Apa Itu DNS Cluster?

Sharing is caring!

Anda pernah mendengar tentang istilah DNS? Jika Anda sudah terjun dalam IT, istilah tersebut tentunya tidak asing. Lalu bagaimana dengan istilah DNS Cluster? Jika ada dari Anda yang belum paham maka simak saja sampai selesai artikel Apa Itu DNS Cluster?

Pengertian DNS Cluster

DNS (Domain Name Server) Cluster merupakan grup dari name server yang memberikan data record yang sama untuk domain yang ada dalam grup ini. Lokasi masing-masing name server pun berbeda secara geografis dan jaringan.

DNS Cluster adalah POSIX compatible (Linux, BSD, dan lainnya) aplikasi server atau client yang menyediakan all in one DNS Management  untuk perusahaan web hosting, ISP, dan bisnis online lainnya.

Fungsi dari DNS Cluster

  1. Mencegah Kegagalan Pengiriman Email

Contoh:

  • Tanpa DNS Cluster

Domain makanenak.com memiliki DNS A dan B yang berbeda pada server yang sama. Saat server mati maka kedua DNS server tidak dapat di akses karena lokasinya sama.

Saat server mati lalu ada pengunjung akan mengirim ke yummy@makanenak.com. Menggunakan ISP yang digunakan akan menghubungi A untuk menanyakan lokasi email server dan gagal karena server A mati. Selanjutnya menanyakan ke server B dan ternyata juga mati maka pengiriman akan gagal dengan pesan “Domain not found”

  • Dengan DNS Cluster

Domain jalansante.com memiliki DNS A dan B pada lokasi geografis yang berbeda. Pada saat DNS A mati maka orang akan mengirimkan ke email ke oke@jalansante.com melalui ISP-nya akan menanyakan ke DNS B mengenai lokasi email server jalansante.com. Selanjutnya DNS B akan menjawab secara benar.

Selanjutnya ISP mengirim email ke lokasi email server sesuai dengan jawaban DNS B. Apabila  email server dapat dihubungi maka langsung melakukan pengiriman. Apabila email server mati maka pengiriman ditunda sampai email server jalansante.com hidup kembali.

  1. Menetralisir zona dari server hosting pada satu server, kegagalan redundansi pada infrastruktur DNS serta memungkinkan pelanggan hosting untuk mengubah zona DNS pada interface control panel hosting.

DNS Cluster atau DNS pada WHM yang tergabung menjadi 1 server umumnya tidak menggunakan cPanel. DNS Cluster bisa memisahkan antara server WHM dengan DNS Server dan itu pilihan yang baik.

Keuntungan Menggunakan DNS Cluster

  1. DNS Cluster dan WHM server berdiri sendiri.
  2. Proses propagansi DNS akan lebih cepat resolved jika memanfaatkan lebih dari 1 DNS Cluster.
  3. Resource WHM server lebih besar karena DNS server berdisi sendiri pada VPS dengan resource kecil.
  4. Tidak ada biasa lisensi DNS Cluster.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu DNS Cluster?
Artikel
Apa Itu DNS Cluster?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda pernah mendengar istilah DNS Cluster? Jika ada dari Anda yang belum paham maka simak saja sampai selesai artikel Apa Itu DNS Cluster?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment