Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik

Judul artikel merupakan bagian penting yang pertama pembaca cari di mesin pencari. Setuju? Tentu butuh judul yang menarik sebab artikel yang bagus saja tidak cukup. Lalu, bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik? Okay, langsung simak yuk 8+ Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik

Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik Pembaca

Berikut ini rangkuman langkah membuat judul dan contohnya yang menarik:

1. Sesuaikan dengan Isi Artikel

Hal pertama yang diperhatikan saat membuat judul artikel yang bagus adalah menyesuaikan dengan isi artikel. Sia-sia kan jika judul artikel bagus tapi tidak relevan dengan isinya. Kan tujuan kalian membuat artikel agar apa yang ingin disampaikan melalui artikel tersebut bisa diterima oleh calon pembaca.

2. Gunakan Kata-Kata Emosional

Seringnya menggunakan kata-kata emosional bisa menjadi cara untuk memikat calon pembaca.

Makanya, silakan kalian pertimbangkan deh untuk menggunakan kata-kata, seperti istimewa, eksklusif, langka, terobosan, mudah, sukses, terbukti, terbaru, ampuh, dan sebagainya. 

3. Berikan Informasi yang Akurat

Sering menemukan judul clickbait di internet. Sebal gak sih? Membuka artikel tersebut dan ternyata isi artikel tidak sesuai dengan judul. Hal tersebut tentu membuat pembaca malas untuk melanjutkan membaca sampai kelar.

4. Poles dengan Kata Sifat dan Angka

Bisakah membuat artikel yang menarik dengan membuat judul yang memuat informasi yang tepat? Tentu!

Jadi, gunakan kata sifat yang mewakili artikel untuk membuat judul yang sesuai. Seperti, terbaik, paling populer, tepercaya, dan kata sifat lain yang seharusnya menarik perhatian orang sekaligus tetap mewakili objeknya. 

Oia, jika memungkinkan, tambahkan nomor pada judul, ya. Orang tuh lebih tertarik ke artikel dengan template daftar karena mereka tahu berapa banyak poin tinggi yang diperoleh artikel tersebut.

5. Buat Judul yang Singkat dan Tidak Bertele-tele

Poin selanjutnya adalah memperhatikan panjang pendeknya judul. Kalian tentu ingin artikel kalian mendapat peringkat atas dalam halaman pencarian, kan? Maka fokuslah untuk membuat judul artikel di bawah 70 karakter agar tidak terpotong di hasil mesin pencari.

6. Buat Judul untuk Pembaca, Bukan Mesin Pencari

Kalian harus benar-benar berusaha mengoptimalkan judul sesuai dengan fokus keyword yang ditemukan melalui penelitian keyword. Namun, jika  hanya mengikuti keyword fokus, artikel  akan menjadi terlalu kaku bahkan aneh.

Sekali lagi ingat ya bahwa menulis judul itu untuk manusia, bukan mesin. Lebih baik letakkan keyword fokus di depan judul. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk meletakkan kata di depan.

7. Bangkitkan Perasaan Pembaca Melalui Judul 

Daya tarik judul salah satunya adalah dapat menggugah emosi pembaca. Buatlah agar pembaca tertarik dengan judul yang membangkitkan rasa ingin tahu, penasaran, terkejut, percaya, dan lain-lain.

Berikut ini contoh judul  yang mempengaruhi emosi pembaca:

  • 10 Cara Melakukan Riset keyword yang Akurat untuk Youtube
  • 25+ Perintah Dasar Linux yang Perlu Kalian Ketahui

8. Letakkan keyword di Awal Untuk Membuat Judul Artikel yang Menarik

Salah satu hal terpenting untuk memastikan artikel berkinerja baik dalam pencarian organik adalah memprioritaskan beberapa karakter pertama dari judul atau tag judul. Halaman hasil mesin pencari biasanya akan menampilkan 50-60 karakter pertama.

Untuk memaksimalkan ruang karakter yang terbatas, tempatkan keyword di awal judul artikel. Hal ini tidak hanya memberi sinyal kepada audiens tentang isi yang dibahas dalam artikel namun dapat membantu meningkatkan peringkat SERP kalian.

Contohnya:

keyword: Tutorial membuat grup di WA dan FB

Judul: Tutorial Membuat Grup di  WhatsApp dan Facebook

9. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Caranya dengan mengajukan pertanyaan. Pembaca mulai membayangkan situasi dengan pertanyaan yang  kalian ajukan dengan judul.

Contoh judul yang melibatkan pembaca:

  • Mengalami Kesulitan Membuat Website? Ikuti 5 Langkah Mudah Ini!
  • Website  kamu Error 502 Bad Gateway? Yuk Ikuti Cara Mengatasinya!

Apakah judul tersebut sesuai dengan pengalaman kalian? Judul akan menarik minat pembaca karena sesuai dengan pengalaman.

10. Beri Tahu Audiens Apa yang Harus Dilakukan!

Untuk membuat judul artikel yang menarik, bisa juga memasukkan unsur-unsur kalimat perintah di dalamnya. Beri tahu audiens kalian terkait apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan nilai yang ditawarkan. Bersikaplah langsung dan tuntut tindakan.

Melalui judul tersebut, kalian membuat mereka bertanya “mengapa saya harus melakukannya?” dan pada gilirannya akan membuat mereka mengklik website kalian. 

11. Pastikan Judul Tetap Akurat

Akurasi sangat penting saat membuat judul artikel yang menarik. Sebab, hal ini akan memunculkan harapan atau ekspektasi bagi pembaca saat mengklik judul artikel kalian.

Sebagai contoh, judul ‘Cara Menurunkan Berat Badan dalam 30 Hari’, maka jelaskan terkait langkah-langkahnya, bukan membahas hal lain yang tidak ada kaitannya dengan judul tersebut.

Simpulan 

Jadi, bisa disimpulkan bahawa perlu menarik perhatian calon pembaca sebelum mereka membaca artikel dengan headline. Judul harus singkat, jelas, serta dapat memberi informasi yang akurat dan relevan dengan isi artikel.

Anyway, membuat judul yang menarik itu salah satu langkah optimasi SEO, loh. Tujuannya ya agar website kalian mendapat banyak klik dari user dan menempati peringkat atas mesin pencari.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment