Apa Itu Web Scraping, Teknik, dan Manfaatnya

Sharing is caring!

Web scraping adalah metode yang sangat berguna dalam bisnis online, baik itu untuk riset pasar, riset kompetitor, atau mencari leads. Sebenarnya apa sih web scraping itu? Okay, yuk baca Apa Itu Web Scraping, Teknik, dan Manfaatnya

Apa Itu Web Scraping?

Web scraping adalah proses ekstraksi data dari sebuah website. Contohnya adalah meng-copy daftar contact dari sebuah direktori web meski bisa saja melakukan ini secara manual dengan copy paste data ke excel.

Akan sangat merepotkan jika datanya banyak. Iya kan? Oleh karena itu, kalian membutuhkan automation yang bisa membantu proses web scraping lebih cepat dan mudah.

Web scraping dilakukan dengan menggunakan web scraper, bot, web spider, atau web crawler. Web scraper adalah program yang masuk ke halaman website, download kontennya, mengekstrak data dari konten, dan menyimpan data ke satu file atau database.

Teknik-Teknik Web Scraping

Ada beberapa teknik automasi yang bisa kalian lakukan untuk melakukan web scraping:

Menyalin Data secara Manual

Cara web scraping yang paling sederhana adalah menyalin data website secara manual. Teknik ini memakan waktu lama karena kalian harus mengambil dan menyimpan informasi yang diperlukan satu persatu.

Namun, ternyata metode ini paling efektif dari segi pencarian data lho. Tidak seperti tool atau bot, kalian sudah tahu letak informasi yang ingin disalin dari suatu website. Oleh karena itu, hasil web scraping dengan cara ini sangat akurat.

Teknik manual ini dianjurkan jika jumlah website atau blog yang ingin kalian saring memang terbatas.

Parsing HTML

Parsing HTML merupakan salah satu teknik yang terbanyak digunakan dalam web parsing. Biasanya parsing HTML dilakukan melalui JavaScript dan menarget halaman HTML linear dan nested. Metode yang cepat ini mengidentifikasi script HTML dari website, yang mungkin saja dilakukan secara manual sebelumnya. Script ini selanjutnya digunakan untuk mengekstraksi text, links, dan data.

Parsing DOM

DOM (document object model) adalah representasi struktur sebuah halaman website yang ditulis dengan HTML.

Ketika melakukan parsing HTML, DOM dari halaman yang ingin diekstrak datanya akan dimuat terlebih dahulu. Untungnya saja DOM juga membawa data yang terdapat pada file HTML.

Oleh karena itu, analisa DOM bisa dijadikan alternatif untuk melakukan web scraping terhadap halaman situs dinamis jika parsing HTML tidak membuahkan hasil.

XPath

XML Path Language atau lebih dikenal dengan istilah XPath adalah bahasa query yang bekerja di dokumen XML. XPath bisa digunakan untuk menavigasi struktur dokumen tersebut dengan memilih nodes berdasarkan berbagai parameter karena dokumen XML biasa disusun dengan tree structure.

XPath juga bisa digunakan bersamaan dengan DOM parsing dalam mengesktrasi seluruh halaman website dan menampilkannya di website lain.

Google Docs

Google Sheets ternyata juga bisa digunakan sebagai alat scraping lho, Guys. Justru ini adalah salah satu alat scraping yang populer. Di Google Sheets sendiri, kalian bisa memanfaatkan fungsi IMPORTXML untuk melakukan scraping data dari website. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan command ini untuk melihat apakah website kalian juga aman dari scraping.

Manfaat Web Scraping

Berikut ini keuntungan utama dari web scraping:

Mendapatkan Leads

Dalam berburu leads untuk bisnis baru, tidak ada salahnya dong kalau kalian mendekati follower akun media sosial kompetitor. Bahkan, kemungkinan besar mereka tertarik dengan produk atau layanan kalian.

Nah, web scraping dilakukan untuk memudahkan proses ini karena kalian bisa menyalin daftar follower masing-masing kompetitor dan mengopi alamat email mereka. 

Membandingkan Review dalam Jumlah Besar

Dengan pengetahuan mendalam terkait kebutuhan konsumen untuk memenangkan hati mereka maka kalian dapat meningkatkan layanan atau menciptakan produk yang solutif.

Untuk dapat melakukannya, kalian bisa membaca review konsumen tentang produk dan layanan kompetitor, bisa melalui blog review, forum, dan marketplace online.

Dengan adanya web scraping, usaha kalian untuk mendokumentasikan data tersebut akan lebih mudah dan cepat.

Optimasi Harga Produk atau Layanan

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga produk atau layanan, termasuk biaya produksi, SDM, brand positioning, dan harga yang ditawarkan kompetitor.

Nah, web scraping akan membantu kalian untuk mengumpulkan harga produk dan layanan bisnis pesaing. Oleh karena itu, kalian dapat memperhatikan tren harga yang ada di market.

Web scraping memang bisa membantu kalian untuk mempermudah proses pengumpulan data. Setuju kan? Oleh karena itu, silakan manfaatkan web scraping untuk mengumpulkan data-data yang bisa membantu pertumbuhan bisnis kalian!

Oia, tidak perlu sungkan lho untuk meninggalkan pertanyaan atau komentar di kolom komentar 🙂

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Web Scraping, Teknik, dan Manfaatnya
Artikel
Apa Itu Web Scraping, Teknik, dan Manfaatnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Web scraping adalah metode yang sangat berguna dalam bisnis online. Okay, yuk baca Apa Itu Web Scraping, Teknik, dan Manfaatnya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment