Apa-Itu-Access-Point

Apa Itu Access Point?

Sharing is caring!

Teknologi Wi-Fi telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir tetapi tidak cocok untuk semua, terutama dalam hal bisnis. Ruang kantor besar dengan traffic padat biasanya menggunakan Wi-Fi access point, sementara kantor kecil dengan pengguna terbatas lebih cenderung memiliki Wi-Fi router dan perluasan jangkauan. Ketahui lebih lanjut yuk tentang access point dengan baca artikel Apa Itu Access Point?

Apa Itu Access Point?

Access point adalah perangkat yang membuat jaringan area lokal nirkabel atau WLAN, biasanya di kantor atau gedung besar. Access point terhubung ke router kabel, sakelar, atau hub melalui kabel Ethernet, dan memproyeksikan sinyal Wi-Fi ke area yang ditentukan. Misalnya, jika Anda ingin mengaktifkan akses Wi-Fi di area resepsionis perusahaan Anda tetapi tidak memiliki router dalam jangkauan, Anda dapat memasang access point di dekat meja depan dan menjalankan kabel Ethernet melalui langit-langit kantor kembali ke ruang server. 

Mengapa Access Point Lebih Baik untuk Bisnis

Meskipun perluasan jangkauan sangat bagus untuk jaringan Wi-Fi rumah, mereka tidak efisien untuk bisnis modern. Hal ini karena mereka hanya dapat mendukung jumlah terbatas perangkat pada satu waktu, biasanya tidak lebih dari 20. Meskipun perluasan jangkauan meningkatkan cakupan Wi-Fi router, mereka tidak meningkatkan bandwidth yang tersedia. Bergantung pada jumlah perangkat yang Anda hubungkan secara bersamaan, range extender dapat membebani koneksi Anda.

Access point, di sisi lain, masing-masing dapat menangani lebih dari 60 koneksi secara bersamaan. Dengan memasang access point di seluruh kantor, pengguna dapat bebas berkeliaran dari ruangan ke ruangan tanpa mengalami gangguan jaringan. Saat mereka bergerak melalui gedung, perangkat mereka bergeser dengan mulus dari satu access point ke access point berikutnya tanpa memutuskan koneksi.

Keuntungan Menggunakan Wireless Access Point

Saat Anda memiliki karyawan dan tamu yang terhubung dengan desktop, laptop, ponsel, dan tablet, 20 perangkat di jaringan nirkabel (wireless network) bertambah dengan cepat. Pada 60 koneksi simultan, access point memberi Anda kebebasan untuk mengukur jumlah perangkat yang didukung di jaringan Anda. Namun itu hanya salah satu keuntungan menggunakan Access Point. Berikut keuntungan Wireless Access Point lainnya:

  • Access point kelas bisnis dapat diinstal di mana pun Anda dapat menjalankan kabel Ethernet. Model yang lebih baru juga kompatibel dengan Power over Ethernet Plus atau PoE+ (kombinasi Ethernet dan kabel daya/power cord) sehingga tidak perlu menjalankan power line terpisah atau instal stopkontak di dekat access point.
  • Fitur standar tambahan termasuk Captive Portal dan dukungan Access Control List (ACL) sehingga Anda dapat membatasi akses tamu tanpa mengorbankan keamanan jaringan serta dengan mudah mengelola pengguna dalam jaringan Wi-Fi Anda.
  • Access point yang dipilih menyertakan fitur Pengelompokan (Clustering) – satu titik dari mana administrator TI dapat melihat, menerapkan, mengkonfigurasi, dan mengamankan jaringan Wi-Fi sebagai entitas tunggal daripada rangkaian konfigurasi access point terpisah.

Jenis Umum dari Konfigurasi Access Point 

Root access point

Dalam konfigurasi ini, access point terhubung langsung ke LAN kabel, menyediakan titik koneksi untuk pengguna nirkabel/wireless. Jika lebih dari satu access point terhubung ke LAN, pengguna dapat menjelajah dari satu area fasilitas ke area lain tanpa kehilangan koneksi jaringan mereka.

Repeater access point

Access point atau mesh extender dapat dikonfigurasi sebagai repeater mandiri untuk memperluas jangkauan infrastruktur Anda atau mengatasi hambatan yang menghalangi komunikasi radio.

Repeater meneruskan traffic antara pengguna nirkabel/wireless dan jaringan kabel dengan mengirim data ke repeater lain atau access point yang terhubung ke jaringan kabel. Data dikirim melalui rute yang memberikan kinerja terbaik untuk klien.

Bridges

Access point dapat dikonfigurasi sebagai root atau non-root bridges untuk menggabungkan beberapa jaringan. Access point dalam peran ini akan membuat wireless link dengan non-root bridge. Traffic kemudian diteruskan melalui tautan nirkabel ke jaringan kabel.

Workgroup bridge

Access point yang berada dalam workgroup bridge mode dapat “mengasosiasikan” ke access point lain sebagai klien dan menyediakan koneksi jaringan untuk perangkat yang terhubung ke Ethernet ports. Misalnya, jika bisnis Anda memerlukan konektivitas nirkabel untuk sekelompok network printer, Anda dapat menghubungkan printer ke hub atau sakelar, menyambungkan hub atau saklar ke access point Ethernet port, dan mengkonfigurasi access point sebagai workgroup bridge. Workgroup bridge kemudian akan “berasosiasi” ke access point di jaringan Anda.

Manfaat Utama Upgrade ke Wireless Access Point

WAP adalah alternatif yang lebih nyaman, aman, dan hemat biaya daripada menggunakan wires dan cables untuk menghubungkan setiap komputer atau perangkat di jaringan Anda. Menggunakan WAP untuk menyiapkan jaringan nirkabel dapat memberikan banyak keuntungan dan keuntungan bagi bisnis kecil Anda.

Pertama, jaringan nirkabel lebih nyaman untuk diakses. Menambahkan pengguna baru juga jauh lebih mudah. Selain itu, Anda dapat dengan mudah memberikan akses internet kepada guest users dengan memberi mereka password untuk mengakses jaringan nirkabel Anda dengan aman.

Anda juga dapat dengan mudah mensegmentasikan pengguna, termasuk tamu, untuk membantu melindungi sumber daya dan aset jaringan Anda.

Persiapan Untuk Masa Depan

Ketika Anda berinvestasi dalam WAP yang menampilkan future-ready modularity, Anda membantu menyiapkan infrastruktur TI Anda untuk mendukung teknologi generasi mendatang.

WAP yang memenuhi standar Wi-Fi 6 (802.11ax) baru, misalnya, dapat membantu Anda membangun jaringan nirkabel yang handal, dapat diskalakan, dan aman untuk menangani perangkat Internet of Things (IoT) yang jumlahnya semakin meningkat pesat.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Access Point?
Artikel
Apa Itu Access Point?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
WiFi meningkat pesat beberapa tahun terakhir tapi tidak cocok untuk semua. Hubungannya dengan access point apa? Baca yuk Apa Itu Access Point
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo