Apa Itu Google Keyword Planner

Sharing is caring!

Google memiliki dua tools yang dapat membantu Anda untuk melakukan keyword research, yaitu Google Keyword Planner dan Google Trends. Di artikel ini, kami akan membahas apa itu Google Keyword Planner dan bagaimana menggunakan tool tersebut untuk membantu proses keyword research Anda. Cari tahu yuk sampai selesai.

Apa itu Google Keyword Planner?

Google Keyword Planner adalah sebuah produk Google yang dapat dimanfaatkan untuk memberi tahu Anda terkait estimasi traffic untuk target keywords yang ingin Anda gunakan. Selain itu, Google Keyword Planner juga dapat membantu Anda mencari keyword yang relevan dan berhubungan dengan niche Anda.

Apa Manfaat Google Keyword Planner?

Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk menyelesaikan hal-hal berikut ini:

  • Meneliti kaca kunci. Butuh bantuan untuk menemukan kata kunci yang akan ditambahkan ke campaign baru? Atau Anda ingin menemukan kata kunci tambahan untuk ditambahkan ke campaign yang ada? Anda dapat menelusuri kata kunci berdasarkan istilah yang relevan dengan produk, situs atau landing page Anda.
  • Mendapatkan statistik historis dan perkiraan traffic. Gunakan statistik seperti volume penelusuran untuk membantu Anda menentukan kata kunci yang akan digunakan untuk campaign baru atau yang sudah ada, seperti prediksi klik dan estimasi konversi.

Penting untuk diingat bahwa meskipun Keyword Planner dapat memberikan beberapa ide terkait kata kunci dan perkiraan traffic yang bagus, kinerja campaign bergantung pada berbagai faktor. Misalnya, anggaran, produk, perilaku pelanggan dalam industri, dan sebagainya.

Apa Yang Ditampilkan oleh Google Keyword Planner?

Ada beberapa hal yang ditampilkan oelh Google Keyword Planner, yaitu:

  • Saran Kata Kunci Yang Relevan

Google menyarankan kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang kita cari sehingga akan menambah banyak informasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Penelusuran Bulanan rata-rata

Google menampilkan volume pencarian bulanan untuk kata kunci tersebut. Contohnya adalah saran untuk blog pemula dapat mencari trafik dengan volume rata-rata di atas 1000.

  • Persaingan

Google memberikan informasi mengenai persaingan kata kunci. Ada beberapa tingkatan persaingan, yaitu sebagai berikut:

  1. High (persaingan tinggi, banyak kompetitor yang menggunakan kata kunci serupa)
  2. Medium (tingkat persaingan sedang)
  3. Low (tingkat persaingan rendah)

 

  • Tawaran yang disarankan (BID) 

Merupakan bagian yang mana Anda dapat menggunakan BID minimal untuk budget iklan Anda di Google Adwords dan beberapa Fitur lainnya.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

3 thoughts on “Apa Itu Google Keyword Planner”

Leave a Comment