Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Sharing is caring!

Apakah Anda pernah merasa kebingungan apa perbedaan cara penulisan daftar pustaka dari jurnal dengan cara penulisan daftar pustaka dari buku? Jika iya, maka artikel berikut bisa menjadi referensi bagi Anda karena kami akan sedikit mengulas terkait Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal. Baca yuk Gaes sampai selesai..

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi rujukan dalam melakukan suatu penelitian.

Pengertian Jurnal

Jurnal merupakan tulisan khusus membuat sebuah artikel suatu bidang ilmu tertentu. Jurnal biasanya dikeluarkan oleh seseorang yang berkompeten di suatu bidang ilmu tertentu dan bisa diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga.

Ada dua jenis utama jurnal, yaitu jurnal cetak dan jurnal online.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Ada 2 cara atau 2 style yang akan kami sampaikan terkait cara menulis daftar pustaka dari jurnal, yaitu APA style dan MLA style

  1. APA Style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association. Gaya penulisan ini biasanya digunakan dalam bidang filsafat, linguistik, antropologi, artificial intelligence, ekonomi, geografi, hukum, dan lain-lain.

Cara Mengutip Jurnal dalam Cetak di APA

Struktur:

Last, F. M., & Last, F. M. (Tahun Terbit). Judul artikel. Nama Jurnal, Volume(Edisi), pp. halaman.

Contoh:

Jacoby, W. G. (1994). Public attitudes toward government spending. American Journal of Political Science, 38 (2), 336-361.

Fearon, J. D., & Laitin, D. D. (2003). Ethnicity, Insurgency, and Civil War. American Political Science Review, 97(01), 75. doi: 10.1017/S0003055403000534

Cara Mengutip Jurnal Online di APA

Format:

Last, F. M. (Tahun Terbit). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(Edisi), pp. Page(s). doi:# atau diperoleh dari URL

Contoh:

Poiger, U. G. (1996). Rock ‘n’ roll, female sexuality, and the Cold War Battle over German Identities. The Journal of Modern History, 68(3), 577. doi:10.1086/245343

Cara Mengutip Jurnal tentang Database di APA

Style APA tidak membutuhkan informasi database dalam kutipannya. Anda akan mengutip sumber yang ditemukan dalam database, seperti artikel jurnal atau foto.

Format:

Last, F. M. (Tahun Terbit). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(Edisi), pp. Page(s). Diperoleh Dari URL

Contoh:

Jacoby, W. G. (1994). Public attitudes toward government spending. American Journal of Political Science, 38 (2), 336-361. Diperoleh dari http://www.jstor.org.

Davis, E. (1932). New chapters in American history. The Science News-Letter, 22(605), 306-307. doi: 10.2307/3907973

 

Pastikan untuk:

  • Memberikan informasi lanjutan untuk buku jika tersedia.

 

  1. MLA Style

MLA style atau Modern Languange Association dibuat dengan cara sangat sederhana dan cukup mudah bila dibandingkan gaya penulisan daftar pustaka lainnya.

Biasanya digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka di bidang seni, bahasa, sastra, agama, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, dan lain-lain.

Cara Mengutip Jurnal di Media Cetak dalam MLA

Sertakan nama penulis, judul artikel, nama jurnal, nomor seri / jenis jurnal (jika diberikan), nomor volume (jika diberikan), nomor penerbitan (jika diberikan), tahun publikasi, nomor halaman artikel, format

Struktur:

Last, First M., and First M. Last. “Judul artikel.” Judul Jurnal  Volume Seri. Masalah (Tahun Terbit): Halaman. Print.

Contoh:

Jacoby, William G. “Public Attitudes Toward Government Spending.” American Journal of Political Science 38.2 (1994): 336-61. Print.

Fearon, James D., and David D. Laitin. ” Ethnicity, Insurgency, and Civil War.” American Political Science Review 97.01 (2003): 75. Print.

Cara Mengutip Jurnal Online di MLA

Format:

Last, First M. “Judul Artikel.” Judul Jurnal Volume Seri. Masalah (Tahun Terbit): Halaman. Judul Situs Web. Web. Tanggal Bulan Tahun Diakses.

Contoh:

Poiger, Uta G. ” Rock ‘n’ Roll, Female Sexuality, and the Cold War Battle over German Identities.” The Journal of Modern History 68.3 (1996): 577. JSTOR. Web. 2 Januari 2013.

Cara Mengutip Jurnal tentang Database di MLA

Format:

Last, First M. “Judul Artikel.” Judul Jurnal Volume Seri. Masalah (Tahun Terbit): Halaman. Nama Database. Web. Tanggal Bulan Tahun Diakses.

Contoh:

Jacoby, William G. ” Public Attitudes Toward Government Spending.” American Journal of Political Science 38.2 (1994): 336-61. JSTOR. Web. 23 April 2010.

Poiger, Uta G. ” Rock ‘n’ Roll, Female Sexuality, and the Cold War Battle over German Identities.” The Journal of Modern History 3rd ser. 68 (1996): 577-616. JSTOR. Web. 4 Januari 2013.

 

Pastikan untuk:

  • Memberikan informasi lanjutan untuk buku jika tersedia.
  • Hanya sertakan URL jika sumbernya tidak dapat ditemukan dengan mudah.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal
Artikel
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Artikel berikut bisa menjadi referensi bagi Anda karena kami akan sedikit mengulas terkait Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal. Baca yuk di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal”

Leave a Comment