7 Alasan Anda Harus Melakukan Riset Pasar

Sharing is caring!

Melakukan riset pasar sendiri secara teratur lebih penting dari sebelumnya jika bisnis ingin mengikuti tren pasar saat ini dan mempertahankan keunggulan kompetitif mereka. Yuk baca selengkapnya tentang 7 Alasan Anda Harus Melakukan Riset Pasar

Anda mau memulai bisnis baru, mengakuisisi bisnis baru atau memperluas bisnis, melakukan riset pasar sangatlah penting untuk memahami target pasar Anda, meningkatkan penjualan, dan mempelopori pertumbuhan bisnis.

Berikut 7 alasan mengapa Anda harus melakukan riset pasar:

  1. Identifikasi Pelanggan Baru yang Potensial

Untuk mengidentifikasi pelanggan baru yang potensial, Anda harus terlebih dahulu memahami siapa pelanggan Anda serta demografi utama.

Saat melihat produk atau layanan Anda, silakan pertimbangkan pertanyaan sebagai berikut:

  • Siapa yang akan menggunakan produk atau layanan Anda?
  • Berapa kisaran usia pelanggan Anda?
  • Apakah mereka didominasi oleh pria atau wanita?
  • Berapa tingkat pendapatan, status perkawinan, dan lokasi geografis mereka?

Jika Anda memahami faktor-faktor tersebut maka akan memungkinkan untuk menargetkan pelanggan secara efektif.

  1. Pahami Pelanggan Anda yang Ada dengan Riset Pasar

Mirip dengan poin di atas, bisnis juga harus meluangkan waktu untuk memahami siapa pelanggan mereka yang ada.

Berikut beberapa pertanyaan yang dapat diajukan:

  • Mengapa pelanggan Anda memilih produk Anda di atas pesaing Anda?
  • Bagaimana pelanggan Anda menggunakan produk Anda?
  • Bagaimana produk Anda mengatasi tantangan?
  • Siapa atau apa yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka?
  • Apa yang pelanggan Anda suka untuk dilakukan, menonton, dan membaca?

Memahami bagaimana pelanggan Anda yang ada menggunakan produk Anda serta tantangan apa yang dipecahkan produk Anda akan membantu bisnis meningkatkan produk mereka serta mengidentifikasi peluang peningkatan penjualan dengan pelanggan yang sudah ada.

  1. Tetapkan Target Realistis untuk Bisnis Anda

Setelah Anda diberikan amunisi dengan informasi tentang target pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, Anda pun dapat menggunakan data ini untuk menetapkan tujuan yang dapat dicapai dan realistis untuk perbaikan berkelanjutan serta pertumbuhan bisnis.

  1. Kembangkan Strategi Baru yang Efektif dengan Memahami Pasar Anda

Berdasarkan hasil riset pasar Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat mengenai harga, saluran distribusi, media pemasaran atau untuk mengidentifikasi peluang untuk memperkenalkan produk atau layanan baru.

Hasil ini juga akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang operasi dan aktivitas Anda saat ini.

  • Haruskah Anda memperluas atau mengurangi?
  • Apakah ada ruang dalam operasi Anda saat ini untuk melakukan diversifikasi?
  • Apakah Anda menargetkan audiens yang tepat dengan kegiatan pemasaran Anda
  1. Selesaikan Tantangan Bisnis Terbesar Anda

Jika Anda telah mengidentifikasi masalah dalam bisnis Anda, melakukan riset pasar akan membantu Anda menentukan sumber masalah. Misalnya, dengan melakukan riset pasar, Anda dapat menentukan apakah pesaing baru telah memasuki pasar. Bisa juga melihat apakah kesadaran merek telah gagal sehingga menyebabkan penurunan penjualan.

  1. Mempersiapkan Kemungkinan Ekspansi Bisnis dengan Mendapatkan Data yang Tepat

Riset pasar membantu Anda mengidentifikasi area untuk kemungkinan ekspansi bisnis. Hal ini untuk menguji pasar terkait menentukan apakah ada ruang untuk produk atau layanan baru. Anda juga bisa melakukan riset pasar untuk menemukan lokasi terbaik untuk membuka toko baru.

  1. Identifikasi Peluang Bisnis Baru

Melakukan riset pasar dapat membantu Anda menemukan pasar baru yang kurang terlayani. Anda pun dapat mengidentifikasi tren pasar yang berubah karena peningkatan tingkat Pendidikan atau perubahan lain yang akan membawa peluang baru bagi bisnis Anda.

Secara keseluruhan, riset pasar tidak hanya untuk bisnis startup baru. Bisnis dari segala bentuk, ukuran, ruang lingkup, tingkat industri, dan pengalaman dapat mengambil manfaat dari riset pasar. Riset pasar dapat membantu bisnis mempelajari terkait pelanggan baru dan pelanggan yang sudah ada, mengidentifikasi masalah, memecahkan masalah serta membantu mengeksplorasi peluang baru yang membuka jalan bagi pertumbuhan bisnis.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7 Alasan Anda Harus Melakukan Riset Pasar
Artikel
7 Alasan Anda Harus Melakukan Riset Pasar
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Melakukan riset pasar sendiri secara teratur lebih penting dari sebelumnya. Yuk baca selengkapnya tentang 7 Alasan Anda Harus Melakukan Riset Pasar
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment