Pengertian Website Statis, Kelebihan, dan Waktu yang Tepat Menggunakan Website Statis

Nah, bagi yang penasaran pengertian website statis dan kelebihannya, yuk simak lebih lanjut Pengertian Website Statis, Kelebihan, dan Waktu yang Tepat Menggunakan Website Statis

Pengertian Website Statis

Website statis adalah jenis website yang menampilkan konten yang sama setiap kali diakses.

Contoh web statis umumnya bisa dilihat di:

  • Toko online kecil
  • Blog sederhana
  • Web portofolio
  • Profil perusahaan

Ciri website statis adalah biasanya web tidak memungkinkan interaksi dengan pengunjung, konten tidak berubah-ubah, hanya menggunakan HTML dan CSS, dan tidak menggunakan database.

Anyway, proses pengembangan website ini mudah kok dan butuh sedikit sumber daya server makanya cocok untuk membuat situs web sederhana. 

Kelebihan Website Statis 

Kelebihan dari website statis sehingga menjadi pilihan tepat adalah:

  • Halaman muat lebih cepat karena hanya membutuhkan file HTML sederhana dan tidak perlu memproses database atau scripting.
  • Keamanan lebih terjamin karena tidak memungkinkan akses langsung ke database.
  • Cara pengelolaan dan optimasi lebih mudah konten website disimpan dalam file HTML yang sudah jadi, sehingga tidak memerlukan database dan scripting yang rumit. 
  • Biaya lebih hemat apalagi dalam jangka panjang. Sebab, web statis tidak membutuhkan sumber daya server yang besar.

Kekurangan Website Statis

Website statis juga memiliki beberapa kelemahan, yakni sebagai berikut:

  • Tidak dapat menampilkan konten yang berubah secara dinamis.
  • Sulit untuk memperbarui konten secara berkala.
  • Tidak dapat menyediakan fitur interaktif seperti kolom komentar sehingga interaksi dengan pengunjung web terbatas.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Website Statis?

Jika kondisi berikut ini sesuai dengan kebutuhan kalian, bisa jadi website statis adalah solusi yang kalian butuhkan:

  • Kalian perlu website untuk menampilkan informasi singkat terkait profil perusahaan, kontak, produk, atau jenis layanan.
  • Kalian ingin mengadakan acara dan butuh tempat untuk menampilkan agenda hingga tempat penyelenggaraan event. Nah, kalian bisa nih membuat undangan digital dengan website statis.
  • Ingin meluncurkan produk atau layanan sesegera mungkin dan butuh media untuk menampilkan informasi produk.

Singkatnya, website statis cocok bagi yang butuh website sederhana dengan beberapa halaman web dan tidak butuh banyak interaksi serta anggarannya mungkin terbatas.

Perbedaan Web Statis dan Dinamis

Perbedaan website statis dengan website dinamis terletak pada pengelolaan konten website dan caranya ditampilkan.

Website statis menampilkan konten yang sama setiap kali diakses. Sedangkan website dinamis adalah website yang kontennya berubah-ubah sesuai interaksi pengguna dan informasi pada server.

Sebab, website statis menggunakan file HTML yang sudah jadi dan disimpan di server web. Nah, sedangkan website dinamis kan menggunakan CMS, database dan scripting untuk menghasilkan konten secara dinamis.

Website dinamis juga bisanya memanfaatkan cookie untuk menampilkan konten sesuai preferensi pengunjungnya. Makanya, konten yang dilihat pengunjung di website statis akan cenderung sama namun berbeda-beda di website dinamis.

Website statis biasanya tidak memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan konten dan melakukan perubahan seperti mengirim komentar atau memasukkan data pada formulir.

Contoh Website Statis 

Berikut ini beberapa contoh website statis yang dapat memberikan inspirasi bagi kalian.

1. Skyline Furniture

Skyline Furniture adalah perusahaan furnitur yang menjual mebel dengan desain buatan tangan.

pengertian website statis

Sebagai web statis, situs mereka difokuskan untuk menampilkan profil perusahaan, katalog produk, serta kontak yang dapat dihubungi.

Meski memasang gambar-gambar berkualitas tinggi, loading website ini tetap cepat. Nah, web statis adalah salah satu kuncinya. Sebab, konten seperti gambar dan teks telah disimpan di server web sebagai file HTML sehingga bisa langsung ditampilkan di browser. 

2. Ted Goas

Ted Goas adalah website milik seorang desainer web dan pengembang frontend. Dia juga membuat web portfolio miliknya menggunakan web statis.

Web portfolio milik Ted Goas ini punya tampilan yang minimalis serta fokus pada konten tanpa elemen visual yang berlebihan. 

Dengan menggunakan web statis, situs portfolio ini menjadi lebih cepat dan ringan sehingga mampu menampilkan konten secara efisien. 

3. HTML5UP

HTML5UP adalah website yang menyediakan koleksi template website gratis yang dikembangkan menggunakan HTML5 dan CSS3.

pengertian website statis

Oia, fokus website ini kan menyediakan template web yang bisa diunduh gratis makanya penggunaannya tak membutuhkan banyak interaksi atau elemen visual. Nah, web statis akhirnya jadi pilihan.

Manfaat lain web statis adalah proses maintenance website juga lebih mudah karena konfigurasi server tidak terlalu kompleks.

Jadi, Apakah Kalian Tertarik Menggunakan Website Statis?

Website statis adalah pilihan tepat untuk membuat halaman website sederhana. Sebab, pengembangannya mudah, tidak butuh sumber daya server besar.

Oia, meski web statis tidak butuh banyak sumber daya server, kualitas hosting andal tetap menjadi poin penting ya untuk membuat website yang bagus. Sebab, kualitas hosting juga akan mempengaruhi kecepatan website, uptime, dan keamanannya.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Pengertian Website Statis, Kelebihan, dan Waktu yang Tepat Menggunakan Website Statis”

    1. silvia Avatar

      tengkyu udah berkunjung ke blog kami 🙂

Leave a Comment