apa itu domain premium

Siapa nih yang udah mengincar domain premium atau bahkan sudah menggunakannya? Tentu menjadi incaran karena dianggap unik dan memiliki nilai tinggi. Harganya bisa jadi cukup tinggi. Bagi yang belum tahu mengenai domain premium, kalian wajib simak sampai selesai Apa Itu Domain Premium, Ciri, dan Kelebihannya

Apa Itu Domain Premium?

Domain premium adalah domain yang harganya lebih tinggi daripada domain biasa karena dianggap memiliki nilai tinggi (high value). 

Bisa disebut sebagai premium ketika namanya banyak diinginkan oleh calon pembeli. Keistimewaannya adalah bisa karena namanya sangat singkat atau mengandung kata kunci populer. Contohnya adalah fb.com dan we.com.

Harganya memang tinggi dan hanya berlaku saat pembelian di awal. Saat kalian akan memperpanjang masa aktif domain, harganya akan kembali normal sesuai dengan harga ekstensi domain yang digunakan.

Trus beda antara domain premium dengan domain gratisan, apa nih?

Selain dari segi harga, biasanya domain gratisan memiliki pilihan top level domain (TLD) yang terbatas dan kurang dikenal pengunjung. Bahkan, seringkali hanya bisa memilih domain yang khusus diperuntukkan di negara tertentu (ccTLD), seperti .gq, .tk, .ml, .cf.

Yang perlu diperhatikan adalah domain gratisan seperti ini sering dianggap sebagai domain spam. Jadi, kurang ideal digunakan untuk mendukung kredibilitas online kalian menggunakan website. 

apa itu domain premium

Ciri-Ciri Domain Premium

Berikut adalah ciri-ciri yang membedakan domain premium dengan domain biasa:

1. Menggunakan TLD Tepercaya

Domain ini umumnya menggunakan TLD populer seperti .com karena mudah diingat pengguna internet. Contohnya adalah domain book.com yang dimiliki oleh toko buku online bernama Barnes & Noble.

ciri domain premium

Namun, tidak menutup kemungkinan domain premium bisa menggunakan ekstensi domain lain selain .com. 

Misalnya, jika pembeli ingin menarget pengunjung dari negara tertentu maka domain ini dapat menggunakan ccTLD. Sebagai contoh, domain amazon.sg yaitu perusahaan ecommerce yang menargetkan pengunjung dari Singapura.

ciri domain premium

2. Nama Domain Singkat

Biasanya, domain jenis ini memiliki nama domain yang singkat bahkan bisa memiliki nama domain yang terdiri dari 2-4 huruf saja.

Sebagai contoh, domain fb.com yang dibeli oleh Facebook seharga USD 8,5 miliar. Harga itu dibayar untuk mendapatkan domain lebih singkat yang dibutuhkan untuk mengembangkan fitur email publik Facebook menggunakan alamat email @fb.com. 

3. Mengandung Kata Kunci Populer

Nama domain yang lebih panjang bisa saja memiliki nilai yang tinggi. Umumnya, domain jenis ini menyertakan kata kunci yang populer.

Contohnya, Together Health mengakuisisi healthinsurance.com dengan membayar sejumlah 120 miliar Rupiah. Meski terdiri dari 14 huruf, nama ini termasuk premium karena volume pencarian “health insurance” di Google yang tinggi.  

domain premium

Kelebihan Domain Premium

Berikut ini kelebihan domain premium yang sering diperebutkan banyak orang:

1. Mudah Diingat

Umumnya, domain ini lebih mudah untuk diingat pengunjung sebab kebanyakan domain ini hanya terdiri dari 2-4 huruf saja. 

Kalaupun ada domain yang lebih dari 4 huruf, nama domain ini umumnya mudah dieja atau menggambarkan sebuah topik tertentu yang banyak dicari lewat Google.

2. Memperoleh Customer Trust

Apa kesan pertama saat melihat nama domain seperti jualsepatulari.tk? Kalian tentu akan merasa asing dan kurang yakin. 

Berbeda jika kalian menemukan website dengan nama domain runningshoes.com. Why? Karena selain ekstensi domain sudah dikenal, nama domain juga mewakili topik yang umum di masyarakat.

Tak heran domain ini memiliki peluang lebih tinggi dalam memperoleh kepercayaan audiens dibanding domain pada umumnya bahkan domain gratis.

3. Meningkatkan Kredibilitas

Disebut premium kemungkinannya karena kualitasnya secara SEO. Misalnya, domain tersebut memiliki nilai spam yang baik sehingga mendapatkan Trust Rank yang tinggi di Google. 

Kalian sudah tahu kan bahwa memiliki skor Trust Rank yang tinggi akan menguntungkan bagi website kalian karena bisa meraih peringkat teratas SERP.

4. Peluang Investasi Digital

Domain jenis ini bisa dijadikan sebagai investasi bagi kalangan pebisnis, loh. Sebabnya adalah domain yang berkualitas harganya akan terus naik selama permintaannya di pasar masih tinggi.

Contohnya nih, domain business.com yang awalnya seharga 111 miliar Rupiah, 8 tahun kemudian harganya melonjak hingga mencapai 5,2 triliun Rupiah.

Jadi, jika banyak orang yang rela merogoh kocek demi mendapatkan keuntungan dari menjual kembali domain yang termasuk premium, itu bukan sesuatu yang mengherankan.

Okay, sekarang kalian sudah tahu kan mengenai apa itu premium domain, ciri-ciri, dan kelebihannya. Kalian bisa membeli domain premium untuk kebutuhan website atau menjadikannya sebagai peluang investasi.

Tunggu apa lagi, yuk investasikan peluang kalian!

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2022 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website kalian bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website kalian agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website kalian. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment