Apa Itu Virtex, Jenis, Cara Mengatasi, dan Tips Agar Terhindar

Apa Itu Virtex, Jenis, Cara Mengatasi, dan Tips Agar Terhindar

Sharing is caring!

Virtex merupakan istilah yang masih asing terdengar di telinga. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang mencari tahu apa itu virtex. Tak usah berlama-lama, simak sampai tuntas yuk Apa Itu Virtex, Jenis, Cara Mengatasi, dan Tips Agar Terhindar

Apa Itu Virtex

Virtex merupakan virus yang sangat berbahaya namun di sisi lain juga bisa menjadi virus yang sama sekali tidak berbahaya. Hal ini karena memang bergantung pada seberapa besar kasus terkait virtex yang menyerang sebuah aplikasi. Virtex dianggap sebagai virus berbahaya jika sudah menyerang aplikasi lain, tak hanya satu saja di dalam sebuah smartphone.

Biasanya, virtex akan menyerang jika secara terus-menerus disebabkan banyak orang lewat suatu aplikasi. Seperti, misalnya dalam WhatsApp jika menerima sebuah pesan singkat yang berisikan macam karakter unik dan cukup panjang. Tak lama setelah itu, aplikasi ini sulit untuk diakses dan mengalami gangguan. Inilah kondisi yang menandakan virtex muncul.

Jenis-Jenis Virtex

Virtex WhatsApp terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari virtex easy, sedang, hingga ganas. Untuk membedakan jenis-jenis virtex tersebut, silakan simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Virtex easy

Virtex easy adalah jenis virus text yang memiliki efek ringan dan tidak menimbulkan risiko yang berarti. Bahkan efek yang ditimbulkan dari virtex easy ini hanyalah lag atau frozen saja dan itu pun bersifat sementara.

Virtex sedang

Virtex sedang adalah jenis virus text lainnya yang memuat kurang lebih 66.000 karakter. Jenis virtex sedang ini yang cukup sering dikirimkan ke beberapa target. Adapun efek yang ditimbulkan dari kejadian ini adalah aplikasi WhatsApp yang tidak beroperasi dengan baik.

Virtex ganas

Virtex ganas adalah jenis virus text yang memiliki tingkatan paling tinggi dan bersifat ganas. Jenis inilah yang memiliki risiko merusak sistem operasi pada ponsel jika dibuka. Tak hanya itu, ponsel akan terasa lebih berat saat dioperasikan bahkan error total. Sementara itu, jumlah karakter yang dimuat dari jenis virtex terlebih dari 66.000 karakter.

Apa Itu Virtex WA?

Virtex WA adalah kependekan dari virus text WhatsApp yang artinya sekumpulan text yang mengandung karakter atau simbol unik dengan jumlah banyak dan bisa mengakibat error pada WhatsApp ketika mencoba membacanya.

Error yang terjadi disini hanyalah error ringan, seperti tidak berfungi untuk sesaat, ngefreeze, ngelag, dan sejenisnya.

Jadi, saat ada kawan kalian yang bilang istilah ” virtex WA“ maka itu adalah virus text untuk WhatsApp.

Contoh dari virtex WhatsApp adalah sebagai berikut.

apa itu virtex

Saat virus text sudah dikirimkan ke WhatsApp, semua aplikasi WhatsApp akan mengalami patah-patah, kecuali aplikasi WhatsApp inmune atau WA kebal.

Catatan: Apabila dev WhatsApp sudah diperbarui maka virus text ini tidak bisa lagi bekerja. Biasanya, akan ada lagi author virtex WA ganas yang lebih ampuh. Jadi, tunggu saja updatenya.

Macam-Macam Virtex WA

Sebelum lanjut, ketahui dulu yuk apa saja jenis Virtex WA yang bisa membuat HP jadi lemot. Sebab, ada beberapa jenis Virtex dengan efek yang bervariasi.

1. Virtex WA Text

Virus teks ini dikombinasikan dengan font unik dan aneh yang ditumpuk sangat banyak. Kerusakan dari virus teks ini tidak terlalu parah dan dapat dikategorikan sebagai jenis virtex ringan.

2. Virtex WA Arab

Virtex satu ini memakai huruf Arab Hijaiyah. Virus ini dicari oleh orang-orang karena termasuk jenis virus teks yang ringan dengan hasil yang bisa membuat lag HP orang lain.

3. Virtex WA Sedang

Sama seperti Virtex WA Text, script ini juga menggunakan pesan dengan font aneh dalam jumlah yang menumpuk. Hanya saja, dampak dari script ini sedikit lebih parah sehingga disebut Virtex WA sedang.

4. Virtex WA Ganas

Jenis virtex ini adalah kombinasi dari virus teks, Arab, dan simbol-simbol yang sulit dibaca oleh sistem WhatsApp. Kerusakan yang ditimbulkan pun cukup untuk membuat penerima merasa geram.

5. Virtex WA Slayer

Virtex Slayer dapat dikategorikan sebagai virtex ganas. Pengguna yang mengirim dan dikirim virtex ini kemungkinan besar akan mengalami lag parah pada saat menyalin atau membuka kiriman.

6. Virtex WA Super Trava

Kalian harus waspada saat menggunakan virtex ini. Jangan digunakan secara acak karena bisa merugikan orang lain. Kerusakan yang ditimbulkan mulai dari lag parah hingga HP nge-hang.

7. Ghost Name Virtex

Sesuai namanya, tampilan virus teks ini terlihat transparan bahkan terlihat seperti chat WA kosong. Padahal, isi pesan ini memiliki jumlah script kode yang berbahaya dan tidak terbaca.

8. Virkon WA

Hah, Virgon? Bukan, dongs. Beda. Virkon adalah singkatan dari virus kontak. Virkon terlihat seperti kontak WhatsApp yang dikirim via chat. Dengan begitu, penerima tidak akan curiga bahwa kontak yang dilihat adalah sebuah virus.

Cara Menangkal WhatsApp yang Telah Terkena Virtex

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang terkena virtex adalah sebagai berikut.

Segera Hapus Pesan yang Memuat Virtex Tersebut

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menangkal virtex adalah dengan segera menghapus pesan yang isinya virtex. Pastikan untuk tidak membuka pesan tersebut dan langsung menghapusnya, jika perlu blokir juga nomor pengirim pesan tersebut.

Aplikasi WhatsApp Hentikan Secara Paksa

Jika sudah terlanjur membuka pesan maka langkah yang harus segera dilakukan adalah paksa berhenti aplikasi WhatsApp. Pilihan ini biasanya muncul pada pengaturan aplikasi. Setelah menghentikan paksa lalu dapat kembali masuk ke WhatsApp dan segera hapus pesan virtex yang muncul.

Hapus Data dan Instal Ulang WhatsApp

Cara ini dilakukan jika virtex yang muncul adalah dengan sifat yang ganas, membuat aplikasi langsung lag. Oleh karena itu, hapus segera aplikasi, kondisi ini dilakukan agar efek yang muncul dari virtex karena bisa semakin berkembang. Jika sudah memiliki opsi hapus data, bisa dilanjutkan dengan mematikan smartphone sementara waktu.

Tips Agar Terhindar dari Virtex WhatsApp

Virtex bukan sesuatu yang tidak perlu kalian takutkan. Namun, bukan berarti kalian menjadi lengah dan tidak melakukan pencegahan. Berikut ini beberapa cara agar kalian terhindar dari virtex WhatsApp:

Jangan sembarang memberi nomor WhatsApp

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk terhindar dari virtex adalah hindari pemberian nomor WhatsApp secara sembarangan. Pasalnya, kita tidak pernah tahu nomor tersebut akan digunakan untuk kepentingan seperti apa. Sebaiknya kalian memberikan nomor WhatsApp kepada orang-orang yang sudah kalian percaya.

Hindari pesan dari nomor yang tidak dikenal

Tak jarang virtex menyerang melalui pesan dari nomor yang tidak dikenal. Maka, jika kalian mendapatkan pesan WhatsApp dari nomor yang mencurigakan dengan isi pesan berupa karakter-karakter unik, sebaiknya hapus pesan tersebut dan jangan membukanya. 

Apabila kalian ingin mengetahui isi pesan dari nomor yang tidak dikenal tersebut, kalian bisa memanfaatkan fasilitas widget yang ada di ponsel. Dengan begitu, kalian bisa melihat pesan yang diberikan tanpa harus membuka aplikasinya.

Menggunakan WA Immune

Cara lain yang bisa dilakukan supaya terhindar dari virtex, yakni menggunakan WhatsApp Immune. Sebagai informasi, WhatsApp Immune adalah aplikasi MOD WhatsApp yang sifatnya kebal terhadap virtex. Jika menggunakan aplikasi ini, kalian tidak perlu khawatir mengalami lag yang diakibatkan oleh virtex.

Okay, jadi itulah penjelasan mengenai apa itu virtex, jenis, hingga cara menangkalnya. 

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Virtex, Jenis, Cara Mengatasi, dan Tips Agar Terhindar
Artikel
Apa Itu Virtex, Jenis, Cara Mengatasi, dan Tips Agar Terhindar
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Tak usah berlama-lama, simak sampai tuntas yuk Apa Itu Virtex, Jenis, Cara Mengatasi, dan Tips Agar Terhindar
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like