memindahkan-bisnis-konvensional

Bagaimana Cara Memindahkan Bisnis Konvensional ke Bisnis Online

Sharing is caring!

Saat ini, kalian harus sudah memahami konsekuensi dari pandemi COVID-19. Semakin kesini semakin menunjukkan peningkatan signifikan terkait penutupan bisnis tradisional. Dikarenakan konsumen tidak dapat keluar dan mengunjungi toko favorit mereka, keberadaan toko online menjadi lebih penting dari sebelumnya. Baiklah, baca yuk Bagaimana Cara Memindahkan Bisnis Konvensional ke Bisnis Online

Pandemi ini mau tidak mau memindahkan bisnis kalian ke bisnis online agar dapat membantu menghasilkan pendapatan yang sangat dibutuhkan demi menjaga agar operasi bisnis kalian tetap berjalan.

Cara Memindahkan Bisnis Konvensional ke Bisnis Online

Kami telah menyusun langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk menjadikan bisnis kalian menjadi bisnis online.

1. Beli nama domain

Pemilihan domain adalah langkah pertama dalam menggerakkan bisnis kalian secara online. Idealnya, kalian ingin nama domain sama dengan nama bisnis kalian kan? Untuk membeli domain, cari nama bisnis kalian melalui platform pembelian domain. 

2. Buat website

Setelah kalian mendaftarkan nama domain, kalian siap untuk mulai membuat website. Langkah penting dalam menyiapkan situs adalah memilih platform tempat kalian akan menghosting kontennya. Pikirkan ekspektasi kalian untuk berjualan online sebelum memutuskan platform atau software mana yang terbaik untuk kalian.

Namun jika kalian berencana untuk menjual produk melalui website kalian, kalian harus mendaftar ke platform ecommerce. Saat kalian mengetahui apa yang ingin kalian capai dengan website, kalian dapat memilih jenis platform yang akan membawa kalian lebih dekat ke tujuan kalian.

3. Mengerjakan desain situs

Saat kalian menjadikan bisnis kalian menjadi bisnis online, platform website kalian kemungkinan akan memberi kalian berbagai tema (atau template) untuk dipilih. Pilih tema sederhana yang dirancang secara profesional kemudian tambahkan penyesuaian dari waktu ke waktu jika kalian mau. Kalian tentu ingin memastikan bahwa desain tidak hanya mencerminkan kepribadian brand kalian tetapi juga mudah dinavigasi oleh pelanggan.

Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan dengan tema yang telah dibuat sebelumnya untuk memastikan website kalian membawa citra brand kalian. Sebagian besar template memungkinkan kalian membuat perubahan ini:

  • Ganti default logo dengan logo kalian sendiri
  • Ubah background, font, dan menu navigasi
  • Sisipkan atau hapus konten dari berbagai halaman situs
  • Tambahkan tautan media sosial di header dan footer
  • Tampilkan formulir pendaftaran email atau tautan
  • Pamerkan video produk dan gambar 

4. Putuskan apa yang akan dijual

Hal lain yang perlu kalian lakukan saat memindahkan bisnis kalian ke bisnis online adalah memutuskan apa yang akan dijual dari penawaran yang ada.

Saat memilih produk untuk dijual, mulailah dengan menambahkan barang terlaris dan ringan ke website ecommerce kalian. Selain itu, pertimbangkan barang apa yang paling ditanyakan atau diminta oleh pembeli. Dengan cara ini, kalian mungkin bisa menemukan produk baru yang akan meningkatkan penjualan toko kalian.

Jika kalian tidak memiliki sarana untuk menyimpan inventaris baru, kalian dapat menggunakan dropshipping tool. Dropshipping memberi kalian kebebasan untuk menjual produk sebanyak yang kalian suka tanpa harus menyimpan inventaris di rumah. Sebagian besar platform ecommerce saat ini menawarkan aplikasi dropshipping yang menawarkan berbagai pilihan produk.

