Bagaimana Cara Google Memperlakukan E-A-T?

Bagaimana Cara Google Memperlakukan E-A-T?

Sharing is caring!

Google membuat kontrak dengan banyak penilai kualitas pencarian (search quality raters) di seluruh dunia untuk memeriksa kualitas hasil pencarian. Google memberikan penilai pencarian nyata (raters real searches) untuk dieksekusi, yang mana dihasilkan dari pencarian aktual di Google. Lalu apa hubungannya dengan E-A-T? Yuk baca selengkapnya Bagaimana Cara Google Memperlakukan E-A-T?

Setelah membuat kontrak lalu melakukan eksekusi seperti yang telah disampaikan di paragraf sebelumnya, mereka melakukan pemeringkatan berdasarkan kualitas halaman yang muncul di hasil teratas sehingga mendapatkan nama “penilai kualitas” (quality rater).

Telah dinyatakan bahwa penilai kualitas tidak memiliki relevansi dengan peringkat situs yang dinilai oleh mereka. Skor situs peringkat penilai kualitas tidak akan tercermin dalam hasil pencarian Google langsung yang sebenarnya.

Data yang diperoleh oleh penilai kualitas digunakan dalam mengembangkan dan membuat algoritma penelusuran Google agar lebih baik. Mereka ada karena memang untuk memastikan bahwa perubahan kode yang dibuat oleh para insinyur di mesin pencari dan tim teknik algoritma bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Penilai kualitas penelusuran menggunakan serangkaian pedoman yang disebut “pedoman penilai kualitas” (quality rater guidelines), yang memandu mereka tentang cara menilai kualitas situs dan menjelaskan persyaratan lengkap serta tugas penilai kualitas.

Panduan penilai kualitas Google terdiri dari diskusi yang berkaitan dengan Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (E-A-T). Pedoman penilai kualitas dapat membantu pembuat konten mendapatkan gambaran tentang apa yang ingin dilihat Google di situs dalam hal kualitas.

Pedoman penilai kualitas menguraikan tingkat keahlian yang dibutuhkan pada topik E-A-T yang berbeda. Meskipun sebagian besar membutuhkan keahlian formal, beberapa topik seperti gosip, humor, membutuhkan keahlian yang tidak terlalu formal. E-A-T sangat penting untuk situs web Your Money or Your Life (YMYL).

Sangat penting untuk memiliki E-A-T yang tinggi jika situs Anda adalah situs yang berkaitan dengan keuangan, hukum, berita, medis, atau ilmiah. Dinyatakan dalam pedoman penilai kualitas bahwa situs Anda dapat dikategorikan sebagai YMYL jika ia menawarkan saran kepada pengguna yang dapat membantu mereka dalam membuat keputusan penting, seperti nasihat pajak, renovasi rumah, masalah pengasuhan anak, hobi, dan lain-lain.

Untuk website yang menjual produk juga bisa dikategorikan sebagai YMYL karena tingkat kepercayaan yang dibutuhkan agar transaksi kartu kredit bisa dilakukan oleh pengguna.

Hal ini disorot dalam pedoman penilai kualitas bahwa situs YMYL yang tidak memiliki E-A-T, harus diperlakukan sebagai situs berkualitas rendah. Hal ini juga menunjukkan bahwa jika pembuat konten tidak memiliki keahlian tentang topik yang dikeluarkan maka halaman tersebut harus dinilai berkualitas rendah.

Jika Anda mencari konten terkait nasihat medis, apakah Anda lebih suka membaca konten yang dikeluarkan oleh seorang insinyur atau praktisi medis berpengalaman? Tentu saja Anda ingin membaca konten yang dibuat oleh seseorang dengan keahlian, otoritas, dan kepercayaan di bidang tersebut.

Karakteristik Halaman Berkualitas Rendah yang Tinggi (High Low-Quality Pages)

Jumlah Main Content (MC) Berkualitas Tinggi yang Memuaskan

Agar konten utama dinilai berkualitas tinggi, konten utama harus ditulis secara unik dengan deskripsi halaman yang tepat, judul yang baik, dan tampilan keahlian yang tepat tentang topik tersebut.

Penerapan yang tepat dari keyword penting juga karena akan membantu peringkat halaman dan mendapatkan skor Google E-A-T yang lebih tinggi.

Reputasi Situs yang Positif

Reputasi yang sangat positif dapat diperoleh dengan review positif dari pengguna. Agar situs memiliki kualitas reputasi tertinggi, Google disarankan untuk memenangkan suatu penghargaan atau mendapat rekomendasi dari para ahli di bidangnya atau masyarakat profesional.

Reputasi situs dipertimbangkan ketika penilai kualitas ragu-ragu untuk menilai halaman dengan tinggi atau memberinya skor E-A-T yang rendah. Halaman dengan reputasi negatif tidak mungkin mendapatkan rating tinggi.

Tingkat Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (E-A-T) yang Tinggi

Ini diperlukan untuk membuat halaman agar diberi peringkat yang tinggi. Misalnya, halaman ‘about us’ di situs ruang tunggu (lounge website) diberi peringkat tinggi jika memberikan informasi yang diperlukan tentangnya, termasuk tanggal dibuka, apa yang dapat diharapkan oleh calon pelanggan darinya, alamat, acara, reservasi, detail kontak lainnya, dan lain-lain.

Informasi Situs yang Memuaskan

Informasi situs tidak boleh meninggalkan detail terkecil tentang motif dan fungsi situs tertentu. Untuk situs eCommerce, informasi layanan pelanggan yang tepat harus diterapkan di dalamnya.

Karakteristik Halaman Berkualitas Rendah

Kurang E-A-T (lacking E-A-T)

Jika pembuat konten tidak menunjukkan keahlian yang memadai dalam topik konten utama, laman tersebut akan diberi peringkat buruk dan pada akhirnya mendapatkan skor Google E-A-T yang buruk. Misalnya, nasehat hukum yang diberikan oleh seseorang yang tidak pernah menangani masalah hukum akan dinilai rendah.

Judul Halaman yang Menyesatkan (misleading page title)

Sebuah konten yang memiliki sangat sedikit atau tidak ada hubungan dengan judul dari konten utama akan dianggap tidak relevan dan menyesatkan sehingga memberikan skor E-A-T yang rendah. Konten utama Anda harus sesuai dengan judul.

Main Content (MC) Berkualitas Rendah

Konten disebut berkualitas rendah jika dikembangkan dengan kekurangan waktu (deficiency of time), usaha, keahlian, atau keterampilan. Konten juga dianggap berkualitas rendah jika tidak profesional, termasuk tata bahasa dan kesalahan tanda baca.

Reputasi Negatif

Penting untuk diperhatikan bahwa untuk situs YMYL, memiliki reputasi yang beragam cenderung memberi Anda score Google E-A-T yang rendah. Reputasi negatif harus dihindari dengan segala cara.

Iklan yang Mengganggu

Konten iklan yang muncul di halaman dapat dianggap mengganggu pengguna, seperti iklan porno, gambar manipulatif seksual, iklan perjudian, dan lain-lain. Hal tersebut pada akhirnya dapat memberikan peringkat rendah pada halaman.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Cara Google Memperlakukan E-A-T?
Artikel
Bagaimana Cara Google Memperlakukan E-A-T?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa hubungan antara E-A-T, Google, dan penilai kualitas pencarian (search quality raters)? Yuk baca Bagaimana Cara Google Memperlakukan E-A-T?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like