Apa Itu Meta Business Suite

Bagi pebisnis ulung, keberadaan Meta Business Suite pastinya membawa dampak yang sangat positif. Kini ada inovasi terbaru yang lebih canggih. Penasaran? Ketahui selengkapnya yuk pada bahasan artikel tentang Apa Itu Meta Business Suite, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Apa Itu Meta Business Suite?

Nama aslinya dulu adalah Meta Business Suite. Namun, lebih sering dikenal orang dengan sebutan Facebook Business Suite. Platform satu ini merupakan sebuah media untuk proses manajemen media sosial dan iklan secara gratis.

Caranya sendiri cukup sederhana, yakni dengan memanfaatkan profil Facebook atau Instagram pengguna. Sehingga, pemilik akun dapat membuat konten, menyimpan momen, ataupun membagikan iklan secara gratis dan terang-terangan.

Sebelum dikenal sebagai Meta Business Suite, tadinya dikenal dengan istilah Meta Business Manager yang memiliki fungsi untuk mengundang orang, mengelola foto profil, hingga melacak data untuk kebutuhan iklan di sosial media. Hanya saja, kekurangan dari Business Manager ini adalah ketidakmampuannya dalam melakukan peninjauan lanjut terhadap wawasan tertentu. Selain itu, platform ini juga tidak memiliki kemampuan untuk mengakses kalender konten dan juga beralih akun secara otomatis. 

Sekarang ini, Meta Business Suite menjadi inovasi pembaruan dari teknologi sebelumnya. Meta Business Suite menjadi pelengkap yang menjawab seluruh kebutuhan bisnis dalam bidang marketing.

Fitur Meta Business Suite

Meta Business Suite mempunyai beberapa fitur menarik, antara lain:

  1. Messaging

Fitur pertama adalah pesan. Keberadaan dari media inbox ini untuk membantu penjual dan pengguna melakukan komunikasi dengan mudah. Meski begitu, Meta Business Suite juga melengkapi fasilitasnya dengan inbox terbaru yang dapat memudahkan pengelolaan pesan dari media sosial.

Hal ini tentu saja sangat mudah dan membuat tim perusahaan mampu menangani pesan dari audiens secara efisien.

  1. Pengelolaan Konten

Tentunya fitur yang paling disenangi oleh pelaku usaha adalah adanya pengelolaan konten. Melalui fitur ini, kalian sangat mungkin untuk melakukan penjadwalan, pengelolaan, hingga proses terbit yang mudah.

Keberadaan dari fitur ini paling cocok bagi perusahaan yang memiliki citra besar dan ingin menampilkan konten setiap hari.

  1. Kolaborasi

Ada juga fitur kolaborasi yang mana seluruh tim diperbolehkan untuk mengakses atau mengelola akun secara bersamaan. Hal tersebut tentu membuat kinerja bisnis dapat berjalan dengan optimal.

meta business suite

  1. Adanya Pengelolaan Campaign

Pengelolaan campaign iklan di Facebook dan Instagram juga bisa dilakukan melalui penggunaan Meta Business Suite. Proses ini memungkinkan pemakai untuk memantau campaign dan membuat anggaran secara tepat.

  1. Integrasi dengan Banyak Tools Facebook Lainnya

Fitur unggulan terakhir dari platform ini adalah kemampuannya dalam terintegrasi dengan fitur lain. Contohnya seperti Business Settings, Ads Manager, dan Commerce Manager untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Manfaat Meta Business Suite

Berikut ini beberapa detail manfaat yang bisa dirasakan oleh pebisnis utamanya dalam pemasaran, yaitu:

  1. Menjadi Media Promosi Bisnis yang Efektif

Keberadaan dari Meta Business Suite memberikan dampak sangat besar terutama marketing bisnis. Perusahaan dapat mengatur target penjualannya melalui iklan secara tepat kepada konsumen di Facebook maupun Instagram.

Oia, karena media sosial sebagai lahan berjualan yang efektif, pastikan kalian sudah menyiapkan semuanya secara detail, ya. Berikan link layanan peta digital agar konsumen lebih mudah menemukan lokasi usaha.

  1. Membangun Brand Awareness

Tujuan dari adanya iklan adalah untuk membangun brand awareness sebuah produk agar lebih cepat dikenal oleh konsumen dengan tingkat pemasaran yang luas.

Meta Business Suite bermanfaat dalam membangun brand awareness melalui sosial media karena jangkauannya cukup luas dengan menaungi 3 media besar, yaitu WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

  1. Meningkatkan Total Penjualan

Selanjutnya, manfaat lain yang bisa dirasakan sebagai pengguna platform adalah penjualan mengalami peningkatan signifikan. Nah, melalui platform Meta ini, semua penjual akan berinteraksi dengan konsumen dalam urusan jual-beli.

Apalagi ada layanan messenger yang memudahkan keduanya membangun komunikasi. Selain itu, dengan adanya layanan berbayar memungkinkan penjual untuk menjangkau pembeli secara luas di toko Instagram atau Facebook.

  1. Dapat Memonetisasi Konten di Facebook dan Instagram

Keberadaan dari media sosial tak hanya berfungsi sebagai iklan saja, melainkan juga sebagai bentuk penghiburan diri pemilik akun.

Konten yang berhasil dibuat dan konsisten menghasilkan video menarik bagi pengguna lain, ternyata kalian juga bisa melakukan monetisasi konten, loh. Kalian bisa mendapatkan gaji besar dari interaksi bersama penggemar di media sosial.

Cara Menggunakan Meta Business Suite

Sudah tahukah kalian bagaimana cara menggunakan Meta Business Suite yang tepat seperti apa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

  1. Buat Akun Terlebih Dahulu

Proses pertama adalah membuat akun terlebih dahulu. Pada halaman awal login Facebook klik ‘Buat Akun’. Selanjutnya, kalian bisa masuk menggunakan akun lama atau membuat akun baru di Facebook.

  1. Lengkapi Informasi Kontak

Lalu, kalian bisa mengisi secara lengkap informasi pribadi, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, alamat email bisnis, dan password.

Perlu diketahui bahwa informasi tersebut nantinya akan digunakan oleh Facebook untuk menyimpan data dan tidak dibagikan kepada pengguna lain.

  1. Pilih Akun Instagram atau Facebook

Setelah berhasil mengisi data diri secara lengkap, selanjutnya perlu memilih antara akun Instagram atau Facebook yang akan dihubungkan dengan Meta Business Suite. Jika sudah memutuskan, nantinya akun yang dipilih akan diubah menjadi akun business.

  1. Add Pengguna Lain ke Akun Bisnis

Kalian bisa memilih admin yang diinginkan lalu masukkan email yang bersangkutan. Setelah itu, atur agar setiap orang memiliki akses terbatas dan hanya admin yang memiliki akses penuh. Jika kalian mengelola akun secara pribadi maka tahap ini bisa dilewati saja.

  1. Lakukan Peninjauan Secara Berkala

Terakhir, lakukan konfirmasi secara tepat dan Facebook akan melanjutkan proses dengan membawa pengguna menuju dashboard dan fitur Meta Business Suite bisa segera digunakan. Jangan lupa lakukan peninjauan secara berkala, ya.

Okay, jadi itulah pembahasan lengkap terkait Meta Business Suite yang bisa membantu kalian dalam mengelola platform sosial media untuk kebutuhan bisnis.

Jadi, apakah kalian sudah mencobanya? 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment