apa-itu-telegram

Apa Itu Telegram dan Bagaimana Menggunakannya

Sharing is caring!

Popularitas platform messenger Telegram melonjak setiap kali ada WhatsApp outage atau WhatsApp mengubah kebijakan privasinya. Pendiri Telegram, Pavel Durov, mengklaim bahwa mereka sekarang memiliki hampir 500 juta pengguna aktif meskipun itu masih jauh dari WhatsApp dan Facebook yang diduga memiliki satu miliar. Ketahui lebih lanjut yuk tentang Telegram di artikel Apa Itu Telegram dan Bagaimana Menggunakannya

apa-itu-telegram-1

Meskipun pengguna Telegram belum sebanyak WhatsApp dan facebook tetapi itu tidak masalah. Yang penting adalah Telegram salah satu aplikasi messenger atau pesan terenkripsi terbaik, lintas platform, dan berbasis cloud yang tidak memiliki iklan sama sekali.

Ini mirip dengan Apple Messages tetapi lebih handal, memiliki aplikasi khusus untuk semua platform, dan juga memungkinkan Anda untuk mengatur obrolan rahasia dengan pesan yang dapat diatur sehingga memberi Anda privasi.

Perbedaan utamanya adalah obrolan teks Telegram tidak di enkripsi secara end-to-end secara default. Hal itu berarti Telegram dapat membaca pesan Anda. One-to-one voice Telegram dan panggilan video dienkripsi end-to-end tetapi obrolan suara grupnya tidak.

Cara Instal Telegram

Menginstal dan menggunakan Telegram sangat mudah. Berikut panduan sederhana yang dapat Anda ikuti:

Unduh Aplikasi Telegram

Catatan: Sebelum menggunakan Telegram versi desktop, Anda harus mengaturnya menggunakan aplikasi seluler.

Daftarkan nomor telepon Anda

Segera setelah Anda melakukan ini, Telegram akan mengirimkan pesan teks SMS ke ponsel Anda yang berisi kode untuk verifikasi nomor. Jika Anda tidak memasukkan kode verifikasi dalam tiga menit, Telegram akan menghubungi telepon Anda.

apa-itu-telegram-2

Masukkan kode verifikasi SMS

Aplikasi Telegram akan memiliki field tempat Anda memasukkan kode verifikasi SMS.

apa-itu-telegram-3

Telegram dapat menghubungi telepon Anda sebagai gantinya

Suara robot akan membacakan kode lima-digit yang kemudian dapat Anda masukkan ke dalam aplikasi

apa-itu-telegram-4

Masukkan setidaknya nama depan Anda

Telegram mengharuskan Anda memberikan setidaknya nama depan atau first name Anda (tidak harus nama depan asli Anda.) Anda juga dapat menambahkan avatar untuk lebih personalisasi. Pengguna lain dapat mencari Anda dengan nama pengguna Anda tanpa perlu mengetahui nomor telepon Anda.

apa-itu-telegram-5

Biarkan Telegram mengakses kontak Anda

Anda tidak bisa hanya mengetikkan nomor telepon dan mulai mengirim pesan. Anda harus memberikan izin Telegram untuk mengakses kontak Anda sebelum Anda dapat mengirim pesan kepada siapapun. Namun, orang yang tidak ada dalam kontak Anda masih dapat invite Anda ke obrolan Telegram.

apa-itu-telegram-6

(Opsional) Biarkan Telegram mengakses file dan lockscreen Anda

Telegram akan meminta Anda untuk mengizinkannya mengakses foto, media, dan file Anda sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengirim foto dan file lainnya. Itu juga ingin mengakses lockscreen Anda sehingga dapat menunjukkan kepada Anda panggilan masuk. Anda dapat meneruskan kedua opsi ini tetapi Telegram akan jauh lebih berguna jika Anda tidak melakukannya.

apa-itu-telegram-7

(Disarankan) Set PIN Telegram terpisah

Telegram tidak mengharuskan Anda membuat password atau PIN untuk menggunakan aplikasi. Hanya membuka kunci ponsel Anda, akan cukup untuk mendapatkan akses ke aplikasi Telegram dan akun Anda.

