Apa Itu Protokol Jaringan Komunikasi?

Sharing is caring!

Pernah tahu kah seputar protokol jaringan komunikasi di dunia IT, Guys? Jadi, protokol di sini merupakan bagian penting dalam proses pertukaran informasi antar komputer yang memang mengatur proses pertukaran data antar komputer, Guys. Baiklah, baca sampai selesai yuk Apa Itu Protokol Jaringan Komunikasi?

Pengertian Protokol Jaringan

Protokol jaringan adalah sistem peraturan yang memungkinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua komputer atau lebih. Aturan ini tentunya harus dipenuhi oleh pengirim dan penerima agar komunikasi berlangsung dengan baik.

Teknologi protokol jaringan ini dapat diterapkan pada software, hardware atau kombinasi dari keduanya. Protokol sangat berhubungan dengan teknologi informasi dan tidak bisa lepas dari aktivitas di internet. Bisa dibilang, hampir semua komunikasi yang terjadi pada jaringan komputer pasti melibatkan protokol.

Fungsi Protokol Jaringan

Secara khusus, berikut ini merupakan fungsi-fungsi protokol:

Addressing

Header IP paket mengandung alamat yang memberikan identifikasi ke komputer pengirim dan penerima. Router menggunakan informasi ini untuk menuntun setiap paket melewati jaringan komunikasi dan menghubungkan antara komputer pengirim dan penerima.

Reassembly

Internet protokol berfungsi untuk memastikan pesan dipecah menjadi paket. Hal ini karena sebagian besar pesan terlalu besar untuk dimasukan ke dalam satu paket. Selain itu, paket juga tidak dikirimkan dalam urutan yang benar sehingga paket harus tersusun ulang saat tiba di penerima.

Timeouts

Setiap IP paket mengandung self-destructive counter yang membatasi umur dari paket. Apabila paket sudah kadaluarsa maka paket tentunya akan dihancurkan sehingga jaringan internet tidak mengalami overloaded dengan paket yang rusak.

Options

IP terdapat fitur tambahan yang mengizinkan komputer pengirim untuk memutuskan paket bagian mana yang didapatkan komputer penerima. Satu hal yang perlu diingat adalah perlunya ditambahkan keamanan pada paket untuk menemukan bagian yang diambil. 

Istilah Penting di Protokol Jaringan

Istilah-istilah yang harus diperhatikan saat berhubungan dengan protokol adalah sebagai berikut:

Syntax

Syntax merupakan format data atau struktur data yang sudah diubah bentuknya menjadi kode. 

Semantics

Digunakan untuk mengetahui maksud dari informasi yang dikirim dan mengoreksi kesalahan yang terjadi dari informasi tadi. Semantics bisa diartikan sebagai setiap section bit.

Timing

Digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data dan untuk mengetahui karakteristik data harus dikirim serta seberapa cepat data tersebut dikirim.

Jenis-Jenis Protokol Jaringan

Ada beberapa jenis protokol yang digunakan untuk berhubungan:

TCP/IP

Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) merupakan standar dari komunikasi data yang dipakai oleh komunitas internet. Standar ini mengatur dalam proses tukar-menukar data atau informasi dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet.

User Datagram Protokol (UDP)

User Datagram Protocol (UDP) adalah transport TCP/IP yang dapat mendukung komunikasi yang unreliable, tanpa adanya koneksi antar host di dalam suatu jaringan.

Domain Name System (DNS)

Domain Name Server (DNS) adalah distribute database yang dipakai dalam pencarian nama komputer di dalam jaringan menggunakan TCP/IP. DNS dapat bekerja pada jaringan dengan skala kecil sampai dengan global. 

HTTPS

HTTPS berasal dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang merupakan protokol untuk mengatur komunikasi antara client dan server. Sedangkan HTTPS merupakan versi aman dari HTTP biasa.

HTTPS merupakan kombinasi dari komunikasi HTTP biasa melalui Socket Secure Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS), bukan merupakan protokol yang berbeda. Sehingga, ada dua jenis lapisan enkripsi.

SSH (Secure Shell)

SSH adalah sebuah protokol jaringan yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antara dua komputer dengan aman, mulai dari mengirim file, mengendalikan pada jarak yg jauh, dan sebagainya. Dibandingkan dengan Telnet, protokol ini memiliki tingkat keamanan yang unggul.

Telnet (Telecommunication Network)

Telnet memiliki standardisasi sebagai IETF STD 8 yang merupakan standar internet pertama kali. Protokol ini berjalan pada koneksi Internet atau LAN. Namun, Telnet memiliki keterbatasan keamanan yang masih beresiko.

OSI Layer

OSI Layer merupakan standar komunikasi yang diterapkan untuk jaringan komputer. Standar ini digunakan untuk menentukan aturan sehingga seluruh alat komunikasi dapat saling terkoneksi melalui jaringan internet.

Guys, perkembangan dari berbagai macam sistem informasi dan komunikasi saat ini tidak lepas dari peran perkembangan standar protokol lho. Gimana, ada yang ingin ditanyakankah? Tulis saja ya di kolom komentar jika memang ada yang ingin disampaikan 🙂

Keep safe & healthy, Guys!

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Protokol Jaringan Komunikasi?
Artikel
Apa Itu Protokol Jaringan Komunikasi?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Pernah tahu kah seputar protokol jaringan komunikasi di dunia IT, Guys? Baiklah, baca sampai selesai yuk Apa Itu Protokol Jaringan Komunikasi?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment