Apa Itu SMTP, Kelebihan, dan Cara Kerja

Apa Itu SMTP, Kelebihan, dan Cara Kerja

Simple Mail Transfer Protocol atau yang kita kenal sebagai SMTP adalah salah satu protokol dari jaringan internet, yang digunakan untuk mengirimkan email atau pesan elektronik. Okay, simak sampai tuntas ya artikel Apa Itu SMTP, Kelebihan, dan Cara Kerja

Apa Itu SMTP?

Seperti yang telah kita ketahui, SMTP adalah sebuah protokol. Lalu, apa itu protokol? Protokol bisa dikatakan sebuah jembatan penghubung. Contohnya, agar antarkomputer dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya maka dibutuhkan sebuah aturan dan instruksi standar yang dapat dijalankan oleh setiap komputer. Aturan dan instruksi inilah yang disebut sebagai protokol.

SMTP adalah salah satu protokol standar di jaringan internet yang digunakan untuk pengiriman email dari lokal email ke mail server hingga dikirimkan ke alamat email penerima.

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP adalah protokol standar untuk pengiriman email di internet. SMTP didesain untuk memungkinkan transfer email secara handal dan efisien.

SMTP sifatnya terbuka sehingga tidak tergantung kepada jenis komputer dan sistem operasi yang digunakan. 

Cara Kerja SMTP untuk Pengiriman Email

Cara kerja SMTP adalah dengan membuat jalur antara pengirim dan penerima email. 

Setelah jalur transmisi dibuat, barulah pengirim email akan memicu perintah “MAIL” yang akan mengirimkan email dengan cara mengidentifikasi pengirim dan kondisi apakah ada lalu lintas untuk dikirim.

Jika ternyata penerima dapat menerima kiriman email, pengirim akan memicu perintah “RCPT”. RCPT merupakan singkatan dari penerimaan yang fungsinya untuk mengenali penerima email. 

Apabila menerima kiriman email tersebut maka penerima akan mengeksekusi perintah “OK”. Namun, jika tidak maka penerima akan menolaknya.

Jika penerima SMTP sudah sukses dalam memproses data email, SMTP akan menerima balasan “OK”. Email yang tidak bisa dikirim karena alamat tujuan yang salah akan dikirim balik dengan catatan dari mail server bahwa pengiriman tidak bisa dilakukan karena alasan tertentu. 

Satu hal yang sangat penting diketahui menyangkut SMTP adalah protokol ini tidak membutuhkan autentifikasi sehingga menyebabkan seseorang di internet dapat mengirimkan email ke orang lain atau bahkan banyak orang sekaligus. 

Kelebihan dan Kekurangan SMTP

Kelebihan dari SMTP adalah proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan cepat ke seluruh dunia. Selain itu, beberapa kelebihan lainnya antara lain:

  • Tidak membutuhkan biaya. 
  • Dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  • Memudahkan dalam berkomunikasi, terutama ketika berada di lokasi yang sangat jauh, seperti beda negara.
  • Memiliki banyak vendor yang telah menyediakan layanan email bagi para penggunanya.

Meskipun SMTP terbukti handal tetapi sebenarnya memiliki kekurangan. Email yang ditransfer dalam kondisi polos, artinya komputer host yang menjadi pos me-relay email dapat mengakses semua email yang melewatinya. Hal tersebut bisa membuat email seseorang dapat disalin atau dimodifikasi dalam perjalanan pengirimannya.

Ketika seorang yang berniat jahat menyadari bahwa admin salah satu SMTP server curiga maka mudah sekali untuk memotong jalur email agar tidak ketahuan.

Jika ada gangguan atau upaya serangan terhadap email, proses pengiriman email kemungkinan dapat terhambat. Namun, tak perlu dikhawatirkan karena protokol SMTP cukup kuat dan memiliki sifat untuk bisa “menyembuhkan” diri sendiri.

Salah satu penyalahgunaan email lainnya adalah seseorang bisa membuat pesan yang seolah-olah dikirim dari orang lain dan bukan dari pengirim aslinya.

Hal itu umumnya digunakan untuk keperluan spamming, internet marketing, dan penipuan. Bisa juga digunakan untuk membohongi orang lain atau memfitnah. Orang yang alamatnya dibajak akan dibanjiri pesan yang sangat mengganggu.

Okay, jadi demikian artikel mengenai SMTP serta kelebihan dan cara kerjanya. Jika kalian ingin berbagi pengalaman terkait SMTP, silakan sampaikan pada kolom komentar, ya.

Siapa nih yang mau dapat uang jajan tambahan? Wah, kalian mesti  gabung ke Afiliasi Jetorbit. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like