20 Keterampilan Penting Bisnis Online

Sharing is caring!

Jika Anda berpikir untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis Anda secara online, apakah Anda sudah memikirkan keterampilan dan pengalaman yang Anda butuhkan? Simak sampai selesai yuk Gaes terkait 20 Keterampilan Penting Bisnis Online.

Menjadi seorang solopreneur atau pemilik bisnis kecil mungkin adalah salah satu peran paling menantang yang pernah Anda miliki! Jika Anda berhasil maka itu juga akan menjadi salah satu peran paling berharga yang pernah Anda miliki.

Ketika berpikir untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis online, kita fokus pada tugas, kegiatan, dan apa yang perlu dilakukan. Akan tetapi, apakah kita menghabiskan cukup waktu untuk memikirkan keterampilan dan pengalaman apa yang dibutuhkan? Apakah kita menilai sendiri kemampuan kita secara objektif sebelum bertindak?

Keterampilan dan Pengalaman yang Dibutuhkan untuk Menjadi Pemilik Bisnis Sukses

Jika Anda menulis deskripsi pekerjaan untuk peran solopreneur, pengusaha, pemilik bisnis atau gelar apa pun yang Anda pilih untuk menyebut diri Anda, apa isinya?

Berikut daftar 20 keterampilan penting yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online yang sukses:

  1. Strategi dan Perencanaan – untuk menetapkan tujuan, tindakan, dan mengukur kinerja.
  2. Menulis – untuk menulis blog, email, korespondensi bisnis, konten web.
  3. Pemasaran – untuk mempromosikan bisnis Anda.
  4. Desain Grafis – untuk membuat grafik dan logo.
  5. Pengembangan dan Desain Web – untuk membangun dan memelihara situs web Anda.
  6. Media Sosial – untuk mengelola jaringan dan profil sosial.
  7. Networking – untuk berinteraksi dan terlibat dengan orang-orang di berbagai acara.
  8. Komunikasi – kemampuan untuk menyampaikan pesan Anda dan membangun hubungan dengan pelanggan Anda.
  9. Komersial – mengetahui cara menentukan harga produk dan jasa Anda dan apa yang harus dibayarkan ke pemasok Anda.
  10. Keuangan – mengelola keuangan bisnis (dan pribadi).
  11. Pembukuan dan Akuntansi – pastikan Anda tetap di atas persyaratan pajak.
  12. Mengetik dan Administrasi – melakukan semua pengarsipan, daily upkeep, dan korespondensi.
  13. Riset & Analisis – tetap mengikuti tren dan kejadian di pasar dan bagaimana pelacakan bisnis Anda.
  14. Penjualan – bisa menjual produk dan layanan Anda.
  15. Manajemen waktu – menyulap semua yang perlu dilakukan.
  16. Keterampilan TI – pengetahuan untuk memperbaiki teknologi.
  17. Percaya diri – jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, tidak ada orang lain yang akan percaya.
  18. Ketahanan – kemampuan untuk bangkit kembali dari kemunduran.
  19. Teknis – keterampilan “perdagangan” Anda, mis. pelatihan, fotografi, melukis, memasak, dan lain-lain.
  20. SEO (Search Engine Optimization) – teknik pemasaran yang mengandalkan taktik tertentu untuk meningkatkan peringkat halaman web tertentu dalam trafik berbagai mesin pencari.

Apakah jika kita memiliki semua keterampilan ini, kita tidak perlu repot-repot memulai bisnis? Tentu saja tidak. Ini berarti bahwa Anda harus mengenali kesenjangan keterampilan dan mencari cara untuk menutupnya atau Anda perlu menemukan orang-orang dengan keterampilan untuk melakukan pekerjaan itu.

Cara Menutup Celah Keterampilan

Setelah Anda menyadari bahwa Anda memiliki kesenjangan keterampilan, Anda harus memutuskan seberapa penting keterampilan itu untuk bisnis Anda dan seberapa sering Anda harus bergantung pada keterampilan itu. Anda bisa mengikuti Kursus Pelatihan, belajar sendiri dengan menemukan materi online yang bagus serta berlatih, dan Anda bisa belajar dari orang-orang yang sudah memiliki keterampilan.

Kita semua memiliki kekuatan dan kebutuhan pengembangan dan Anda mungkin dapat melakukan “perdagangan” keterampilan dengan orang lain. Misalnya, jika Anda hebat dalam menulis, tetapi tidak begitu bagus dalam desain, Anda dapat menawarkan untuk menulis beberapa konten untuk orang lain dengan imbalan beberapa grafis hebat yang mereka hasilkan untuk situs web Anda.

Dalam jangka pendek Anda mungkin memutuskan bahwa Anda perlu menemukan orang lain yang memiliki keterampilan untuk melakukan pekerjaan untuk Anda sampai Anda cukup terampil untuk melakukannya sendiri. Atau Anda mungkin memutuskan bahwa ini adalah keterampilan yang tidak ingin Anda pelajari dan pilih untuk melakukan outsourcing.

Ketika memulai bisnis, keuangan seringkali ketat. Kami khawatir Anda menghabiskan terlalu banyak uang sebelum Anda memiliki klien. Mungkin tergoda untuk mencoba melakukan semuanya sendiri dengan keyakinan bahwa itu tidak memerlukan biaya apa pun. Meskipun ini mungkin benar karena Anda tidak membayar seseorang, itu juga berarti bahwa Anda akan perlu waktu lebih lama untuk membayar sendiri karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk tugas-tugas yang dapat diselesaikan lebih cepat dan lebih baik oleh seorang ahli. Outsourcing memungkinkan Anda untuk fokus menggunakan keterampilan Anda dengan cara terbaik untuk bisnis Anda sambil meningkatkan keterampilan orang lain untuk menghemat waktu Anda.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
20 Keterampilan Penting Bisnis Online
Artikel
20 Keterampilan Penting Bisnis Online
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah Anda sudah memikirkan keterampilan dan pengalaman yang Anda butuhkan? Simak sampai selesai yuk Gaes terkait 20 Keterampilan Penting Bisnis Online.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment