Apa yang Baru di WordPress 5.3

Sharing is caring!

WordPress 5.3 dirilis hanya beberapa jam yang lalu. Ini akan menjadi rilis WordPress utama terakhir tahun 2019.

Rilis ini dikemas dengan beberapa fitur baru dan banyak perbaikan termasuk tema default baru.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang baru di WordPress 5.3 dan fitur apa yang harus Anda coba setelah memperbarui situs web Anda.

WordPress 5.3 adalah rilis utama dan kecuali Anda menggunakan layanan hosting WordPress yang dikelola, Anda harus melakukan pembaruan secara manual.

Penting: Jangan lupa untuk membuat cadangan WordPress lengkap sebelum memulai pembaruan.

Upgrade User Interface dan Desain

WordPress 5.3 hadir dengan beberapa perubahan pada keseluruhan tampilan User Interface WordPress. Perubahan ini tidak terlalu terlihat tetapi mereka membawa koherensi pada keseluruhan tampilan area admin.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-1

User interface baru menambahkan batas di sekitar form fields untuk membuatnya lebih terlihat. Ini juga meningkatkan aksesibilitas area admin WordPress untuk menjadikannya pengalaman yang baik bagi semua pengguna.

Twenty Twenty The New Default WordPress Theme

WordPress secara tradisional merilis tema default Baru setiap tahun yang biasanya dinamai after the year. WordPress 5.3 Kini hadir dengan Twenty Twenty sebagai tema WordPress default Baru. Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-2

Twenty Twenty tema default baru di WordPress 5.3

Tema baru ini dirancang untuk memanfaatkan sepenuhnya WordPress block editor. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat tata letak konten yang indah untuk artikel dan halaman Anda.

Twenty Twenty menggunakan jenis huruf Inter (font) yang tampak hebat untuk tajuk berita utama. Ini juga terlihat bagus di layar yang lebih kecil dan memberikan pengalaman membaca yang lebih baik di seluruh perangkat.

Ini adalah tema WordPress satu kolom yang berarti tidak ada sidebar untuk posting blog Anda atau halaman. Itu memang memiliki widget ready area di bagian bawah.

Anda juga dapat menggunakan sampul atau fullwidth template dengan posting dan halaman Anda. Full-width template berfungsi sangat baik tidak hanya dengan editor blok tetapi juga dengan plugin pembuat laman lainnya.

Secara keseluruhan, ini adalah tema indah yang cocok untuk situs web bisnis maupun blog pribadi.

Fitur Baru di WordPress Block Editor

Pada tahun 2018, WordPress merilis interface editor baru yang diberi nama kode ‘Gutenberg’. Editor konten WordPress baru ini benar-benar mengubah interface penulisan di WordPress.

Rilis WordPress berikutnya terus ditingkatkan dan WordPress 5.3 akan datang dengan banyak peningkatan pada block editor.

Berikut adalah beberapa perubahan block editor di WordPress 5.3 yang menurut Anda berguna.

Blok Grup (The Group Block)

Blok grup memungkinkan Anda untuk mengelompokkan blok bersama. Blok praktis ini membantu Anda mengatur tata letak dengan membaginya menjadi beberapa grup.

Anda dapat mengatur lebar grup menjadi lebar atau full-width dan memilih warna latar belakang untuk wadah grup.

Anda dapat menambahkan blok baru ke grup kosong atau memilih beberapa blok dan menambahkannya ke grup. Ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan blok-blok ini bersama-sama. Misalnya, Anda dapat menempatkan blok yang berbeda ke dalam satu grup selanjutnya menyimpannya sebagai blok yang dapat digunakan kembali.

Blok Kolom (The Columns Block)

Kolom menyediakan cara lain untuk membuat tata letak yang menarik di editor WordPress. WordPress 5.3 hadir dengan beberapa perubahan besar pada blok kolom.

Pertama, Anda dapat mengatur tata letak untuk kolom dan menyesuaikan lebarnya.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-3

Kedua, Anda dapat mengatur satu kolom menjadi lebih luas dan kolom lainnya akan secara otomatis menyesuaikan.

Pengganti untuk menambahkan blok di dalam kolom sekarang terlihat jelas sehingga lebih mudah digunakan.

Anda juga dapat mengatur perataan vertikal untuk kolom. Ini berarti Anda tidak perlu lagi menambahkan spasi untuk penyelarasan konten yang tepat di setiap kolom.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-4

Blok Tombol yang Ditingkatkan (Improved Button Block)

WordPress 5.3 memudahkan untuk menambahkan tombol di posting atau halaman dengan blok tombol yang ditingkatkan yang memungkinkan Anda untuk memilih sendiri radius batas.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-5

Anda juga dapat membuka tautan tombol di jendela baru dan membuatnya tidak mengikuti jika diperlukan.

Blokir Pratinjau (Block Previews)

Editor blok (block editor) di WordPress 5.3 menunjukkan pratinjau blok. Namun, pratinjau hanya tersedia ketika Anda menggunakan ikon Add new block di atas.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-6

Warna Judul (Heading Colors)

WordPress 5.3, sekarang memungkinkan Anda memilih warna untuk sub-judul di dalam artikel Anda. Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-7

Susun Ulang Gambar Galeri Reorder Gallery Images

Blok galeri baru dan lebih baik di WordPress 5.3 memungkinkan Anda untuk menyusun ulang gambar di dalam galeri.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-8

Gaya Blok Gambar (Image Block Styles)

Blok gambar sekarang memungkinkan Anda memilih gaya untuk gambar Anda. Saat ini, ia dikirimkan dengan dua gaya: Default and Circle mask

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-9

Blok Tabel Peningkatan (Improved Table Block)

Table block di WordPress 5.3 memiliki beberapa peningkatan yang sangat dibutuhkan. Anda sekarang dapat memilih gaya dan menambahkan garis ke baris tabel. Anda juga dapat menambahkan baris header dan footer.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-10

Posting Terbaru yang Ditingkatkan (Improved Latest Posts)

Sebelumnya, blok posting terbaru hanya menambahkan daftar tautan ke posting terbaru. WordPress 5.3 memungkinkan untuk menambahkan posting terbaru dengan kutipan dan menampilkannya dalam tata letak kotak.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-11

Itu tidak menampilkan gambar unggulan untuk posting terbaru.

Editor Blok Sekarang Bahkan Lebih Cepat (The Block Editor is Now Even Faster)

Editor WordPress sangat bergantung pada PHP dan JavaScript. Sementara PHP hanya berjalan di server hosting WordPress Anda, JavaScript berjalan di browser pengguna Anda.

Tugas besar bagi tim inti WordPress adalah menjaga interface editor tetap halus dan responsive, tidak peduli berapa banyak blok dan konten yang Anda tambahkan.

Di WordPress 5.3, tim editor blok memangkas waktu pemuatan 1,5 detik saat menguji dengan 1000 blok dan 36.000 kata posting panjang.

Unggahan Gambar yang Ditingkatkan di WordPress 5.3

Sebelumnya ketika Anda mengunggah gambar besar dari ponsel atau kamera Anda, selalu ada kemungkinan server Anda akan kehabisan waktu sebelum unggahan selesai.

WordPress 5.3 telah mengatasi masalah ini. Sekarang akan secara otomatis menyimpan proses pembuatan gambar dan memungkinkan Anda untuk melanjutkan upload tanpa merusak apapun.

WordPress juga memperbaiki masalah rotasi gambar menggunakan metadata EXIF ​​yang merupakan sesuatu yang ditambahkan oleh kamera atau ponsel Anda ke gambar asli.

Anda sekarang dapat menggunakan ukuran gambar yang sangat besar di halaman dan posting WordPress.

Laporan Kesehatan Situs (Site Health) yang Disempurnakan di WordPress 5.3

WordPress memperkenalkan fitur skor kesehatan situs dengan WordPress 5.1. Ini membantu pemilik situs web meningkatkan kecepatan dan kinerja WordPress serta mengatasi masalah keamanan WordPress yang umum.

Itu menunjukkan skor kesehatan situs dalam persentase yang agak sewenang-wenang dan membingungkan bagi pemula. WordPress 5.3 telah menggantinya dengan pesan status seperti ‘Should be improved’ dan ‘Good’.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-12

Tampilkan Tombol Kata Sandi pada Layar Login

WordPress 5.3 menambahkan tombol tampilkan kata sandi pada layar login WordPress. Ini adalah alat yang sangat berguna dan memudahkan untuk mengetikkan kata sandi yang kompleks atau memastikan bahwa Anda telah memasukkan kata sandi dengan benar.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-13

Verifikasi Alamat Email Admin WordPress

Sebelumnya, WordPress memungkinkan Anda untuk mengubah alamat email admin dari halaman Settings » General.

Alamat ini sangat penting karena WordPress mengirimkan pengaturan ulang kata sandi dan email pemberitahuan lainnya ke alamat tersebut.

WordPress 5.3, sekarang mewajibkan untuk memverifikasi alamat email baru untuk memastikan bahwa Anda tidak ketinggalan email masa depan itu.

Apa-yang-Baru-di-WordPress-5.3-14

Catatan: Pastikan Anda menggunakan plugin WordPress SMTP sehingga email situs WordPress Anda benar-benar membuatnya ke inbox Anda.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami pun punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Sumber : wpbeginner

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 3

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa yang Baru di WordPress 5.3
Artikel
Apa yang Baru di WordPress 5.3
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
WordPress 5.3 akan menjadi rilis WordPress utama terakhir tahun 2019. Rilis ini dikemas dengan beberapa fitur baru dan banyak perbaikan.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment