Apa Itu Interface, Jenis, dan Contohnya

Alat digital pun semakin jauh perkembangannya seiring dengan perkembangan zaman. Anyway, perkembangan tak hanya dari segi desain saja yang diperbagus namun interface juga dibuat semumpuni mungkin. Sebab, interface adalah garda terdepan untuk sebuah alat digital karena sudah selayaknya desain yang dibuat harus semenarik mungkin. Langsung simak yuk Apa Itu Interface, Jenis, dan Contohnya

Apa Itu Interface?

Secara singkat, interface adalah program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkatnya secara langsung atau melalui jaringan. 

Interface juga dapat merujuk pada kontrol yang digunakan dalam program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan program tertentu. 

Salah satu contoh interface terbaik saat ini adalah GUI (Graphical User Interface). Jenis interface ini banyak digunakan untuk menavigasi komputer hingga bagaimana kalian sampai ke halaman ini. 

Secara umum, interface merupakan perangkat atau sistem yang digunakan entitas yang tidak terkait langsung untuk dapat berinteraksi.

Jenis Interface 

Interface sendiri dapat dibagi ke dalam dua kategori umum, yaitu interface dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak. 

Perangkat Lunak 

Pada perangkat lunak, interface merujuk pada kontrol dalam suatu program yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan program tersebut.

Perangkat Keras 

Pada jenis kedua ini, contoh interface adalah perangkat fisik, port, atau koneksi yang berinteraksi dengan komputer atau perangkat keras lain. 

Misalnya, IDE dan SATA adalah interface disk drive untuk hard drive komputer dan ATAPI merupakan interface untuk drive CD-ROM.

Contoh Interface

Contoh sederhana dari antarmuka atau interface terletak di sebuah smartphone. Di mana ada halaman utama yang biasanya berisi menu itulah merupakan user interface. Eitspss, ternyata masih ada banyak contoh interface yang patut untuk kalian ketahui. 

1. Graphical User Interface

Pertama, ada Graphical User Interface yang bersifat lebih sederhana dengan mengandalkan gambar sebagai petunjuknya. Biasanya, gambar-gambar tersebut akan dipilih sebagai bentuk perintah yang berasal dari pengguna pada sistem operasi. Dalam memilih gambar tersebut biasanya memakai pointer, seperti mouse atau dipencet langsung layaknya sistem touch screen. Konsep seperti ini disingkat dengan WIMP.

2. Command Line Interface

Contoh selanjutnya adalah command line yang merupakan perintah dari penggunanya memakai sistem text terminal. Biasanya, para pengguna akan mengetikkan baris tertentu yang berisi perintah untuk menjalankan program pada sistem operasi.

Sedangkan CLI (Command Line Interface) adalah antarmuka yang mana paling banyak dipakai dalam alat digital. Namun, biasanya pengguna akan memakai kode berbeda-beda.

3. Interface Tulisan

Berikutnya ada interface yang berbentuk perintah memakai tulisan. Umumnya, interface jenis ini dipakai dalam alat yang mempunyai tugas dan fungsi relative sederhana. Biasanya, dengan tulisan tersebut memungkinkan pengguna membuat suatu pilihan yang ada di dalam sistem operasinya. Meski demikian, tak jarang interface jenis ini dipakai untuk alat komunikasi yang cenderung lebih rumit.

4. Dalam Bentuk Pilihan menu

Berikutnya adalah salah satu contoh interface paling mudah ditemukan. Dalam hal ini, biasanya para pengguna akan memilih menu yang diinginkan agar bisa menjalankan sebuah proses. Adapun sistem output dan input interface juga dapat dilihat dalam proses tersebut, yang mana salah satu contoh dari interface adalah install dan uninstall suatu aplikasi.

5. Perintah Suara

Selanjutnya ada interface paling viral tak hanya karena kemudahannya namun lantaran sering terjadi kesalahpahaman. Sebab, biasanya seseorang akan menyebut hal yang ingin dilakukan lalu sistem operasi yang mendengarkannya menangkap hal tersebut sebagai suatu perintah.

Trus, sistem operasi akan mengeluarkan sesuatu kepada penggunanya sesuai dengan keinginan yang sudah disebutkan sebelumnya.

6. Tempat Interaksi Secara Langsung

Daftar berikutnya dalam contoh interface adalah tempat berlangsungnya suatu interaksi yang bersifat real time. Contohnya ketika seseorang  memilih menu untuk memutar lagi maka nantinya menjadi perintah bagi sistem operasi. Selanjutnya, sistem operasi akan memutar lagu tersebut sebagai bentuk penyelesaian dari yang diperintahkan sebelumnya.

7. Pengisian Form

Rupanya pengisian sebuah formulir atau form menjadi salah satu contoh dari interface. Umumnya, formulir yang dipakai sebagai contoh yaitu beberapa formulir di dalam website atau blog. Bisa pula formulir yang disediakan oleh suatu sistem operasi tersebut agar bisa penggunanya isi. Sehingga, tak ada yang menyangka bahwa hal seperti itu adalah contoh dari interface.

8. Memakai Perintah Tertulis

Berikutnya ada interface yang kelihatannya hampir serupa dengan interface sebelumnya tetapi ternyata berbeda. Interface ini biasanya mengharuskan pengguna untuk menuliskan sesuatu sebagai bentuk penyelesaian masalah. Contohnya saat menulis menggunakan email sebab email mengharuskan penggunanya untuk menulis.

Simpulan 

Okay, dapat disimpulkan bahwa interface dapat diartikan sebagai tampilan atau antarmuka. Tujuannya agar pengguna dapat berinteraksi atau menggunakan perangkatnya digital secara langsung maupun melalui jaringan.

Dalam hal tampilan atau antarmuka, interface dirancang untuk memberikan informasi kepada pengguna sesuai yang dibutuhkan.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment