17 Taktik untuk Membuat Konten yang Menarik dan Ramah SEO

17 Taktik untuk Membuat Konten yang Menarik dan Ramah SEO

Guys, pelajari bersama yuk cara membuat konten menarik yang akan disukai audiens kalian. Pasti kalian ingin dong ya, konten yang kalian buat sampai berlelah-lelah ria bisa disukai bahkan dishare oleh audiens kalian? Okay, tak perlu lama-lama lagi, simak sampai selesai ya artikel 17 Taktik untuk Membuat Konten yang Menarik dan Ramah SEO

Mengapa Konten Ramah SEO Penting?

Kami terus menekankan pentingnya mempekerjakan copywriter yang handal.

Okay, simak baik-baik poin berikut ini:

  1. Permintaan pencarian dimasukkan ke dalam mesin pencari dengan berbagai keyword.
  2. Konten berperingkat tinggi untuk permintaan pencarian dan keyword melalui SEO yang kuat.
  3. Judul menarik minat; deskripsi meta dibangun di atas minat ini.
  4. Konten melibatkan penonton.

Setelah pelanggan/klien/pembaca ini terpapar konten yang menarik secara konsisten, mereka menjadi setia pada merek kalian. 

17 Taktik untuk Membuat Konten yang Menarik dan Ramah SEO

Sekarang, mari kita simak 17 taktik penting berikut ini yang diurutkan secara kronologis untuk memberikan dampak maksimal.

Riset Keyword

Seperti yang kita ketahui tentang riset keyword, untuk beberapa alasan nih, ternyata banyak konten terus dibuat tanpa riset keyword yang tepat.

Dengan riset yang tepat, kalian akan tahu jenis volume keyword serta tren apa yang ada di luar sana dan kalian dapat mengoptimalkan posting atau halaman kalian untuk memanfaatkan riset tersebut.

Halaman layanan/produk/kategori utama, terutama yang bagian “induk”, dapat mengejar keyword dengan volume yang lebih tinggi.

Sedangkan semua halaman “anak/cabang” yang lebih rendah lainnya, terutama artikel blog, dapat mengejar keyword bervolume rendah, long-tail,  yang biasanya tidak ada habisnya di industri apapun.

Daftar Keyword Terkait

Selama riset keyword kalian, kalian juga akan menemukan keyword terkait. Ketika hal ini diterapkan dengan benar maka menunjukkan relevansi konten dengan keyword target dan tema.

Silakan luangkan waktu untuk membuat daftar keyword terkait ini. Hal ini akan sangat penting untuk keseluruhan strategi kalian.

Tag Judul yang Menarik dan Dioptimalkan Menggantikan Semuanya

Kalian dapat memiliki konten terbaik di dunia tapi jika tag judul tidak menarik, tidak banyak orang yang akan menyadarinya, kan.

Pertama, coba gunakan keyword target sedekat mungkin dengan permulaan dan pertahankan judul tersebut sekitar 60 karakter.

Selanjutnya, judul harus melakukan salah satu atau semua hal berikut ini:

  • Jelaskan bagaimana melakukan sesuatu.
  • Membangun kredibilitas.
  • Ciptakan rasa ingin tahu.
  • Manfaat dari produk/layanan/judul berita.
  • Libatkan percakapan di dalam kepala pembaca.
  • Jelaskan gagasan tentang “MENGAPA” mesti merek kalian.

Selain itu, ada dua hal yang secara statistik dikatakan menarik perhatian dari sudut pandang psikologis:

  • Tanda kurung.
  • Angka ganjil.

Berusahalah untuk membuat tag judul yang mendorong klik. Selain itu, pengujian A/B dari beberapa tag judul akan menghasilkan hasil yang jauh lebih tinggi.

Sekarang Lupakan Riset keyword

Sekarang setelah riset keyword selesai dan kalian telah membuat judul, saatnya untuk fokus membuat konten.

Singkirkan SEO dari pikiran kalian. Fokuslah pada pembuatan konten itu sendiri.

Catat secara mental keyword terkait dan yang paling penting adalah tema judul kalian lalu bersihkan juga pikiran kalian dari semua pemikiran tentang SEO. Fokus saja pada tulisan kalian untuk saat ini.

Pertimbangkan Niat Pencari Kalian

Maksud pencarian sebenarnya juga mewakili apa yang coba dicapai oleh pencari melalui kueri, lho.

Maksud pengguna biasanya mendarat di tiga hal:

  • Transaksional: pengguna mencari tindakan tertentu seperti mendapatkan layanan atau membeli produk. Ini adalah konten yang pendek dan tajam karena pengguna siap beraksi.
  • Informasional: pertanyaan ini ditujukan untuk mereka yang perlu belajar. Di sinilah kami berpendapat bahwa sebagian besar pendapatan organik dimulai. Tidak seperti konten transaksional, jenis niat ini membutuhkan konten dengan bentuk yang lebih panjang yang mendorong kebutuhan pembelajaran prospek dan membawanya ke sales funnel kalian.
  • Navigasi: pengguna mencari website atau lokasi tertentu, seperti mencari nama merek seperti Ducati. Kalian seharusnya tidak menemukan Harley-Davidson dalam hasil penelusuran organik untuk kueri ini meski kalian mungkin dapat menawar istilah ini dalam iklan berbayar.

Optimalkan untuk long-tail keyword dan puaskan niat si pencari terlebih dahulu sebelum berpikir untuk mengejar keyword bervolume tinggi.

Eits, jangan menghindar dari keyword dengan volume pencarian nol. Cari mereka di Google.

Ada juga peluang untuk membuat kueri penelusuran “Blue Ocean” kalian sendiri. Dalam bisnis, sebaiknya hindari fokus pada “red ocean” tempat semua pesaing berada.

Sebaliknya, ciptakan “blue ocean” kalian sendiri yang mana kalian adalah pemimpin pasar di niche super kalian.

Sekarang, Tulislah

Mulailah menulis draft pertama dengan satu misi: menjelaskan topik kepada pembaca dalam bentuk yang paling sederhana.

Cara tercepat untuk mencapai kesederhanaan adalah memulai dengan garis besar sederhana.

Buatlah konsep pemikiran yang paling penting dan buat subjudul kalian (jika menggunakan angka, jangan masukkan dulu). Semua pemikiran kemungkinan akan berubah tetapi untuk saat ini, turunkan saja ide-ide utama yang mendukung judul keseluruhan.

Jangan khawatir tentang poin kecerobohan atau mengoreksi fakta. Tetaplah kalem dan tetap bertukar pikiran di layar atau kalian bisa memulai dengan tulisan tangan. Tulisan tangan mungkin terdengar seperti proses kuno tetapi bagi sebagian orang, proses ini ternyata berhasil.

Ingat, bahkan pada fase draft pertama, cobalah untuk tidak menulis dalam paragraf yang panjang dan padat. Hal ini akan membantu menghemat waktu dalam revisi mendatang.

Cara Bertarung Melalui Writer’s Block

Ini bukan blok penulis; ini adalah proses secara pribadi untuk memaksa kreativitas.

Mulailah dengan menulis kata-kata. Hanya proses fisik menulis yang bisa membuat pikiran mengalir. Setuju, kan?

Beberapa tips untuk memulai tindakan menulis adalah:

  • Tulis ulang judul dalam bentuk paragraf.
  • Tulis beberapa struktur URL.
  • Ketik ulang daftar keyword terkait.
  • Pikirkan poin-poin penting tentang apa yang ingin kalian katakan kepada seseorang seolah-olah sedang berbicara dengan mereka.

Waktu untuk Organisasi

Apakah kalian memiliki 1.000 kata, 100 bullet points, atau 10 subjudul? Okay, inilah saatnya untuk mengatur tulisan kalian. Menulis terorganisir, menyampaikan pikiran terorganisir, yes, that’s the point!

Selalu atur dengan tujuan berikut:

  • Apa yang ingin kalian capai di sini?
  • Apa misi kalian secara keseluruhan?
  • Mengapa kalian membuang waktu menulis jika tidak ada akhir dalam pikiran?

Yuk, temukan apa yang sesuai untuk kalian. 

Penyusunan Dimulai

Di sinilah pekerjaan yang sebenarnya dimulai. Draft pertama kalian mungkin memiliki 80% dari upaya masuk ke 20% dari ide-ide yang perlu dijelaskan. Potong ide dan kata-kata yang tidak berguna secara agresif.

Jangan takut, ini hanya draft pertama kalian, kok.

Pikirkan tentang saat-saat pertama kalian dalam segala hal, misal saat mengendarai motor, memulai agensi atau bisnis, memulai perjalanan kuliah, dan lain-lain. 

Hal yang sama juga berlaku untuk pengeditan putaran pertama kalian:

  • Menulis.
  • Pikirkan 80/20.
  • Menulis kembali.
  • Ulangi prosesnya.

Sekarang, Istirahat Dulu!

Bergantung pada ukuran konten, periode istirahat ini mungkin memakan waktu beberapa jam, hari, minggu, bulan, atau tahun.

Ulangi Langkah 9 dan 10, Kemudian Kembali ke Pemikiran SEO

Ulangi langkah 9 dan 10 selama yang diperlukan. Setelah puas, saatnya kembali ke proses berpikir tentang SEO.

Mulailah dengan meninjau kembali topik dan riset keyword kalian.

Sekarang setelah penulisan yang sulit selesai dan pemikiran/tema dieksplorasi, beberapa keyword terkait akan lebih masuk akal daripada yang lain.

Sekali lagi, berpikirlah seperti pembaca. Keyword yang kalian gunakan harus sesuai dengan artikel kalian secara alami.

Atur Lagi

Sekarang setelah kalian puas dengan penerapan keyword terkait, saatnya untuk masuk ke dalam pola pikir pembaca dan keluar dari pikiran kalian sendiri.

Saat melihat diri kalian seperti kebanyakan orang melihat kalian di dunia digital, kalian akan mendengar bagaimana kalian terdengar dan terlihat ketika konten kalian tidak jelas. Cek draft sekali lagi sebelum kembali ke SEO.

Deskripsi Meta Membutuhkan Energi Sebanyak Revisi

Setelah kalian memiliki draft terbaik, saatnya untuk menulis deskripsi meta.

Meskipun Google mengatakan itu tidak berdampak pada peringkat, namun itu dapat berdampak signifikan pada siapa yang mengklik ke website kalian, lho.

Jangan menghabiskan semua waktu untuk menulis dan merevisi hanya untuk membiarkan deskripsi meta berlalu begitu saja, ya.

Gunakan target dan keyword terkait dalam deskripsi meta kalian di tempat yang masuk akal. Jika dalam permintaan pencarian, keyword ini dicetak tebal dalam deskripsi meta, yang secara alami menarik perhatian, meningkatkan opening dan pengalaman pengguna (UX).

Setelah deskripsi meta selesai, layout juga sudah tertata rapi, tulis “deck headline/judul utama”, yang pada dasarnya adalah subjudul asli yang mendukung judul utama.

Deck digunakan untuk menciptakan rasa ingin tahu di sekitar tag judul.

Optimalkan, Berpikir dari Atas Halaman ke Bawah

Pikirkan dari atas halaman ke bawah dan pastikan kalian telah mengoptimalkan poin-poin berikut ini dengan mempertimbangkan keyword:

  • Struktur URL.
  • Judul.
  • Sub-judul dan header tag. Pastikan tidak hanya mengoptimalkan keyword tetapi membuatnya menjadi tag H2, H3, dan lain-lain secara logis.
  • Teks alternatif gambar deskriptif, captions, dan judul.

Tingkatkan Tautan Internal Kalian

Terlalu banyak yang melupakan pentingnya mengoptimalkan tautan internal/eksternal kalian untuk konten halaman/posting aktual yang kalian buat.

Apa yang terjadi dalam teks atau gambar kalian dapat melakukan banyak hal untuk UX.

  • Optimalkan tautan internal. Temukan keyword atau frase keyword yang paling optimal dan hyperlink ke halaman internal yang penting. Sekali lihat artikel ini, kalian akan segera memahami seberapa banyak upaya yang dilakukan untuk menghubungkan internal.
  • Gunakan tautan eksternal. Ini sangat penting jika kalian berada di industri terkait berita yang mana konten bergantung pada exposure pengiklan. Tautan sederhana yang diikutkan dalam teks dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan calon pengiklan tersebut. Menautkan ke informasi otoritatif juga dapat menanamkan kepercayaan pada pembaca.

Pastikan saja semua tautan internal/eksternal mengalir dengan tema artikel kalian.

Sebelum Menerbitkan, Revisi Lagi

Banyak dari elemen SEO ini akan muncul setelah story kalian diunggah ke CMS.

Di situlah kalian akan melakukan penautan internal dan sebagian besar pengoptimalan on-site, seperti membuat tag judul menjadi tag judul yang sebenarnya dan mengoptimalkan deskripsi meta, struktur URL, dan lain-lain.

Nah, setelah semua ini selesai, saatnya untuk satu revisi lagi. Preview posting kalian sebelum menerbitkannya dan buktikan dalam format baru ini untuk memastikan semuanya muncul seperti yang diinginkan.

Selain itu, hal ini akan menunjukkan kepada kalian bagaimana artikel kalian benar-benar mengalir, apakah ada cukup ruang kosong kah, dan memungkinkan kalian untuk memeriksa semua elemen SEO internal, seperti header tag yang dioptimalkan dan tautan internal/eksternal. Kalian tentu tidak menginginkan 404 apapun selamanya, kan.

Langkah Terakhir: Bersosialisasi Lebih Awal dan Sering

Sosialisasikan melalui setiap media online yang kalian miliki, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Jika kalian memproduksi konten B2B, kalian pasti ingin berada di LinkedIn juga, kan.

Perkuat merek kalian di setiap channel sosial.

ROI bertambah karena konten yang kuat berkinerja lebih baik dengan setiap klik organik. Sedangkan iklan PPC terbaik pun membutuhkan investasi berkelanjutan untuk sukses.

Taktik langkah demi langkah di atas adalah roadmap untuk membuat konten yang sukses dalam bisnis apapun, terlepas dari apakah itu berbasis produk atau layanan, atau organisasi berita yang berkembang pesat pada lalu lintas berkualitas.

Guys, konten yang menarik dan ramah SEO memang sudah terbukti jadi yuk semangat untuk membuat konten yang lebih baik lagi!

Oia, ada info nih, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like