Apa Itu Joomla? Definisi & Tutorial untuk Pemula

Sharing is caring!

Joomla! adalah content management system yang kuat yang digunakan oleh jutaan situs web di seluruh dunia. Joomla adalah open-source content management system yang memungkinkan Anda membangun situs web dan aplikasi online yang hebat. Yuk ketahui lebih lanjut artikel Apa Itu Joomla? Definisi & Tutorial untuk Pemula

Joomla ditulis dalam PHP untuk mengelola konten di web dan menggunakan database MySQL untuk menyimpan konten. Joomla! dirilis di bawah GNU General Public License.

Apa Itu Content Management System (CMS)?

Content management system (CMS) adalah perangkat lunak sistem komputer yang menangani setiap konten situs web yang tersedia, seperti teks, foto, musik, video, dokumen, dan lain-lain di situs web Anda.

Manfaat menggunakan CMS adalah siapapun yang tidak memiliki keterampilan teknis atau pengetahuan dapat dengan mudah mengelola situs web, seperti menerbitkan, mengedit, dan memodifikasi konten apapun di dalamnya kapan saja atau di mana saja.

Bagaimana cara kerja Joomla di situs web saat ini?

Beberapa contoh situs web yang menggunakan Joomla! di seluruh dunia untuk menjalankan situs web mereka dari berbagai fungsi dan ukuran:

  • Situs web atau portal perusahaan
  • Intranet dan ekstranet perusahaan
  • Majalah, surat kabar, dan publikasi online
  • E-commerce dan pemesanan online
  • Aplikasi pemerintah
  • Situs web bisnis kecil
  • Situs Web nirlaba dan organisasi
  • Portal berbasis komunitas
  • Situs sekolah
  • Beranda pribadi atau keluarga
  • dan masih banyak lagiā€¦

Fitur-Fitur Joomla

Di bawah ini adalah beberapa fitur utamanya:

  1. Multilingual

Menjadi multibahasa melayani tujuan semua orang. Jelas bagi mereka yang tidak mengerti bahasa Inggris, fitur ini terasa sangat membantu. Joomla mendukung 75 bahasa.

  1. Sifatnya Responsif

Memiliki situs web yang responsif adalah norma saat ini karena setiap orang berselancar di internet melalui smartphone. Oleh karena itu, diperlukan situs web yang berfungsi dengan baik pada perangkat apapun dengan ukuran berapa pun.

  1. Mudah Digunakan

Joomla adalah open source dan sepenuhnya gratis untuk digunakan. Akan tetapi, gratis bukan berarti tidak memiliki fitur. Bahkan interface yang sepenuhnya ramah pengguna akan memukau Anda dengan fitur WYSIWYG yang memberi Anda hasil yang persis sama.

Faktor lain yang membuat Anda merasa nyaman adalah pembaruan yang sering dilakukan. Joomla menghadirkan pembaruan baru dalam bentuk fitur dan fungsi baru karena dengan setiap pembaruan baru akan semakin mudah untuk bekerja.

  1. Keamanan

Keamanan adalah faktor penting untuk dipertimbangkan ketika Anda membuat situs web. Joomla memberi Anda dua faktor otentikasi untuk menghindari kemungkinan peretasan. Jadi situs Anda tidak akan diretas tetapi jika Anda meninggalkan nama pengguna dan kata sandi yang sangat umum dan seseorang masuk maka Anda dapat dengan mudah mengembalikan situs Joomla yang diretas.

  1. Forum Joomla

Siapapun dapat berkontribusi ke forum Joomla atas dasar sukarela. Joomla adalah open source project yang menyambut sukarelawan dan kontribusi mereka untuk itu. Di forum ini, Anda mengenal pengikut Joomla lainnya dan Anda dapat belajar sesuatu dari mereka.

Apabila Anda pernah menemukan masalah, kemungkinan seseorang telah mendiskusikannya di forum dan Anda dapat dengan mudah mendapatkan solusinya.

Apa yang Membuat Joomla Merupakan Pilihan yang Jelas?

Ada banyak alasan lain untuk memanfaatkan Joomla:

  • Anda akan mendapatkan situs web yang dioptimalkan SEO sepenuhnya dengan Joomla. Ada berbagai peretasan SEO Joomla yang dapat mengarah ke situs web yang sukses.
  • Lebih dari 8.000 ekstensi ada untuk membanjiri Anda dengan fungsionalitasnya.
  • User Management (ACL), di mana ACL berarti Access Control List yang membantu dalam mengelola pengguna situs Anda.
  • Anda dapat mendesain menu sebanyak yang Anda inginkan.
  • Mudah mempertahankan gambar.
  • Pengalihan URL cukup sederhana.
  • Menambahkan formulir kontak dengan mudah.
  • Dapatkan pembaruan dengan 1 klik.

Namun tetap memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai ekstensi dan plugin pihak ketiga lainnya. Ribuan ekstensi pihak ketiga yang diverifikasi untuk meningkatkan pengalaman web Anda hadir di Joomla Extensions Directory.

Di Mana Saya Bisa Mengunduh Joomla?

Anda dapat mengunduh Joomla! dari http://joomla.org (klik di sini)

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Joomla? Definisi & Tutorial untuk Pemula
Artikel
Apa Itu Joomla? Definisi & Tutorial untuk Pemula
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Joomla! adalah content management system yang kuat yang digunakan oleh jutaan situs web. Yuk baca Apa Itu Joomla? Definisi & Tutorial untuk Pemula
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Apa Itu Joomla? Definisi & Tutorial untuk Pemula”

Leave a Comment