Apa Itu Telnet dan Bagaimana Telnet Bekerja?

Sharing is caring!

Telnet adalah protokol komputer yang menyediakan kompatibilitas komunikasi dua arah interaktif untuk komputer di internet dan jaringan area lokal. Telnet memiliki command-line interface dan terkenal sebagai protokol asli sejak internet pertama kali diluncurkan pada tahun 1969. Yuk baca selengkapnya terkait Apa Itu Telnet dan Bagaimana Telnet Bekerja?

Pada waktunya, penggunaan Telnet menurun karena SSH (Secure Shell atau Secure Socket Shell) karena masalah keamanan serius ketika digunakan melalui jaringan terbuka. Telnet tidak memiliki kebijakan otentikasi dan enkripsi data.

Awal Telnet

Telnet mengacu pada protokol terminal virtual jaringan. Singkatan ini berasal dari jaringan teletype, jaringan terminal atau jaringan telekomunikasi, bergantung pada sumber yang Anda percayai, dan itu dibangun sebagai bentuk remote control untuk mengelola komputer mainframe dari terminal yang jauh.

Sementara Telnet artinya jika dibandingkan dengan teknologi jaringan modern, itu revolusioner pada tahun 1969 dan Telnet membantu membuka jalan bagi World Wide Web pada tahun 1989.

Telnet Memberikan Jalan ke SSH

Seiring waktu, Telnet yang tidak aman berevolusi menjadi protokol jaringan SSH yang lebih baru, yang digunakan administrator jaringan modern untuk mengelola komputer Linux dan Unix dari kejauhan. SSH menyediakan otentikasi yang kuat dan mengamankan komunikasi data terenkripsi antara komputer melalui jaringan yang tidak aman.

Tidak Ada Grafik di Sini

Tidak seperti layar Firefox atau Google Chrome, layar Telnet biasa-biasa saja untuk dilihat. Telnet adalah tentang mengetik pada keyboard. Perintah Telnet bisa agak samar, dengan contoh perintah termasuk z dan prompt% fg. Sebagian besar pengguna modern akan menemukan layar Telnet kuno dan lambat.

Telnet hampir tidak pernah digunakan untuk menghubungkan komputer lagi karena kurangnya keamanan. Namun, Telnet masih fungsional; ada klien Telnet di Windows (10, 8, 7, dan Vista) meskipun Anda mungkin harus mengaktifkan Telnet terlebih dahulu.

Bagaimana Telnet Bekerja?

Telnet adalah alat yang dapat digunakan untuk membuka command line pada komputer jarak jauh, biasanya sebuah server. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa apakah port tertentu terbuka.

Telnet berfungsi sebagai apa yang disebut emulator terminal, menggunakan standar protokol untuk bertindak seperti terminal fisik yang terhubung ke mesin. Beberapa sistem modern hanya mengizinkan koneksi command line menggunakan Secure Shell, alat terenkripsi yang mirip dengan Telnet atau melalui jaringan pribadi virtual. Protokol transfer file sering digunakan bersama untuk mengirim file.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Telnet dan Bagaimana Telnet Bekerja?
Artikel
Apa Itu Telnet dan Bagaimana Telnet Bekerja?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Telnet adalah protokol komputer yang menyediakan kompatibilitas komunikasi dua arah interaktif. Yuk baca Apa Itu Telnet dan Bagaimana Telnet Bekerja?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Apa Itu Telnet dan Bagaimana Telnet Bekerja?”

Leave a Comment