5. Dapatkan legal bisnis kalian 

Menjadikan bisnis kalian menjadi bisnis online bukan berarti kalian dibebaskan dari prosedur hukum standar. Faktanya, kalian mungkin harus memenuhi beberapa persyaratan lagi, bergantung pada bagaimana kalian berencana menjalankan operasi kalian, seperti izin bisnis (business license), kewajiban pajak, privasi data, dan sebagainya.

6. Tambahkan konten ke website kalian

Konten sangatlah penting untuk menggerakkan bisnis kalian ke bisnis online. Dikarenakan orang tidak akan dapat mengunjungi kalian secara langsung, satu-satunya cara untuk membantu mereka agar mendapatkan gambaran tentang bisnis kalian adalah dengan menulis konten yang bagus. Tambahkan konten di halaman utama website sehingga orang-orang dapat mempelajari story kalian serta membiasakan diri dengan produk atau layanan kalian.

Meskipun kalian dapat membuat dan menambahkan konten pada jumlah halaman yang tidak terbatas, fokuslah pada:

  • Halaman Home 
  • Halaman About Us 
  • Halaman Product/service 
  • Halaman Returns & Refunds 
  • Halaman Contact Us 

7. Siapkan metode pembayaran 

Untuk memulai penjualan online kalian, kalian harus dapat menerima pembayaran dari pelanggan kalian.

Meskipun memperoleh pendapatan dengan satu metode pembayaran online sederhana memang dapat dilakukan, banyak pelanggan yang menjadi terbiasa melihat berbagai cara pembayaran di website favorit mereka. Hal ini berarti kalian perlu menawarkan beberapa opsi pembayaran di situs kalian. 

8. Umumkan perpindahan kalian

Salah satu bagian yang paling menantang adalah kalian bisa lebih menonjol dari sekian banyak pesaing yang memiliki penawaran serupa. Jadi, setelah kalian pindah ke bisnis online, lakukan segala kemungkinan untuk menyebarkan berita tentang bisnis kalian. 

Berikut ini beberapa saluran yang dapat kalian manfaatkan:

  • Email: Jangan mengirim spam ke semua orang. Kirim email sederhana ke pelanggan yang sudah ada serta yang sudah ada di daftar email kalian. Jaga agar tetap informatif karena menyertakan promosi dapat mencegah email masuk ke inbox utama mereka.
  • Media sosial: Buat posting pengumuman di Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, dan platform lain yang memiliki profil sosial bisnis kalian. Sertakan tautan kembali ke website kalian untuk mendapatkan perhatian pada identitas baru kalian. Selain itu, sesuaikan konten untuk setiap platform sehingga kalian dapat menjangkau audiens yang jauh dan luas.
  • Mesin telusur: Meskipun perlu waktu untuk muncul di mesin telusur. Kalian harus mulai mengerjakan SEO segera setelah bisnis kalian online. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan meneliti keyword apa yang digunakan orang-orang saat menelusuri bisnis serupa. Sisipkan keyword ini di seluruh salinan situs kalian serta di bagian “Alt” pada gambar.
  • Influencer: Kapan terakhir kali pelanggan datang ke bisnis kalian karena rujukan orang lain? Saat memulai, pertimbangkan untuk bermitra dengan influencer untuk menyebarkan berita tentang bisnis kalian.

Nah, itu Guys langkah nyata yang dapat kalian lakukan untuk memindahkan bisnis kalian ke bisnis online. Pandemi bukan halangan untuk tetap berkarya dan menghasilkan uang!

Good luck!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Cara Memindahkan Bisnis Konvensional ke Bisnis Online
Artikel
Bagaimana Cara Memindahkan Bisnis Konvensional ke Bisnis Online
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Saat ini, kalian harus memahami konsekuensi dari pandemi COVID-19. Baca yuk Bagaimana Cara Memindahkan Bisnis Konvensional ke Bisnis Online
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo