Apa Itu SERP, Fitur, dan Fungsinya

Meski konsepnya sederhana, ternyata SERP Google menjadi penentu keberhasilan sebuah website bisa ditemukan oleh banyak orang, loh. Tak usah pakai lama, simak sampai kelar yuk Apa Itu SERP, Fitur, dan Fungsinya

Apa Itu SERP?

SERP (Search Engine Result Page) adalah hasil yang diberikan mesin pencari atas informasi yang dibutuhkan user sesuai dengan keyword yang dimasukkan. 

Jadi, SERP itu ditampilkan dalam sebuah halaman website yang sederhana. Tenang, di dalamnya ada berbagai jenis informasi, mulai dari tautan ke website, deretan gambar, hingga video.

Supaya punya gambaran, contoh dari SERP adalah sebagai berikut:

apa itu serp

Itulah contoh dari Google SERP untuk pencarian dengan keyword “used cars”. Jika menggunakan mesin pencari lain, seperti Bing, hasilnya sebagai berikut:

apa itu serp

Secara umum memang tidak banyak perbedaan pada tampilan SERP Google dan Bing di atas. Keduanya menampilkan dua komponen utama, yaitu hasil pencarian tidak berbayar dan iklan. Istilahnya paid SERP dan organic SERP. 

Di Google, jika website ada tulisan Sponsored maka itu iklan berbayar. Sedangkan di Bing menggunakan istilah Ad. Selebihnya, semuanya merupakan hasil pencarian organik (tidak berbayar).

Maka, bisa dibilang bahwa SERP adalah hasil pencarian yang menunjukkan semua jawaban dari keyword, tanpa membatasi apakah itu berupa iklan atau karena hasil upaya SEO.

Fitur SERP 

Meski beda mesin pencari, beda juga fiturnya. Inilah yang paling sering ditemukan:

1. Featured Snippets

Featured Snippets merupakan sebuah cuplikan informasi dari keseluruhan konten. Cuplikan ini biasanya dipilih sesuai informasi utama yang dibutuhkan dari keyword yang digunakan.

Dengan fitur ini, user jadi bisa langsung dapat jawaban dari pertanyaan tanpa repot buka situsnya dulu. 

Oia, featured snippet ditampilkan pada posisi teratas. Itulah kenapa featured snippet disebut dengan posisi 0 alias di atas posisi pertama. Why

Sebab, penempatan cuplikan informasi di bagian atas itu sebenarnya bersifat sementara. Jadi, tergantung kesesuaian informasi dengan maksud pencarian user terbaru. Artinya, bisa jadi cuplikan informasi yang muncul sebenarnya milik website yang saat itu bukan di urutan pertama.

2. Rich Snippets

Rich Snippets adalah sesuatu yang sangat berbeda. Kalian tidak akan mendapatkan cuplikan lengkap seperti di featured snippet namuan hanya sekedar informasi tambahan. 

Apabila di hasil pencarian Google SERP ditemukan informasi tentang rating, harga, stok, dan sebagainya maka itulah rich snippets. Biasanya, fitur ini akan muncul pada jenis pencarian produk umum, film, atau resep masakan. 

3. People Also Ask

People Also Ask adalah tentang kumpulan pertanyaan yang sering diajukan orang saat melakukan pencarian di Google. 

Kalian ingin upaya SEO kalian segera mendatangkan hasil? Pastikan kalian bisa menempatkan website kalian sesering mungkin di bagian Orang Juga Bertanya. Sebab, posisinya berada di bagian atas dari SERP Google sehingga lebih mudah ditemukan oleh pencari.

Selain itu, bentuk pertanyaan yang muncul biasanya lebih ke arah percakapan sih sehingga tampak lebih natural. 

4. Local Pack

Local Pack bisa dikatakan sebagai daftar bisnis atau tempat di sekitar kalian yang cocok dengan keyword yang dicari. Bentuknya bisa berupa Maps seperti di Google atau daftar gambar seperti di Bing. 

Jadi, inilah salah satu fitur SERP yang paling memahami maksud pencarian atau search intent user. Maksudnya, saat menggunakan keyword “BCA terdekat” tentunya prioritas user ingin informasi lokasi BCA terdekat, bukan review tentang pelayanan BCA.

Eitss, tak hanya informasi terkait lokasi tapi juga terdapat beberapa informasi penting seperti:

  • Jam buka dari bank tersebut
  • Rating dari pengunjung
  • Jenis layanan yang diberikan, seperti pembukaan rekening baru

5. Video Carousel

Video carousel akan memberikan hasil berupa sederet video yang sesuai dengan keyword yang digunakan. Penempatan dari video itu bisa vertikal maupun horisontal sesuai mesin pencari yang digunakan.

Dengan fitur ini, bisa langsung menonton video dari halaman mesin pencari tanpa harus berpindah ke website yang menyediakan video tersebut. 

6. Top Stories

Top Stories di SERP Google maksudnya adalah berbagai berita terkait dengan keyword yang sedang dipakai.

Umumnya sih, top stories sebagai sebuah SERP feature adalah terkait kejadian di sekitar, olahraga, dan sejenisnya. Ya meski akan didominasi oleh situs berita namun website yang sudah didaftarkan pada Google news bisa saja akan muncul di bagian ini.

7. Knowledge Panel

Secara informasi sih, Knowledge Panel hampir mirip dengan sebuah Featured snippets. Isinya berupa ringkasan tentang sebuah topik, orang, atau entitas lainnya. Posisinya juga bisa berada di bagian atas atau samping dari hasil pencarian.

Beberapa istilah juga menyebut knowledge panel ini sebagai knowledge card, yang mana menjadi bagian dari knowledge graph. Berbeda dari featured snippet yang umumnya mengandalkan satu website sebagai sumber informasi. Knowledge panel justru meramu informasi dari berbagai sumber.

8. Sitelinks

Kalian pernah bertanya-tanya kah saat menemukan tampilan seperti di bawah ini ketika sedang googling?

sitelinks

Itulah fitur Google SERP yang disebut Sitelinks. Tujuannya untuk memberikan kemudahan serta pilihan navigasi untuk bisa langsung menuju ke halaman website yang dituju. Umumnya sitelinks dimunculkan ketika mencari terkait sebuah website secara spesifik. 

Fitur ini ditampilkan oleh mesin pencari melalui algoritma mereka. Jadi, pemilik website tidak bisa mengatur tampilan dari sebuah sitelinks, termasuk navigasi ke mana saja yang sebaiknya dimunculkan.

9. Related Searches

Bisa jadi SERP Google adalah yang pertama menampilkan tentang related searches. Tapi fitur ini saat ini sudah menjadi standar dari mesin pencari manapun. 

Intinya, mesin pencari akan memberikan rekomendasi pencarian terkait dari keyword yang digunakan. 

Tak hanya bermanfaat bagi user Google, fitur ini akan membantu untuk mengetahui keyword apa yang sebaiknya digunakan di dalam website atau blog kalian.

Singkatnya, kalau SERP SEO adalah prioritas untuk mendapatkan traffic maka pastikan fitur related search menjadi bagian dari usaha kalian.

10. Shopping Results

Anyway, Shopping Results menjadi fitur SERP yang tak kalah penting untuk diketahui. Namun, hasil shopping results masih cukup jarang ditemukan sih untuk keyword di Indonesia. 

Di luar negeri, fitur ini banyak ditemukan, baik yang jenisnya organic SERP maupun paid SERP. Bahkan, di Bing, hasil dari shopping results jauh lebih menarik. 

Dengan klik salah satu produk saja maka akan langsung masuk ke halaman produk yang diinginkan tanpa harus repot melalui halaman utama dari toko online tersebut. Tentu akan menghemat waktu pencarian produk dan membuat pengalaman user menjadi lebih baik.

Fungsi SERP

Alasan SERP itu penting dan harus dipahami dengan baik: 

  • Menyediakan informasi relevan. Bagi user, fungsi SERP adalah memberikan informasi yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Bahkan, kualitas sebuah mesin pencari akan ditentukan dari bagaimana kualitas hasil pencarian. 
  • Menomorsatukan hasil terbaik. SERP itu fitur mesin pencari yang bisa menunjukkan kredibilitas sebuah website. Alasannya adalah algoritma dari mesin pencari hanya akan menomorsatukan sumber terbaik di halaman utama mereka. Artinya, jika website kalian ada di posisi teratas SERP, kredibilitasnya akan ikut terangkat dengan sendirinya.
  • Memberikan ruang untuk promosi. Para internet marketer sangat terbantu loh dengan adanya space iklan di halaman pencarian. Jadi, paid SERP adalah tool yang efektif agar bisa menampilkan website di depan target konsumen. 
  • Mendorong munculnya konten berkualitas. Fungsi SERP adalah membangun kompetisi agar semakin banyak konten berkualitas muncul. Pada akhirnya, baik mesin pencari dan user akan diuntungkan. Mesin pencari akan semakin dipercaya karena hasil yang akurat, user akan bahagia karena yang informasi yang diperoleh bisa diperoleh dengan mudah. 

Sudah Paham kan tentang Apa Itu SERP? 

Bisa disimpulkan bahwa SERP adalah halaman hasil pencarian yang memberikan informasi terbaik sesuai dengan keyword yang digunakan.

Nah, setiap mesin pencari memang akan memiliki ciri khas SERP mereka sendiri. Google SERP adalah halaman pencarian yang paling banyak dikunjungi dengan berbagai fitur unggulan. Mesin pencari lain seperti Bing juga tak kalah menarik dalam menampilkan informasi terbaik.

Selanjutnya, pastikan kalian bisa memanfaatkan berbagai fungsi yang disediakan untuk mendukung upaya SEO kalian. Jangan lupa juga performa website kalian juga harus baik dengan didukung oleh hosting yang berkualitas, yakni layanan terbaik dari Jetorbit.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Apa Itu SERP, Fitur, dan Fungsinya”

  1. […] adalah suatu strategi untuk mengelabui search engine dalam menentukan ranking di SERP. Dengan taktik tersebut, website dapat menampilkan konten berbeda dari yang terlihat oleh search […]

Leave a Comment