11+ Cara Agar Website Masuk di Halaman Pertama Google

Ada cara efektif agar website atau blog kalian berada di peringkat teratas Google. Okay, tak usah pakai lama, langsung simak penjelasan selengkapnya saja yuk mengenai 11+ Cara Agar Website Masuk di Halaman Pertama Google

11+ Cara Website di Halaman Pertama Google

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian aplikasikan:

1. Perhatikan Nama Domain

Sebelum membangun website, hal  pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan nama domain. Hal ini bisa memberi pengaruh yang cukup signifikan loh pada peringkat website di mesin pencarian Google. Silakan pilih nama domain yang unik dan pastikan pengguna juga mudah mengingatnya.

2. Optimasi Konten Website

FYI, salah satu cara masuk halaman pertama Google yang cukup efektif adalah optimasi konten. Cara optimasi konten pada website adalah dengan fokus pada SEO on page dengan bantuan plugin SEO website.

Dasar SEO on page sendiri mencakup judul halaman relevan, struktur subjudul, meta deskripsi, keyword, permalink/url, dan sebagainya. Pengaturan SEO ini bisa membantu website tampil di peringkat atas Google.

3. Relevansi Konten Website 

Website yang dibangun harus relevan dengan konten yang akan dibuat, ya. Artinya, konten harus sesuai dengan tujuan membangun website. 

4. Melakukan Riset Keyword

Dengan riset keyword, kalian akan mendapatkan keyword yang sering digunakan dan dicari oleh pengguna internet. Nah, setelah mendapat keyword yang banyak dicari oleh orang, selanjutnya tempatkan keyword secara natural dalam konten website. Selain itu, penggunaan jumlah keyword juga tidak berlebihan karena bisa merusak kualitas konten.

5. Rutin Update Konten

Cara selanjutnya adalah rutin update konten. Peluang website muncul di halaman pertama mesin pencarian Google terbuka lebar dengan kalian juga selalu memproduksi konten.

Secara logika, saat membuat konten setiap hari maka akan semakin banyak halaman website terindeks Google. Dengan begitu, peluang website berada di peringkat atas Google juga semakin besar.

6. Membuat Tautan Internal 

Menyematkan tautan internal merupakan salah satu cara dalam strategi SEO on page. Kalian bisa menautkan internal link pada konten dengan link yang relevan dengan topik atau tema konten yang dibahas.

Dengan menautkan internal link, hal ini juga sebagai petunjuk kepada Google bahwa konten website kalian benar-benar ada. Internal link juga bisa membantu website tampil di urutan teratas mesin pencarian Google.

7. Memasang SSL Certificate

Memasang SSL certificate merupakan salah satu cara agar blog tampil di halaman pertama Google. Google merekomendasikan website dengan SSL certificate dan menempatkan di halaman pertama pencarian.

SSL certificate berfungsi sebagai sistem keamanan website saat terjadi pertukaran data. Jika tidak terpasang SSL certificate maka mesin pencarian akan memberi peringatan agar berhati-hati mengakses website tersebut.

8. Membuat Sitemap Website

Sitemap merupakan file berisikan daftar semua halaman pada website. Dengan adanya sitemap, hal ini memungkinkan terjadinya proses crawling lebih cepat sehingga website lebih mudah terindeks oleh Google.

Biasanya sih, sitemap ini terdiri dari beberapa jenis, seperti sitemap XML untuk peta situs, sitemap image untuk gambar berkaitan dengan SEO, dan sitemap video untuk mengetahui konten video di dalam website.

9. Penempatan Inbound Link

Penempatan inbound link merupakan salah satu cara website di halaman pertama Google. Inbound link sendiri adalah tautan pada website lain yang mengarah ke website kalian atau disebut juga sebagai backlink.

Saat ingin mendapatkan inbound link, pastikan pilih link yang berkualitas dan relevan dengan konten website kalian, ya. Selanjutnya, perhatikan traffic sumber unbound link dan page authority atau domain.

10. Memperbaiki Broken Link

Broken link bisa mempengaruhi pengalaman pengguna website dan peringkat website di mesin pencarian Google. Google akan menurunkan ranking website yang terdeteksi punya link rusak atau halaman 404 not found.

Oleh karena itu, perbaiki link rusak pada website agar tidak menjadi masalah. Apabila kontennya sudah tidak tersedia maka sebaiknya hapus saja broken link tersebut agar tidak muncul lagi di halaman pencarian.

11. Membuat Konten Berkualitas

Cara agar sebuah website bisa di halaman pertama Google selanjutnya adalah membuat konten berkualitas. Silakan buat konten dengan topik yang relevan dengan target audiens dan buatlah konten evergreen.

Oia, perhatikan jumlah kata dalam kontennya. Biasanya sih, konten yang terindeks ada di halaman pertama Google memiliki jumlah di atas 1000 kata dengan struktur SEO yang tepat.

12. Kualitas Tampilan Website

Tampilan website menjadi faktor penting dalam penilaian Google di mesin pencarian. Buatlah tampilan website yang menarik dan sesuai dengan pengalaman pengguna, sebagaimana aturan algoritma terbaru Google.

Selain itu, buatlah tampilan website yang mobile friendly. Sebab, saat ini banyak orang lebih sering mengakses internet dari handphone, kan. Pastikan tampilan website memang nyaman di mata dan tombol navigasi juga jelas.

13. Manfaatkan Fitur dari Google

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur dari Google. Biasanya, pada mesin pencarian Google tersedia fitur untuk memaksimalkan performa website atau blog. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah Google Analytics yang berguna untuk menganalisis performa konten. Selain itu, ada fitur Google Search Console yang berguna memudahkan pencarian konten website.

14. Memiliki Website Sendiri

Dengan memiliki website sendiri, baik website personal atau website bisnis, kalian bisa mengoptimalkan cara agar website bisa tampil di halaman pertama Google. 

Miliki website dan langsung online sekarang juga!

Jetorbit tidak hanya membangun website atau aplikasi namun juga mengembangkan bagian bisnis kalian.

Salah satu alasan kalian harus membuat website di Jetweb adalah kami memberikan solusi pada apa yang kalian inginkan melalui website dan aplikasi dengan desain, ide, serta kemungkinan yang tak terbatas lainnya. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google

Eitss, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi peringkat website, antara lain:

1. Membangun Backlink

Backlink punya peran penting pada sebuah website yaitu untuk membantu muncul di peringkat atas pencarian. Oia, tidak semua backlink mampu mengantarkan website di peringkat atas.

Oleh karena itu, pakai yang berkualitas dan memenuhi dua unsur berkaitan, yakni relevansi dan kepopuleran. Semakin relevan backlink maka semakin menambah nilai peringkat website yang dikelola.

2. Kecepatan Akses Website

Tahukah kalian bahwa kecepatan akses website menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencarian Google? Semakin cepat aksesnya, semakin banyak orang mengunjungi suatu website.

Makanya, pastikan periksa kecepatan website dengan tools. Jika kecepatan akses website cenderung lambat maka silakan mencari referensi terkait cara meningkatkan kecepatan website agar optimal.

3. Keamanan Website

Faktor peringkat website juga bisa dipengaruhi oleh jenis URL yang digunakan, loh. Secara khusus, URL bisa dengan mudah di crawl dan dijangkau mesin pencarian Google jika berisi konten yang relevan.

Selain itu, URL dengan https punya tingkat keamanan yang bagus sebagaimana disebutkan John Mueller dari Google. Meski https bukan faktor yang memutuskan akan terindeks atau tidak namun ini berpengaruh.

4. Tampilan Mobile Friendly

Faktor selanjutnya adalah tampilan website mobile friendly. Sebab, lebih banyak orang mengakses website dari handphone dibandingkan PC atau laptop.

Faktor ini juga menjadi salah satu cara website di halaman pertama Google yang bisa dimaksimalkan. Jadi, meski diakses dari handphone namun akses harus tetap cepat dan nyaman saat pengguna membuka website, ya.

5. Pengalaman Pengguna Website

Pengalaman pengguna juga termasuk dalam faktor yang bisa mempengaruhi ranking website, loh. Website berkualitas tentu bisa memberi pengalaman berkesan bagi pengguna dan tentunya betah berlama-lama di suatu website.

Oleh karena itu, pastikan membangun website responsive untuk membuat pengguna merasa nyaman. Jangan terlalu banyak iklan popup yang mengganggu pengguna serta perhatikan kecepatan website.

Jadi, Kalian Sudah Mencoba Cara yang Mana, nih?

Okay, itulah beberapa cara agar website kalian bisa berada di halaman pertama Google dan menaikan ranking di Google.

Oia, penting juga ya untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment