Apa Itu Malware dan Cara Mengatasinya

Sharing is caring!

Beberapa dari kita pasti tidak asing lagi dengan istilah malware. Namun, apa sebenarnya malware itu? Apa itu malware dan cara mengatasinya akan kami ulas di artikel berikut ini.

Pengertian Malware

Malware (malicious software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem laptop. Malware dapat diartikan sebagai program jahat yang dirancang untuk merusak sebuah sistem.

Selain merusak, keberadaan malware juga mengakibatkan peretasan data secara ilegal. Malware terdiri dari virus, worm, trojan horse, rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Malware dapat menyebabkan kerusakan pada sistem laptop dan memungkinkan terjadi pencurian data atau informasi. Umumnya penyebab malware adalah mendownload software dari tempat ilegal yang disisipkan dengan malware. 

Cara Mengatasi Malware

Berikut ini adalah cara mengatasi malware yang bisa Anda lakukan sendiri di laptop Anda:

  • Hapus temporary file

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Biasanya saat kita menggunakan suatu software maka akan terbentuk banyak temporary file di laptop kita. Temporary file, termasuk cache dan cookies pada browser sering kali menjadi tempat bersarangnya malware. Semakin banyak temporary file akan mengakibatkan kinerja laptop menjadi lambat dan bisa berpotensi masuknya malware.

Untuk menghapus temporary file, Anda dapat menggunakan sofware tambahan, yaitu CCleaner yang dapat Anda download di internet.

Cara menghapus temporary file di windows, caranya buka RUN lalu ketik %temp% lalu hapus semua isi temporary file tersebut. Selanjutnya Anda hapus isi recycle bin dengan cara klik kanan pada icon recycle bin di desktop lalu pilih empty recycle bin.

Sedangkan untuk menghapus temporary files di browser Chrome caranya dengan membuka history lalu klik menu lalu pilih opsi hapus data penjelajahan. Centang semua opsi untuk menghapus semua data.

  • Hapus/ Reset System Restore

Windows juga memiliki fitur System Restore yang sebenarnya sangat berguna jika terjadi masalah pada sistem. Kita dapat mengembalikan sistem kembali seperti saat titik poin restore disimpan dengan fitur system restore ini. Sayangnya system restore juga sering dipakai sebagai tempat bersarangnya malware.

Untuk mereset system restore cukup mudah. Anda hanya perlu mematikan system restore kemudian mematikan laptop. Setelah itu hidupkan kembali sistem restore maka file system yang dulu tersimpan sudah dihapus dan diganti yang terbaru.

  • Scan Menyeluruh dengan Antivirus

Scan secara berkala untuk mendeteksi adanya malware di laptop Anda. Apabila anda memiliki antivirus maka lakukan scanning secara menyeluruh ke semua partisi hardisk pada laptop anda.

Pasang pula software anti malware dan lakukan scanning jika antivirus Anda tidak memiliki fitur anti malware. Segera karantina atau hapus malware yang terdeteksi.

  • Update Antivirus

Memiliki antivirus saja ternyata belum cukup. Anda juga harus rutin mengupdate antivirus ke versi terbaru agar kinerjanya lebih mutakhir. Fungsi update antivirus ini agar laptop Anda mengenali jika ada virus baru yang masuk.

  • Scan Melalui Save Mode

Jika scanning secara normal maka hasilnya kurang optimal. Lakukan scan melalui save mode. Saat save mode, windows akan berjalan dalam kondisi minimal. Hanya driver penting dan tertentu saja yang aktif dan software tambahan juga tidak aktif. Malware yang tidak bisa dihapus secara normal dapat menjadi tidak aktif pada save mode sehingga bisa dihapus.

  • Scan menggunakan Live CD

Ada beberapa malware yang tetap aktif meskipun windows dalam keadaan save mode. Untuk menghilangkannya, Anda dapat melakukan scanning melalui Live CD sehingga Anda melakukan scanning bahkan sebelum masuk windows atau pada saat booting. Seharusnya ini dapat mengatasi semua malware yang menyerang kecuali malware tersebut tidak terdeteksi sebagai malware.

  • Windows Defender

Windows defender merupakan program keamanan bawaan windows. Apabila Anda belum memiliki antivirus dan tidak dapat menginstall antivirus di laptop Anda yang telah terinfeksi malware maka Anda dapat menggunakan program ini untuk menghapus virus atau malware lain.

Anda bisa melakukan scanning secara normal saat laptop digunakan atau bisa melakukan secara offline. Menggunakan windows defender offline lebih direkomendasikan karena dengan cara ini, proses scanning akan dilakukan sebelum masuk windows (saat booting).

  • Hapus Program Tidak Dikenal atau Aneh

Periksa isi program file yang terinstall pada laptop Anda. Apabila menemukan program aneh yang tidak Anda kenal, segera hapus atau uninstall. Oleh karena itu, Anda harus tahu program apa saja yang Anda install agar tidak terjadi kesalahan uninstall.

  • Install Ulang Laptop

Cara terakhir namun ini cara paling ampuh untuk menghilangkan malware dari laptop Anda. Dengan catatan, partisi lain selain file system, harus segera Anda scan terlebih dahulu agar tidak kembali menginfeksi sistem laptop Anda. Namun tidak disarankan terlalu sering mengintall ulang OS karena akan memberi dampak tidak baik.

 

Selanjutnya, Anda juga perlu tahu terkait jenis virus komputer yang berbahaya. Langsung saja klik link berikut https://www.jetorbit.com/blog/mengenal-jenis-virus-komputer-berbahaya/

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi! 

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.5 / 5. Jumlah rate 2

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Malware dan Cara Mengatasinya
Artikel
Apa Itu Malware dan Cara Mengatasinya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Beberapa dari kita pasti tidak asing lagi dengan istilah malware. Apa itu malware dan cara mengatasinya akan kami ulas di artikel berikut ini.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment