat direkomendasikan bagi pemula yang traffic websitenya belum terlalu tinggi.
  • Cloud hosting: ditunjang oleh beberapa server dan sumber dayanya tidak dipakai-bagi sehingga tidak akan saling berpengaruh ke pengguna hosting lain jika salah satunya bermasalah. Direkomendasikan bagi pengguna yang kurang paham pengelolaan server tetapi traffic website cukup tinggi serta membutuhkan sumber daya yang besar.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Kenali Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting”

    1. silvia Avatar

      Terima kasih ya Kak sudah mampir di blog kami 🙂

Leave a Comment