cegah-wannacry

Cara terbaik untuk mencegah serangan seperti WannaCry adalah keamanan IT dasar dan konfigurasi keamanan, seperti menambal semua sistem. EternalBlue terhubung ke port SMB yang terbuka, yang seharusnya tidak pernah terbuka ke Internet. Yuk baca selengkapnya di Cara Mencegah Serangan Cyber WannaCry

Ini menunjukkan betapa lemahnya daya tahan dunia maya di seluruh dunia, kesalahan konfigurasi yang dapat dicegah, dan kerentanan yang diketahui dapat menghancurkan kekacauan global dan menyebabkan ratusan juta hingga miliaran dolar hilangnya produktivitas. Apa yang terjadi bukanlah kelemahan dalam software, kode, atau firewall (meskipun itu membantu) tetapi proses dan prioritas.

Dua aksioma dasar keamanan adalah menjaga sistem Anda ditambal dan menggunakan software yang tidak ada habisnya. Jika dua ide ini diikuti di seluruh dunia, kemungkinan WannaCry akan memiliki dampak yang jauh lebih kecil.

Yang benar-benar mengkhawatirkan adalah seberapa rentan kita terhadap ancaman cyber dan alat peretasan yang benar-benar canggih.

Hal lain yang harus kita pertimbangkan adalah keamanan informasi dan manajemen risiko informasi. Seharusnya tidak pernah ada situasi di mana data penting, data sensitif atau informasi pengenal pribadi (PII) tidak disimpan di tempat lain.

Berikut cara mencegah serangan seperti WannaCry dan meminimalkan dampaknya jika memang terjadi:

  • Tidak ada satu titik kegagalan: Entah itu ransomware, kegagalan perangkat keras, kesalahan basis data, atau yang lainnya. Jika data Anda penting maka harus didukung, setidaknya satu lokasi aman lainnya.
  • Proses penyediaan otomatis: Jika aset diturunkan oleh ransomware atau apapun, Anda harus dapat mengembalikannya ke kondisi kerja sesegera mungkin.
  • Tambal (patch) semuanya: Tetap perbarui sistem Anda untuk menghindari eksploitasi yang diketahui.

Inilah mengapa cybersecurity penting, tidak cukup untuk menginstal antivirus dan berharap yang terbaik. Anda memerlukan pemantauan keamanan siber real-time dari Anda dan vendor pihak ketiga Anda untuk mengurangi risiko pihak ketiga dan risiko pihak keempat.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment