struktur-data

Apa Itu Struktur Data dan Bagaimana Penggunaannya?

Sharing is caring!

Pada tulang punggung setiap program atau software ada dua entitas, yaitu data dan algoritma. Algoritma berfungsi mengubah data menjadi sesuatu yang secara efektif dapat digunakan oleh suatu program. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana menyusun data sehingga algoritma dapat mempertahankan, memanfaatkan, dan beralih melalui data dengan cepat. Yuk baca sampai selesai Apa Itu Struktur Data dan Bagaimana Penggunaannya?

Apa Itu Struktur Data?

Struktur data adalah cara kita dalam menyimpan dan mengambil data. Anda mungkin sudah terbiasa dengan daftar dan kamus Python atau array Javascript dan objek. Jika demikian, Anda tahu bahwa daftar dan array berurutan dengan data yang diakses oleh indeks sementara kamus dan objek menggunakan kunci bernama untuk menyimpan dan mengambil informasi.

Struktur data yang ada dalam bahasa pemrograman sangat mirip dengan sistem dunia nyata yang kita gunakan di luar lingkup digital, seperti toko yang mempunyai cara tersendiri terkait urutan menaruh barang dagangan.

Bagaimana Struktur Data Digunakan?

Struktur data menangani 4 fungsi utama bagi kita, yaitu:

  • Memasukkan informasi

Memasukkan sebagian besar berkaitan dengan bagaimana data diterima. Informasi apa yang bisa dimasukkan? Apakah data baru akan ditambahkan ke awal, akhir, atau di suatu tempat di tengah data yang ada? Apakah titik data yang ada perlu diperbarui atau dimusnahkan?

  • Memproses informasi

Pemrosesan mendapatkan cara data dimanipulasi dalam struktur data pun dapat terjadi secara bersamaan atau sebagai hasil dari proses lain yang menangani struktur data. Bagaimana data yang sudah ada yang disimpan perlu diubah untuk mengakomodasi data baru, yang diperbarui, atau dihapus?

  • Maintaining informasi

Mempertahankan difokuskan pada bagaimana data disusun dalam struktur. Hubungan mana yang perlu dipertahankan antara bagian-bagian data? Berapa banyak memori yang harus dimiliki sistem cadangan (mengalokasikan) untuk mengakomodasi data?

  • Mengambil informasi

Retrieving dikhususkan untuk menemukan dan mengembalikan data yang disimpan dalam struktur. Bagaimana kita dapat mengakses informasi itu kembali? Langkah apa yang perlu diambil oleh struktur data untuk mendapatkan informasi kembali kepada kita?

Jenis dan kasus penggunaan yang berbeda untuk data akan lebih cocok untuk cara memasukkan, memproses, menyimpan, dan mengambil yang berbeda.

Memilih Struktur Data Terbaik

Struktur data yang berbeda lebih cocok untuk tugas yang berbeda. Memilih struktur data yang salah dapat mengakibatkan kode lambat atau tidak responsif (mengacaukan program Anda).

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor saat Anda membuat keputusan:

  1. Apa tujuan yang dimaksudkan untuk data? Apakah ada struktur data yang memiliki fungsi bawaan yang cocok untuk tujuan tersebut? Apakah Anda ingin mencari, mengurutkan, atau mengulangi data dengan cara yang mana struktur data tertentu akan lebih cocok daripada yang lain?
  2. Apakah Anda ingin atau membutuhkan kontrol terkait bagaimana memori disisihkan untuk menyimpan data Anda?

Meskipun alokasi memori bukan sesuatu yang perlu Anda pertimbangkan dalam Bahasa, seperti Python atau Javascript, hal                          tersebut merupakan sesuatu yang perlu diingat ketika bekerja dalam bahasa lain seperti C. struktur-data-1

  1. Berapa lama dibutuhkan oleh struktur data yang berbeda untuk menyelesaikan berbagai tugas relatif terhadap struktur data lainnya?

Secara teknis, dua struktur data mungkin dapat menyelesaikan tugas yang sama untuk Anda tetapi satu mungkin sedikit lebih cepat. Pertimbangan ini juga dikenal sebagai runtime.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Struktur Data dan Bagaimana Penggunaannya?
Artikel
Apa Itu Struktur Data dan Bagaimana Penggunaannya?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Pada tulang punggung setiap program atau software ada dua entitas, yaitu data dan algoritma. Yuk baca Apa Itu Struktur Data dan Bagaimana Penggunaannya?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo