Apa Itu Chat GPT

Apakah kalian pernah menjajal chat GPT? Chat GPT adalah teknologi AI yang sempat menggemparkan media sosial karena kemampuannya yang mengejutkan. Makin ke sini, mulai banyak timbul keresahan apakah teknologi AI satu ini benar-benar mampu menggantikan manusia untuk mengisi peran-peran tertentu di dunia kerja. Apakah memang benar dapat membantu meningkatkan konten dan strategi SEO? Tak perlu pakai lama, simak sampai kelar Apa Itu Chat GPT? Manfaat Bagi Pakar SEO, Kelebihan dan Kekurangan, serta Pro dan Kontra Menggunakan AI untuk SEO

Apa Itu Open AI?

Open AI adalah perusahaan milik Sam Altman dan Elon Musk yang berdiri pada tahun 2015. Tujuannya tentu untuk menyediakan AI (artificial intelligence) yang memberikan banyak manfaat pada umat manusia.

Perusahaan tersebut berdiri atas keprihatinan foundernya terkait potensi AI yang membahayakan. Setelah itu, lahirlah Open AI 8 tahun silam.

Open AI merupakan perusahaan yang merilis ChatGPT ke publik sehingga kita semua bisa menggunakannya.

Apa Itu ChatGPT? 

ChatGPT adalah alat berbasis AI yang membantu membuat pembuatan konten lebih cepat, lebih mudah, dan lebih efisien. Hal tersebut menggunakan pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk menghasilkan konten yang dioptimalkan yang disesuaikan dengan kebutuhan situs web kalian.

Kalian dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk meneliti topik serta tugas pembuatan konten manual lainnya loh dengan menggunakan alat ini. Kalian juga dapat membuat konten yang lebih relevan, menarik, dan akurat dalam waktu yang lebih singkat.

Cara Menggunakan ChatGPT

Kalian tak perlu melakukan instalasi seperti halnya mendownload aplikasi. Kalian cukup mengunjungi websitenya lalu mengetikkan kata kunci yang diinginkan. 

apa itu chatgpt

Namun, ChatGPT mengharuskan kita melakukan registrasi sebelum memulai pencarian, ya. Caranya, kita bisa menggunakan opsi login mudah dengan Google account.

Setelah itu, masukkan nomor telepon. Pada tahap ini, kita akan mendapatkan kode konfirmasi yang harus diinput ke halaman berikutnya. Selanjutnya, fitur ChatGPT dari Open AI pun bisa dinikmati.

Cara SEO Profesional Memanfaatkan ChatGPT untuk Pekerjaannya

1. Membuat Konten

Pernah merasa kerepotan saat membuat konten? Terutama, jika sama sekali tidak memiliki staf penulis yang terampil.

Santuy, ChatGPT bisa membantu kalian, kok. Yups, bisa, tapi kalian mungkin harus menghindari menggunakannya untuk menulis halaman web dan posting blog, ya.

Pada tahun 2022, Advokat Penelusuran Google “John Mueller” mengatakan dengan tegas bahwa mesin pencari melihat konten yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan sebagai spam, yang mana melanggar pedoman perusahaan.

Saat ini, algoritme Google dapat mengidentifikasi dan menghukum konten yang dihasilkan AI bahkan yang menggunakan algoritme antideteksi.

Kalian harus selalu menggunakan pengawasan manusia saat bekerja dengan AI.

Tenang, semua orang dapat menggunakan ChatGPT dengan aman untuk membuat konten pda postingan media sosial, penawaran email, salinan halaman arahan untuk PPC, bahkan salinan iklan. 

FYI, selama kalian berhati-hati, ChatGPT dapat membantu kalian tetapi harus selalu hati-hati ya dalam memeriksa setiap konten yang dihasilkan karena mungkin berisi ketidakakuratan.

2. Riset dan Analisis Kata Kunci

Jika kalian beneran tidak mau ambil risiko hukuman ketahuan menggunakan ChatGPT untuk membuat konten, it’s okay. Hal itu tidak berarti tidak dapat memanfaatkan kekuatannya sebagai bagian dari strategi konten kalian.

ChatGPT membuat penelitian kata kunci praktis menjadi mudah.

Okay, yang perlu dilakukan adalah membuka chatbot dan mengetikkan beberapa kata kunci target kalian dan meminta yang terkait. ChatGPT akan mengeluarkan daftar kata kunci terkait berdasarkan pemahamannya tentang hasil pencarian.

Kalian juga dapat menggunakannya untuk menentukan persaingan untuk berbagai kata kunci.

3. Pengembangan Strategi Konten

Kalian dapat meminta ChatGPT untuk menguraikan strategi pemasaran konten untuk kalian, ya.

Meski tidak mengembalikan rencana terperinci, hasil itu memberikan serangkaian teknik tingkat tinggi untuk konten yang terkait dengan bidang tertentu.

Satu peringatan yang muncul dalam pikiran tentang penggunaan strategi konten yang dibuat oleh chatbot adalah kekhawatiran bahwa pesaing terdekat kalian mungkin melakukan hal yang sama. Jadi, kalian semua akan membuat postingan blog yang hampir identik dengan konten saingan kalian.

4. Pemahaman yang Lebih Baik dari Maksud Pencarian

FYI, satu-satunya potensi terkait SEO paling menarik yang disajikan oleh ChatGPT adalah kemampuannya untuk menelusuri kueri penelusuran melampaui kata-kata dari maksud penelusuran.

Ya, Google mencoba melakukan ini, and yess, telah meningkat secara dramatis selama umur mesin pencari tetapi Google = “menerima permintaan Anda dan mencoba menjawabnya.” Sedangkan ChatGPT = “menerima kueri Anda dan akan sering menyempurnakannya.”

Meski versi beta dari chatbot ini belum terhubung ke internet, tampaknya kemampuan pembelajaran ChatGPT akan memungkinkannya untuk mengembangkan pemahaman yang lebih besar secara eksponensial tentang apa yang dicari setiap pencarian, kadang bahkan memberi informasi yang tidak diketahui oleh pencari itu sendiri.

Sebagai seorang profesional SEO, kalian tak perlu diberitahu bahwa dengan membuat konten yang menjawab pertanyaan dengan lebih baik, akan menaikan peringkat di mesin pencari. ChatGPT dapat membantu kalian melakukannya.

5. Menghasilkan Judul SEO yang Baik

Kalian pasti setuju bahwa judul adalah salah satu hal yang paling sulit untuk ditulis, terutama untuk tujuan SEO. 

Okay, untuk membantu kalian, silakan minta ChatGPT untuk memberi daftar judul halaman, misalnya tentang Jualan Online, dan akan muncul dengan jawaban sepuluh pilihan, yang semuanya lebih menarik daripada kata yang dimulai dari “Cara”

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT

Oia, ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan ChatGPT berikut ini.

Kelebihan ChatGPT

Kalian mungkin sudah mengetahui bahwa chatbot yang satu ini memiliki kelebihan yang luar biasa, seperti:

1. Menghemat waktu

ChatGPT mampu memberi jawaban dalam waktu yang sangat singkat.

Saat menggunakan mesin pencari, kita harus berusaha sendiri untuk menemukan sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Belum lagi dibutuhkan waktu yang cukup banyak untuk membaca informasi dalam bentuk teks panjang.

Dengan chatbot ini, kita tak perlu lagi repot-repot melakukannya karena jawaban yang diberikan langsung berkaitan dengan inti topik.

2. Menyerupai hasil kerja manusia

ChatGPT adalah chatbot yang mampu memberi respon yang sangat mirip dengan hasil kerja manusia. 

Kalian bahkan dapat menambahkan bumbu-bumbu humor dan chatbot ini tetap bisa menanggapinya dengan baik.

Kekurangan ChatGPT

Oia, masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu kalian pertimbangkan juga.

1. Bisa memberikan jawaban yang salah

Tahukah kalian bahwa ChatGPT berisiko memberikan jawaban yang salah? Terlepas dari kecanggihannya, ChatGPT tidak memiliki sensor tentang kebenaran. Ia berbicara berdasarkan input yang diberikan ke dalam mesinnya sehingga kalian harus tetap skeptis dengan setiap jawabannya.

2. Membutuhkan pembaruan agar paham dengan isu terkini 

ChatGPT sangat mungkin tidak dapat memberi jawaban atas beberapa kueri yang belum di masukkan sebelumnya. Dalam hal ini, tentu ia akan berkata tidak tahu pada pertanyaan kalian.

3. ChatGPT tidak memahami realita

Kekurangan ChatGPT selanjutnya adalah tidak memahami realita. Saat mengetikkan cara memperbaiki mesin motor yang rusak, AI akan memberikan jawaban berdasarkan input. Namun, tidak berarti artificial intelligence ini benar-benar mengetahuinya. Hasilnya, mungkin saran yang muncul kurang kontekstual dengan kerusakan yang ada.

Manfaat Menggunakan ChatGPT untuk Riset Kata Kunci 

Menggunakan ChatGPT untuk riset kata kunci memiliki banyak manfaat, antara lain: 

  • Hasil Lebih Cepat – Dengan ChatGPT, penelitian kata kunci membutuhkan waktu lebih sedikit karena dengan cepat menemukan kata kunci terbaik berdasarkan permintaan pengguna. 
  • Hemat Biaya – Kalian tidak perlu membayar uang ekstra untuk penelitian kata kunci karena semua informasi diberikan secara gratis. 
  • Data yang Akurat – Karena ChatGPT menggunakan algoritme AI, ini memberikan data yang sangat akurat sehingga kalian tahu persis istilah apa yang sedang dicari.  
  • Mudah Digunakan – Berkat antarmuka intuitifnya, siapapun dapat menggunakan ChatGPT tanpa pengetahuan atau pengalaman sebelumnya dengan SEO atau alat penelitian kata kunci. 

Pro dan Kontra Menggunakan AI untuk SEO

Pro Menggunakan AI untuk SEO 

Salah satu keuntungan utama menggunakan kecerdasan buatan untuk SEO adalah kemampuannya mengotomatiskan tugas-tugas tertentu. Misalnya, AI dapat dengan cepat mengidentifikasi kata kunci dan frasa yang kemungkinan besar menghasilkan tingkat lalu lintas yang lebih tinggi di situs web kalian.

Dengan menggabungkan kumpulan data dari berbagai sumber, AI juga dapat memberikan wawasan tentang topik konten mana yang sedang tren di kalangan pengguna sehingga kalian dapat membuat konten yang selaras dengan audiens kalian. 

Hal ini memudahkan untuk memfokuskan upaya kalian pada area yang cenderung menghasilkan laba atas investasi (ROI) terbesar. Selain itu, solusi perangkat lunak berbasis AI, seperti Moz Pro dan Semrush menawarkan fitur pelaporan terperinci yang membuat metrik kinerja pelacakan lebih sederhana daripada sebelumnya. 

Keuntungan utama lain menggunakan kecerdasan buatan untuk SEO adalah kemampuannya membantu pemasar menghemat waktu dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang membosankan, seperti pembuatan tautan dan penelitian kata kunci. Artinya, lebih banyak waktu dapat dihabiskan untuk membuat konten berkualitas tinggi dan menemukan cara baru untuk terlibat dengan pengguna secara online.

Selain itu, sebagian besar alat yang diberdayakan oleh AI menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan data pengguna individu, yang mana memudahkan penargetan audiens tertentu dan membantu memastikan kampanye berhasil. 

Kontra Menggunakan AI untuk SEO 

Meski ada keuntungan menggunakan kecerdasan buatan untuk tujuan SEO, ada beberapa kelemahan potensial. Misalnya, beberapa ahli berpendapat bahwa terlalu mengandalkan proses otomatis dapat menyebabkan kurangnya kreativitas dalam pembuatan konten dan strategi pemasaran.

Selain itu, meski alat otomatis dapat menghasilkan wawasan dengan cepat dan akurat, alat tersebut perlu mendapatkan sentuhan manusia yang sering dibutuhkan saat mengembangkan kampanye yang berhasil atau membuat salinan yang menarik.

Kelemahan potensial lainnya adalah biaya, karena sebagian besar solusi bertenaga AI membutuhkan investasi di muka dalam bentuk waktu dan uang, usaha kecil mungkin merasa sulit atau tidak mungkin menerapkannya secara efektif tanpa mengorbankan area lain dari anggaran mereka. 

Simpulan 

ChatGPT adalah teknologi yang sangat keren dan semua tanda menunjukkan bahwa alat ini akan menjadi lebih baik dan berguna di masa depan.

Pada akhirnya, chatbot ini menunjukkan potensi untuk membuat optimasi mesin pencari lebih cepat dan lebih efisien.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.3 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

4 responses to “Apa Itu Chat GPT? Manfaat Bagi Pakar SEO, Kelebihan dan Kekurangan, serta Pro dan Kontra Menggunakan AI untuk SEO”

    1. silvia Avatar

      Thanks ya Kak sudah mampir di blog kami 🙂

  1. […] bookmarking adalah metode atau cara yang digunakan untuk menaikkan performa SEO dari sebuah website atau bisnis. Konsep ini hampir sama dengan sistem bookmark pada umumnya yang […]

  2. […] Halaman yang lebih pendek dibandingkan dengan yang lainnya, memiliki nilai yang lebih baik untuk SEO. […]

Leave a Comment