Definisi Malicious, Kondisi Dianggap sebagai Malicious, dan Cara Menghindari File Malicious

Kalian menyadari sesuatu kah bahwa celah kerentanan digital banyak diabaikan oleh sebagian masyarakat? Nah, salah satunya adalah saat terdapat file malicious yang masuk ke suatu perangkat. Bentar deh, ada yang belum pernah mendengar sama sekali istilah file malicious? Kalau begitu, ini kesempatan bagus bagi kalian untuk mengetahui secara detail mengenai Definisi Malicious, Kondisi Dianggap sebagai Malicious, dan Cara Menghindari File Malicious. Simak sampai kelar, ya.

Definisi Malicious 

Pada konteks keamanan digital, seringkali hal-hal yang memiliki penambahan kata “malicious” memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi dan dampaknya juga akan mudah menyebar dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Contohnya seperti file-file malicious artinya berkas-berkas yang berbentuk dokumen ataupun aplikasi, pada konteks ini malicious artinya software berbahaya yang dirancang untuk merusak, mengakses, atau menghancurkan sistem atau data komputer tanpa izin atau sepengetahuan pemiliknya. 

Dalam praktiknya, file malicious adalah file yang harus dihindari dan dicegah sebelum masuk ke perangkat-perangkat digital.

File malicious biasanya dapat masuk melalui media manapun, mulai dari sosial media, website, bahkan orang yang tidak kenal juga sewaktu-waktu bisa mengirimkan file malicious yang berbahaya ini

Kondisi-kondisi yang Bisa Dianggap Malicious

Lalu, apa saja file yang berpotensi menjadi file malicious? Berikut ini contoh file malicious yang harus kalian ketahui!

File Aplikasi yang Tidak Resmi

Saat ingin mengunduh sebuah aplikasi, pastikan kalian mengunduh di tempat yang resmi, seperti Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna Apple.

Seringnya beberapa orang memilih untuk mengunduh aplikasi melalui tautan tidak resmi yang menawarkan aplikasi premium yang seharusnya berbayar justru menjadi gratis.

File Eksekusi (.exe)

Biasanya, file ini ditemukan di perangkat keras laptop atau PC. File ini biasanya didapatkan saat ingin mengunduh sebuah software dari sebuah situs untuk menghindari file eksekusi yang berbahaya, pastikan mengunduh software dari situs resmi yang mengeluarkannya, hindari situs yang menawarkan aplikasi premium bajakan yang berisi iklan-iklan tersebut, ya.

Script File 

Script file adalah sebuah dokumen yang berisi baris kode yang dapat langsung dieksekusi untuk mendapatkan sebuah tujuan dari pembuat script file.

Seringnya script file ini bisa menjebak seseorang saat mengunduh sebuah file. Script file bisa dibilang malicious karena seseorang yang akan menerimanya tidak mengetahui tujuan dari dokumen tersebut. Jika script file tersebut dieksekusi maka terdapat banyak kemungkinan bahwa dokumen tersebut bisa memasuki perangkat kalian dan mengambil data-data pribadi yang dimiliki.

Shortcut File

Shortcut file adalah jenis dokumen yang menyimpan tautan atau pintasan menuju suatu program atau lokasi di sistem file.

Jenis dokumen ini dapat dikatakan contoh malicious file karena terkadang nama dokumen dari shortcut file ini dapat diubah-ubah untuk menipu korban agar diarahkan ke software atau aplikasi yang berbahaya.

Archives File

Archives file adalah file yang berfungsi sebagai wadah atau kumpulan untuk menyimpan satu atau lebih file atau folder ke dalam format terkompresi. Archives file bisa dikategorikan malicious saat kalian tidak memahami asal usul file tersebut atau mengunduh dari tautan yang tidak resmi.

Jika archives file sudah dikompresi di perangkat kalian maka file tersebut akan lebih mudah menyebar dan dapat merusak beberapa data-data pribadi kalian.

Cara Menghindari File Malicious

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menghindari file malicious:

Download Software dari Tautan Resmi

Pertama, pastikan mengunduh apapun melalui situs yang resmi, ya. Resmi di sini adalah situs yang menggunakan domain tepercaya, seperti .com, .id, dan sebagainya.

Biasanya, sebuah produk software memiliki situs resmi yang dapat diakses pada baris pertama pencarian. Dengan mengunduh dari situs resmi maka akan terhindarkan dari file malicious.

Jangan Mudah Mengunduh Dokumen dari Orang Tidak Dikenal

Kedua, jangan mudah mengunduh dokumen yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal, ya.

Saat ini marak terjadi pengiriman dokumen namun di dalamnya berbentuk aplikasi maupun file dengan ekstensi .exe. Hal ini harus dihindari dengan cara tidak melakukan auto download atau tidak membuka dokumen yang dikirimkan oleh orang yang belum pernah dikenal.

File malicious tersebut berpotensi dapat mencuri data pribadi yang ada di perangkat, loh.

Aktifkan Antivirus

Ketiga, aktifkan antivirus, firewall, dan software pengamanan apapun agar dapat memperkecil potensi suatu perangkat terserang file malicious. Sebab, antivirus akan membantu perangkat kalian memindai apakah ada dokumen yang berpotensi mengancam bagi keamanan data pribadi kalian.

Perhatikan Alamat URL

Keempat, perhatikan alamat URL tautan yang akan dibuka, ya. Untuk menghindari terjadinya dokumen tidak dikenal yang masuk pada perangkat kalian, sebaiknya memulai dari menghindari tautan yang tidak dikenal atau menggunakan huruf acak dan tidak bisa dibaca. 

Oia, waspadai link tautan yang dikirimkan oleh seseorang karena tautan tersebut bisa berpotensi untuk memberi instruksi ke kalian dalam mengunduh sebuah dokumen.

Aktifkan Filter Spam pada Email

Kelima, kalian bisa mulai mengaktifkan filter spam pada email. Seringnya orang yang tidak bertanggung jawab memilih email sebagai media untuk menyebarkan dokumen yang berbahaya. Nah, kalian dapat mencegahnya dengan mengaktifkan filter spam agar tidak perlu lagi membuka email dari orang yang tidak dikenal. Hal ini akan memperkecil kemungkinan file malicious akan masuk ke perangkat kalian.

Yuk Hindari Hal-hal Berbau Malicious Mulai Sekarang, Jangan Sampai Terlambat!

Jangan lupa ya, perhatikan tautan kalian mengunduh file, jangan pernah mengunduh dokumen dari orang yang tidak dikenal, dan sebagainya.

Oia, jika kalian ingin membuat situs resmi tepercaya, kalian bisa gunakan layanan hosting murah dengan menggunakan domain premium dari Jetorbit. Jangan lupa ya untuk optimasi performa website. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan layanan website berkualitas, mulai dari domain, hosting, dan layanan pendukung lainnya. Nah, untuk mendapatkan itu semua, silakan berkunjung ke Jetorbit untuk mencari sesuai kebutuhan kalian.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment