Bagaimana SMTP digunakan untuk Mengirimkan Email dan Amankah Penggunaan SMTP Relay?

Bagaimana SMTP digunakan untuk Mengirimkan Email dan Amankah Penggunaan SMTP Relay?

Sharing is caring!

Di dalam email marketing, email-email yang dikirimkan tidak semudah seperti membuat sebuah email lalu melakukan klik pada tombol “Send.” Sistem yang membuat email tersebut berjalan dari suatu mail server ke server lainnya merupakan satu kesatuan yang cukup kompleks. Sebuah sistem atau protokol ini dinamakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Okay, simak yuk Bagaimana SMTP untuk Mengirimkan Email dan Amankah Penggunaan SMTP Relay

SMTP ini yang bergerak membawa ke mana email-email akan pergi setelah dilakukan klik pada tombol “Send.” Ini merupakan suatu protokol standar yang digunakan untuk pengiriman email di manapun. Tanpa adanya protokol ini, email tersebut tidak akan pergi ke mana-mana.

Lalu, bagaimana protokol ini digunakan untuk mengirimkan email?

Kegunaan SMTP untuk Pengiriman Email

Penggunaan SMTP menjadikan email sebagai media komunikasi yang paling mudah sekaligus memiliki efektivitas yang tinggi dibandingkan smartphone. Dalam melakukan bisnis atau di dunia profesional, komunikasi melalui email merupakan sesuatu yang paling lumrah. Dikarenakan dengan email, kita bisa melihat report dan perkembangannya. Seperti, melihat open rate, deliverability nya, dan masih banyak lagi.

Email Campaign yang Cepat dan Efektif

SMTP dapat digunakan untuk mempermudah email marketing funnel dan juga dapat meningkatkan produktivitas dan juga meningkatkan exposure. Terlebih lagi ketika melakukan automation email campaign. Tak perlu membuat ulang setiap campaign, hanya memerlukan sinkronisasi server yang mengelola SMTP Relay nya.

Email Automation yang Dapat Diandalkan

SMTP akan melakukan pengiriman email pada email automation hingga email tersebut sukses dikirimkan dan masuk inbox penerimanya. Selain itu, dapat melakukan desain dan konfigurasi melalui Dedicated Server untuk membentuk targeted email list dan juga mengatur outgoing email. Melakukan email tracking juga sesuatu hal yang didapatkan ketika menggunakan SMTP untuk mengirimkan email.

Melakukan Spam Control

SMTP dapat digunakan untuk mengatur tingkat spam yang ada pada setiap email campaign yang dilakukan. Dengan adanya SMTP Server, akan menekan angka spam dari setiap email marketing campaign, karena dengan adanya server yang digunakan secara privat, ini akan melindungi IP Reputation sebuah company atau brand.

Transfer File yang Besar

SMTP berguna untuk company dan brand yang mencoba mengirimkan email yang panjang dan bermuatan besar. SMTP juga bisa mengirimkan email secara massal dan melakukan segmentasi dan personalisasi pada target audiensnya. Sehingga, email yang masuk ke inbox mereka berisikan content yang relevan.

Nah, penggunaan SMTP adalah usaha untuk menanggulangi jika ada yang bisa mengirim pesan dari email kalian tanpa diketahui, membuat brand kalian tercemar dan juga merusak reputasi email kalian. Ini semua bisa terjadi ketika penggunaan email tidak dilindungi dengan security yang baik. Kerahasiaan dan sebuah data yang penting bisa mengalami kebocoran jika keamanan pada email-email kalian tidak diperhatikan dengan baik.

Spammer atau pelaku cybercrime telah membuktikan berkali-kali bahwa mereka melakukannya di tempat yang tidak terjaga dengan baik, yang berarti keamanan account-account yang dimiliki harus selalu tinggi, terlebih di dalam mail server.

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) tetap menjadi salah satu cara paling sederhana untuk bermigrasi dari local mail server ke Email Service Provider (ESP) dan umumnya merupakan salah satu metode pengiriman email yang lebih sederhana.

Lalu, apakah penggunaan SMTP dapat mengamankan semuanya?

SMTP Authentication

Email sebagai medium komunikasi hanya sebatas keamanan yang diberikan oleh penyedia layanan dan diterapkan untuk melindungi program email kalian. Di situlah SMTP authentication dapat digunakan.

SMTP authentication tidak hanya memungkinkan kalian untuk memanfaatkan skalabilitas dan fitur bawaan dari penyedia layanan SMTP kalian tetapi juga melindungi program email dan akun kalian dari penggunaan yang tidak diinginkan dan kemungkinan spam.

Oleh karena itu, SMTP Relay dapat menjadi aman jika relay yang ada dikonfigurasi bersamaan dengan SMTP authentication. Semua email-email yang akan dikirimkan akan terbebas dari gangguan seperti spammers atau orang yang mencoba masuk ke dalam account email kalian.

Tanpa authentication, kemungkinan besar spammer dan kejahatan lainnya dapat merusak program email kalian dengan taktik, seperti email spoofing. Email spoofing adalah taktik yang digunakan oleh orang-orang yang mencoba mengirim email ke email lain dan seolah olah berasal dari email kalian atau email yang terlegitimasi.

Dedicated IP dan Server

Ketika menggunakan SMTP Relay, gunakanlah sumber yang memiliki kepemilikan pribadi. Maksudnya adalah server yang digunakan adalah Dedicated Server atau IP. Sehingga penggunaan servernya hanya bisa diakses oleh diri sendiri. Jika menggunakan Shared IP atau Shared Hosting, dapat dipastikan akan mengalami kebocoran data yang tidak diinginkan.

Hal ini dikarenakan banyak sekali yang bisa mengakses ke server tersebut sehingga penggunaannya akan rentan terhadap pengguna lain yang menggunakan server tersebut. Jika penggunaan server secara privat maka hanya kalian yang bisa mengakses segala yang ada di dalam server. Kerahasiaannya lebih terjaga.

SMTP adalah Advanced Technology

SMTP Relay dapat menganalisis semua email yang keluar dari server, mendeteksi spam, dan mengirimkan laporan sehingga dapat mengidentifikasi dan memblokir account yang terkena hack atau masuk secara paksa. Email yang dikirimkan juga melalui IP Reputation yang baik yang mana segala email yang dikirimkan akan sampai kepada inbox penerimanya.

Okay, jadi itulah pembahasan terkait bagaimana SMTP digunakan untuk membantu pengiriman email serta jawaban atas pertanyaan apakah SMTP Relay aman untuk digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan  email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana SMTP digunakan untuk Mengirimkan Email dan Amankah Penggunaan SMTP Relay?
Artikel
Bagaimana SMTP digunakan untuk Mengirimkan Email dan Amankah Penggunaan SMTP Relay?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sudah paham terkait Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)? Baca yuk Bagaimana SMTP untuk Mengirimkan Email dan Amankah Penggunaan SMTP Relay
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like