apa itu visual studio code

Code editor adalah hal wajib yang harus kalian install untuk membuat sebuah aplikasi. Nah, jika mencari code editor yang memiliki segudang fungsi dan mendukung banyak bahasa pemrograman maka visual studio code adalah jawabannya! Tak perlu nunggu lama, simak yuk Apa Itu Visual Studio Code, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Visual Studio Code?

Visual studio code adalah salah satu code editor yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa di bidang teknologi, yaitu Microsoft. Visual studio code ini mampu beroperasi pada perangkat desktop yang berbasis Mac Os, Windows, dan juga Linux.

Nah, visual studio code adalah code editor yang powerful karena mampu digunakan untuk mengedit source code berbagai bahasa, seperti Typescript, Javascript, Java, PHP, hingga Python.

Meskip powerful tapi code editor ini tetap ringan digunakan, kok. Tak heran jika Visual Studio Code banyak digunakan dan dipilih oleh developer di seluruh dunia.

Fitur Visual Code Studio

Berikut ini beberapa fitur visual code studio yang menjadikan code editor ini cukup diminati.

1. Basic Editing

Visual Studio Code memiliki fungsi dasar untuk melakukan coding atau membuat sebuah aplikasi sudah tidak diragukan lagi. Fitur visual code studio antara lainkeyboard shortcut, multiple selection, dan column selection. Keyboard shortcut yang dimiliki visual studio code cukup lengkap bahkan bisa mengedit keyboard shortcut tersebut sesuai dengan tombol yang diinginkan, loh. 

Selain itu, jika melakukan editing code tetapi terjadi beberapa kemungkinan yang menyebabkan code tersebut hilang, tak perlu khawatir jika  menggunakan visual studio code! Sebab, fitur visual code studio seperti Auto Save dan juga Hot Exit dapat menanggulangi permasalahan tersebut. 

2. IntelliSense

Fitur yang satu ini sebenarnya mirip dengan Autocomplete yang membantu developer dalam proses coding dengan memberikan saran keseluruhan berdasarkan kata yang diketik.

Pada dasarnya, fitur Visual Code Studio ini hanya tersedia untuk beberapa bahasa pemrograman yang terkenal saja, seperti Typescript, Javascript, HTML, CSS, dan JSON. Eitss, jangan khawatir! Kalian bisa menambahkan bahasa pemrograman yang lain dengan mengunduh extension pada extension marketplace yang tersedia. 

3. Debugging

Fitur ini dapat membantu untuk mengeksekusi, mengedit, dan meng-compile kode secara berulang atau biasa disebut looping. Fitur satu ini mendukung Node.Js saja dan jika ingin menambahkan untuk bahasa pemrograman lain, kalian masih tetap bisa menggunakannya dengan mengunduh extension di extension marketplace juga. 

4. Extension Marketplace

Fitur extension marketplace menjadi fitur yang paling penting dan menjadi fitur unggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Kalian dapat dengan mudah mengunduh dan memasang berbagai extension yang dibutuhkan, seperti debuggers dan tools.

Eitss, kalian juga bisa menambahkan beberapa bahasa pemrograman juga, loh! Kalian tidak perlu menggunakan code editor lain jika ingin menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda.

1 lagi! Tak perlu khawatir dengan masalah kompabilitas juga ya karena pembuat extension bisa berkontribusi langsung secara fungsional untuk mengatasi masalah ini. 

5. Github Integration

Github menjadi salah satu platform manajemen proyek yang terkenal di seluruh dunia yang memungkinkan untuk berkolaborasi dengan tim. Nah, fitur ini dapat menghubungkan code editor dan juga Github milik kalian. Jadi kalian tak perlu berganti software jika ingin terhubung dengan Github. Cukup dengan mengunduh dan memasang tools Issues dan Github Pull Request saja pada extension marketplace dan akan langsung terhubung dengan Github. 

Kelebihan Visual Code Studio

Berikut ini beberapa kelebihan dari Visual Code Studio:

1. Dapat digunakan secara gratis

Jika masih awam dan menghemat biaya dalam pengembangan aplikasi maka Visual Studio Code adalah solusinya. Meski memiliki berbagai kelebihan dan segudang fitur tapi kalian tetap bisa menggunakan Visual Studio Code secara gratis. 

2. Fitur yang lengkap

Menawarkan fitur yang lengkap menjadi kelebihan Visual Code Studio. Fitur Visuall Code Studio sangat lengkap bahkan ada fitur yang tidak dimiliki oleh pesaingnya, yaitu Extension Marketplace. Dengan Extension Marketplace, kalian bisa menambahkan berbagai tools secara bebas. 

3. Performa yang cepat

Visual Studio Code adalah code editor yang memiliki performa kilat karena ukurannya ringan. Meski sudah mengunduh dan memasang banyak extension tapi visual studio code tetap mampu berjalan secara optimal. Alasannya adalah code editor ini sudah dioptimasi sedemikian rupa agar tetap ringan dan banyaknya extension di dalamnya tidak akan terlalu mempengaruhi kinerja aplikasi ini. 

4. Mendukung banyak bahasa pemrograman

Visual studio code adalah code editor yang mendukung berbagai bahasa pemrograman. Kelebihan Visual Code Studio ini menjadikannya menjadi code editor yang cukup diminati karena memfasilitasi dalam pengembangan aplikasi. 

5. Multiplatform

Meski dikembangkan oleh Microsoft namun kelebihannya yaitu mampu berjalan di berbagai sistem operasi, seperti Mac Os, Windows, hingga Linux. 

Tutorial Visual Code Studio

Yuk simak pembahasannya sampai kelar!

Cara Install Visual Code Studio

Sebelum menuju proses install Visual Code Studio, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka laman resmi Visual Studio Code dan mengunduh installer sesuai dengan platform yang digunakan. 

Tunggu beberapa saat hingga installer terunduh secara keseluruhan dan prosesnya telah selesai. Jika sudah, silakan klik installer yang sudah terunduh dan klik “Run” untuk menjalankan proses instalasi.

Ikuti berbagai instruksi yang muncul dan jika sudah maka akan muncul tombol “Finish” untuk mengakhiri proses install Visual Code Studio. Yeayy, proses install Visual Code Studio sudah selesai!

Cara Install Visual Code Studio Extension

Jika sudah berhasil menginstall code editor ini, selanjutnya langsung bisa menggunakannya untuk menginstall berbagai extension yang dibutuhkan.

Caranya? 

Langkah pertama yaitu klik icon extension pada sidebar menu yang tersedia. Jika sudah diarahkan pada halaman Extension Marketplace maka kalian harus mencari extension yang dibutuhkan dengan menuliskannya pada kolom pencarian.

Jika hasil sudah ditemukan maka klik “Install”. Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai. Jika sudah berhasil diinstall maka extension tersebut akan muncul pada tab “Installed”. Gimana, mudah sekali, kan?

Belajar Visual Code Studio

Yuk belajar Visual Code Studio secara mendasar. Simak pembahasannya berikut ini:

Mengganti Tema

Visual Studio Code memungkinkan kalian untuk mengganti tema. Caranya cukup mudah, hanya dengan tekan tombol Ctrl + K dan Ctrl + T secara berurutan. Nah, kalian bisa memilih berbagai tema default yang disediakan. Oia, kalian juga bisa mengunduh tema lain di Extension Marketplace, ya.

Menjalankan Hasil Coding

Setelah membuat dan mengedit source code, pasti ingin melihat hasilnya, kan? Nah, kalian harus menjalankan source code tadi dengan klik “Run” pada Toolbar. Ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu “Start Debugging” dan “Run Without Debugging”. Sebenarnya keduanya sama saja, yang membedakan hanya apakah akan menjalankan dengan debugger atau menggunakan software lain, seperti Web Browser. 

Nah untuk bahasa pemrograman tertentu seperti React Js, sayangnya tidak bisa menggunakan fitur ini. Kalian harus menuliskan command pada terminal untuk menjalankan aplikasi yang dibuat. 

Membuka dan Membuat File Baru

Untuk membuka file, silakan menekan tombol Ctrl + O untuk “Open” namun jika ingin mencari file yang akan dibuka maka bisa menggunakan Ctrl + P dan klik file yang muncul. Jika ingin membuat file baru maka klik Ctrl + N untuk “new file” dan klik Ctrl + S untuk menyimpan file yang baru saja ditambahkan.

Berganti Bahasa Pemrograman

Kamu bisa mengganti bahasa pemrograman yang kamu gunakan dengan menekan tombol Ctrl + K lalu tekan tombol M. Nah kamu tinggal memilih bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan.

Mendeteksi Error

Poin belajar terakhir yaitu untuk mendeteksi error. Error tidak pernah bisa lepas dari proses coding. Nah, untuk mengetahui error, silakan tekan tombol Ctrl + Shift + M. Jika terdapat beberapa error yang terdeteksi maka bisa menggunakan F8 untuk berpindah dari satu error ke error yang lain.

Nah, sudah terbukti kan bahwa Visual Studio Code adalah code editor dengan segudang fitur dan kelebihan yang menjadi alasan mengapa aplikasi ini cukup banyak diminati.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment