Cara Menulis Sumber dari Buku

Sharing is caring!

Anda pernah menulis suatu karya ilmiah? Satu hal penting yang tidak boleh disepelekan, yakni penulisan sumber. Hal tersebut dikarenakan dituntut untuk menyajikan informasi dengan disertai sumber yang benar dalam penulisan suatu karya ilmiah. Kali ini kami akan menyajikan artikel terkait hal tersebut, yakni Cara Menulis Sumber dari Buku

Daftar pustaka yaitu daftar yang berisi tentang semua buku atau tulisan yang dijadikan acuan atau landasan dalam penelitian.

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka dari sumber buku. Berikut ini tata cara penulisan daftar pustaka dari buku:

  1. Nama

Nama penulis ditulis paling awal. Ingatlah untuk selalu menuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan tanda koma (,). Selanjutnya cantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut.

Jika buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih maka hanya penulis pertama yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya.

Jika pada buku yang Anda jadikan sumber nama penulisnya dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lain maka gelar-gelar tersebut tidak perlu dituliskan.

Jika dalam buku yang diacu tercantum nama editor maka penulisannya dilakukan dengan menambahkan singkatan (Ed.).

Contoh:
• Mahaso, Ode (Ed.). 1997.

Jika pengarang terdiri dari dua atau tiga orang, nama pengarang dituliskan semuanya dengan ketentuan nama orang pertama dibalik sedangkan nama orang kedua dan ketiga tetap. Sedangkan di antara kedua nama pengarang itu digunakan kata penghubung “dan”.

Contoh:
• Sumardjan, Selo dan Marta Susilo.
• Kusmadi, Ismail. Dini A., dan Eva R.

Jika lebih dari tiga orang, ditulis nama pengarang pertama yang dibalik lalu ditambahkan singkatan dkk atau et all.

Contoh:
• Kartika, Salma dkk.
• Susan, Alberta et. all.

Jika beberapa buku ditulis oleh seorang pengarang, nama pengarang cukup ditulis sekali pada buku yang disebut pertama. Selanjutnya cukup dibuat garis sepanjang 10 ketukan spasi dan diakhiri dengan tanda titik. Setelah nama pengarang, cantumkan tahun terbit dengan diakhiri tanda titik. Jika tahunnya berbeda, penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan urutan berdasarkan paling lama ke yang paling baru.

Contoh:
• Keraf, Gorys. 1979.
• _________ . 1982.
• _________ . 1984.

Jika diterbitkan pada tahun yang sama, penempatan urutannya berdasarkan pola abjad judul buku. Kriteria pembedaannya adalah setelah tahun terbit dibubuhkan huruf, misalnya a, b, c tanpa jarak.

Contoh:
• Bakri, Oemar. 1987a.
• __________ . 1987b.

  1. Tahun Terbit

Setelah nama lalu cantumkan tahun terbit dari buku yang digunakan sebagai referensi. Perlu diperhatikan bahwa buku tersebut bisa saja cetakan kedua, ketiga atau terakhir. Oleh karena itu, jangan terkecoh dengan cetakan awal.

  1. Judul Buku

Tulis judul buku secara lengkap dan jangan lupa penulisan judul dengan italic (miring).

  1. Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota lalu diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanda batas dari tiap urutan. Jangan lupa menggunakan tanda titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku hingga kota dan nama penerbit.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku
Data Buku:
Judul: Laskar Pelangi
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Kota Penerbit: Yogyakarta
Tahun Terbit: 2005

Cara Penulisan:
Hirata, Andrea. 2005. Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Demikianlah cara penulisan daftar yang bersumber dari buku. Semoga bermanfaat serta dapat membantu para penulis dan calon penulis dalam proses menulis buku.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menulis Sumber dari Buku
Artikel
Cara Menulis Sumber dari Buku
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda pernah menulis suatu karya ilmiah? Kali ini kami akan menyajikan artikel terkait hal tersebut, yakni Cara Menulis Sumber dari Buku
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment