9 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Penipuan

9 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Penipuan

Sharing is caring!

Penjahat menggunakan skema pintar untuk menipu jutaan orang setiap tahun. Mereka sering menggabungkan teknologi baru dengan trik lama untuk membuat orang mengirim uang atau memberikan informasi pribadi. Oleh karena itu, patut bagi Anda membaca artikel 9 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Penipuan sampai selesai.

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk membantu Anda tetap selangkah lebih maju.

  1. Penipu Spot

Scammers sering berpura-pura menjadi seseorang yang Anda percayai, seperti pejabat pemerintah, anggota keluarga, pundi amal atau perusahaan tempat Anda berbisnis. Jangan mengirim uang atau memberikan informasi pribadi sebagai tanggapan atas permintaan yang tidak terduga.

  1. Lakukan Pencarian Online

Ketikkan nama perusahaan atau produk ke mesin pencari favorit Anda dengan kata-kata seperti “tinjau,” “keluhan” atau “penipuan.” Atau cari frasa yang menggambarkan situasi Anda. Anda bahkan dapat mencari nomor telepon untuk lihat apakah orang lain telah melaporkannya sebagai penipuan.

  1. Jangan Percaya ID Penelepon Anda

Teknologi memudahkan scammers untuk memalsukan informasi ID penelepon sehingga nama dan nomor yang Anda lihat tidak selalu nyata. Jika seseorang menelepon meminta uang atau informasi pribadi, Anda tutup saja teleponnya.

  1. Jangan Bayar di Muka untuk Janji

Seseorang mungkin meminta Anda untuk membayar di muka untuk hal-hal, seperti pengurangan utang, tawaran kredit dan pinjaman atau pekerjaan. Mereka bahkan mungkin mengatakan Anda telah memenangkan hadiah tetapi awalnya Anda harus membayar pajak atau biaya.

  1. Pertimbangkan Cara Anda Membayar

Kartu kredit memiliki perlindungan terhadap penipuan yang signifikan tetapi beberapa metode pembayaran tidak. Mengirimkan uang melalui layanan, seperti Western Union atau MoneyGram berisiko karena hampir tidak mungkin untuk mendapatkan uang Anda kembali. Itu juga berlaku untuk kartu yang dapat dimuat kembali (seperti MoneyPak atau Reloadit) dan kartu hadiah (seperti iTunes atau Google Play). Kantor pemerintah dan perusahaan jujur ​​tidak akan mengharuskan Anda untuk menggunakan metode pembayaran ini.

  1. Bicaralah dengan Seseorang

Sebelum Anda menyerahkan uang atau informasi pribadi Anda, bicarakan dengan seseorang yang Anda percaya. Penipu ingin Anda membuat keputusan dengan tergesa-gesa. Mereka bahkan mungkin mengancam Anda. Perlambat, periksa ceritanya, lakukan pencarian online, konsultasikan dengan orang yang expert atau cukup beri tahu teman.

  1. Tutup Telepon Robocalls

Jika Anda menjawab telepon dan mendengar nada penjualan yang direkam maka tutup telepon. Panggilan ini illegal dan seringkali produknya palsu. Jangan menekan 1 untuk berbicara dengan seseorang atau dikeluarkan dari daftar. Hal tersebut bisa menyebabkan lebih banyak panggilan.

  1. Jadilah Skeptis

Beberapa perusahaan menggunakan uji coba gratis untuk mendaftar Anda untuk produk dan menagih Anda setiap bulan sampai Anda membatalkan. Sebelum Anda menyetujui uji coba gratis, teliti perusahaan, dan baca kebijakan pembatalan. Selanjutnya selalu tinjau laporan bulanan Anda untuk biaya yang tidak Anda kenal.

  1. Jangan Setor Cek dan Mengirim Kembali Uang

Secara hukum, bank harus membuat dana dari cek yang disetor tersedia dalam beberapa hari tetapi mengungkap cek palsu bisa memakan waktu berminggu-minggu. Jika cek yang Anda setorkan ternyata palsu, Anda bertanggung jawab untuk membayar kembali.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
9 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Penipuan
Artikel
9 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Penipuan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Penjahat menggunakan skema pintar untuk menipu jutaan orang setiap tahun. Baca yuk 9 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Penipuan sampai selesai.
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like