Hal itu akan bermasalah jika orang lain mendapatkan akses ke ponsel Anda dan dapat membukanya. Untuk melindungi akun Telegram Anda, silahkan atur PIN empat-digit terpisah.

Buka menu “hamburger” di sudut kiri atas aplikasi dan pilih Settings => Privacy & Security => Passcode Lock.

Anda harus memasukkan PIN, ahem, “passcode”, secara berkala untuk tetap menggunakan Telegram tetapi Anda dapat mengubah lamanya waktu sebelum entri passcode diperlukan.

Namun ada peringatan bahwa jika Anda lupa PIN, Anda harus menghapus aplikasi Telegram dan memulai dari awal lagi. Obrolan Rahasia akan hilang; Obrolan non-rahasia yang disimpan di server Telegram dapat Anda ambil kembali.

apa-itu-telegram-8

(Opsional) Tambahkan two-step verification

Anda juga dapat mengatur Telegram untuk meminta password alfanumerik setiap kali Anda masuk di perangkat baru. (Catatan: ini tidak sama dengan two-factor authentication dan tidak memberikan jumlah perlindungan yang sama.)

Buka menu “hamburger” di pojok kiri atas dan pilih Settings => Privacy & Security => Two-Step Verification. Selanjutnya siapkan Two-Step Verification di bagian Privacy & Security yang sama.

Anda sebaiknya menuliskan password tersebut karena jika Anda lupa, Anda akan dibatasi untuk menggunakan Telegram hanya di satu perangkat.

apa-itu-telegram-9

Sekarang setelah Anda set up Telegram di ponsel, Anda juga dapat menginstal dan menggunakannya di Windows, macOS, Linux, Chrome OS, atau di desktop web browser. Yang Anda butuhkan hanyalah nomor telepon Anda dan nomor telepon yang terhubung untuk menerima kode verifikasi SMS.

Cara Menggunakan Telegram

Menggunakan Telegram untuk mengirim pesan semudah memilih kontak dan mulai menulis.

apa-itu-telegram-10

Memulai obrolan satu lawan satu Telegram

Klik pada tombol pesan baru (pensil), pilih kontak, dan mulai menulis. Secara default, semua komunikasi dienkripsi antara perangkat Anda dan server Telegram, kemudian antara server Telegram dan kontak Anda tetapi Telegram akan dapat membaca percakapan Anda.

apa-itu-telegram-11

Memulai percakapan grup Telegram

Anda juga dapat membuat percakapan grup baru dengan mengklik New Group dan memilih beberapa kontak dari daftar kontak Anda. Grup dapat berisi hingga 20.000 anggota tetapi tidak dapat di enkripsi secara end-to-end. Apapun yang dikatakan dalam obrolan grup, dapat dibaca oleh Telegram. Telegram juga menawarkan obrolan Grup suara.

apa-itu-telegram-12

Memulai Obrolan Rahasia Telegram

Telegram memiliki kemampuan untuk mengatur Obrolan Rahasia dengan kawan-kawan Anda.

Untuk memulai Obrolan Rahasia, ketuk ikon pensil, lalu ketuk New Secret Chat. Selanjutnya pilih kontak yang ingin Anda ajak Obrolan Rahasia.

Obrolan Rahasia cocok dengan privasi dan keamanan WhatsApp atau Signal karena komunikasi sepenuhnya dienkripsi dari satu perangkat ke perangkat lainnya dan Telegram tidak akan dapat membaca percakapan Anda.

Fungsionalitas screenshot ponsel Anda akan dinonaktifkan selama Obrolan Rahasia dan pesan yang dikirim selama Obrolan Rahasia tidak dapat diteruskan ke pengguna lain. Anda juga tidak dapat mengakses Obrolan Rahasia di perangkat yang berbeda dengan perangkat yang Anda gunakan untuk memulai.

apa-itu-telegram-13

(Opsional) Set Obrolan Rahasia ke penghancuran sendiri

Klik menu tiga-titik di pojok kanan atas layar Obrolan Rahasia untuk mengatur pengatur waktu penghancuran diri.

Hal ini berarti bahwa setiap pesan yang Anda kirim selama Obrolan Rahasia akan memiliki waktu kadaluarsa sebelum menghilang dari percakapan. Pengatur waktu dapat diatur mulai dari satu detik hingga satu minggu.

apa-itu-telegram-14

Bergabunglah dengan channel Telegram

Channel seperti stasiun radio, menyiarkan pesan dari satu sumber ke sejumlah pelanggan Telegram yang tidak terbatas ke channel tersebut. Namun Anda tidak dapat menanggapi pesan channel seperti Anda dapat menanggapi pesan yang disiarkan di Twitter atau Facebook.

Channel dapat broadcast teks, foto, video, file, dan podcast. Mereka bisa public atau private.

Untuk berlangganan channel Telegram publik, ketuk ikon kaca pembesar di bagian atas halaman beranda Telegram lalu ketik nama saluran yang Anda cari. Pilih hasil pencarian yang benar dan Anda akan diperlihatkan preview posting terbaru ke saluran tersebut. Jika itu terlihat menarik bagi Anda, tap “Join” di bagian bawah layar.

apa-itu-telegram-15

Memulai channel Telegram

Memulai channel Telegram semudah memulai obrolan. Cukup ketuk ikon pensil di layar beranda, lalu ketuk “New Channel”.

Anda harus memberi nama pada channel baru Anda dan dapat memberikan deskripsi opsional. Selanjutnya Anda memutuskan apakah channel Anda bersifat private atau public. Jika public, setiap pengguna Telegram dapat mencarinya berdasarkan nama; jika private, Anda akan diberi link yang dapat Anda kirimkan ke orang yang ingin Anda invite.

Telegram sendiri tidak memposting daftar channel Telegram publik tetapi Anda dapat menggunakan Google untuk menemukannya. 

apa-itu-telegram-16

Mulai panggilan video atau suara Telegram

Seperti WhatsApp, Telegram memungkinkan Anda melakukan panggilan suara dan video. Buka menu “hamburger” di kiri atas, ketuk Contacts dan pilih seseorang dari daftar kontak Anda.

Ketuk kontak itu lalu ketuk tiga titik vertikal di bagian atas layar yang dihasilkan dan pilih Call atau Video Call. Jika Anda belum memberikan izin Telegram untuk mengambil gambar dan merekam audio dan video, sekaranglah waktunya.

apa-itu-telegram-17

Fitur Telegram keren lainnya

Aplikasi ini memiliki fitur privasi lainnya. Dari menu Settings, Anda dapat memilih untuk menghapus informasi pengiriman atau pembayaran yang dikirim dalam semua percakapan yang Anda lakukan.

Aplikasi ini juga memiliki opsi untuk menghancurkan akun Anda dan semua data terkait jika Anda tidak menggunakannya selama lebih dari enam bulan (jika Anda lupa melakukannya sendiri). Anda dapat mengubahnya menjadi satu bulan, tiga bulan atau satu tahun.

apa-itu-telegram-18

Pesan apapun, kapan saja, dapat “unsent” oleh pengirim atau penerima. Pesan tersebut akan dihapus dari telepon penerima dan pengirim.

Opsi “anonymous forwarding” memastikan, saat diaktifkan, bahwa hanya nama Anda yang ditampilkan jika ada yang meneruskan pesan Anda. Nama tidak akan ditautkan kembali ke akun Anda.

apa-itu-telegram-19

Masih banyak lagi yang harus dipelajari, termasuk penyesuaian pemberitahuan untuk grup, channels, dan obrolan pribadi; ukuran font, backgrounds, mode daftar, dan tema warna untuk obrolan; dan mode malam, emoji dan animasi. Semua itu ada di menu Settings.

Terlalu banyak yang harus dibahas di sini tetapi sekarang kami telah memberi Anda dasar-dasarnya, cobalah Telegram dan bersenang-senanglah.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Telegram dan Bagaimana Menggunakannya
Artikel
Apa Itu Telegram dan Bagaimana Menggunakannya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Pendiri Telegram mengklaim bahwa tele sekarang memiliki hampir 500 juta pengguna aktif. Baca yuk Apa Itu Telegram dan Bagaimana Menggunakannya
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo