Cara Menggunakan Yoast SEO

Sharing is caring!

Analisis konten dalam plugin Yoast SEO menilai aspek-aspek penting dari posting dan halaman yang Anda tambahkan ke situs web Anda. Secara khusus, ia memeriksa bagaimana SEO friendly dan mudah membaca konten Anda. Kami akan mengulas terkait Cara Menggunakan Yoast SEO. Baca dan simak baik-baik ya Gaes..

Panduan Dasar

Panduan untuk mengoptimalkan halaman Anda dan belajar bagaimana menafsirkan feedback yang akan Anda dapatkan.

  • Analisis konten: readability dan SEO

o Analisis readability

o Analisis SEO

  • 8 langkah untuk mengoptimalkan posting atau halaman Anda

o Langkah 1: Masukkan focus keyphrase

o Langkah 2: Masukkan teks Anda di backend WordPress

o Langkah 3: Periksa skor readability Anda

o Langkah 4: Buat penyesuaian readability

o Langkah 5: Optimalkan snippet Anda

o Langkah 6: Periksa SEO bullets Anda

o Langkah 7: Lakukan penyesuaian SEO

o Langkah 8: Isi social data

  • Time to publish!

Analisis Konten: Readability dan SEO

Anda akan menemukan readability dan analisis SEO di kotak meta Yoast SEO dan sidebar Yoast SEO (yang terakhir hanya jika Anda menggunakan editor Blok WordPress). Saat Anda sedang mengerjakan posting, cukup drag ke bawah untuk menemukannya di kotak meta di bawah posting Anda. Di sini kami mencontohkan dengan Yoast SEO Premium.yoast seo-1

Kotak meta Yoast SEO yang akan Anda temukan di bawah posting Anda

Di sini, kami akan fokus pada SEO dan analisis readability serta akan melihat sekilas pada Sosial tab dan bagian konten Cornerstone karena penting untuk menggunakannya dengan benar ketika Anda mengoptimalkan posting atau halaman Anda.

Analisis Readability

Analisis readability bertujuan untuk membantu Anda menulis teks yang mudah dibaca dan dipahami. Hal ini sangat penting jika Anda ingin pembaca tetap stay, membaca teks Anda, dan memahami apa yang Anda tulis. Atau mungkin saat mengambil tindakan, misalnya jika Anda menjelaskan cara melakukan tugas tertentu di pos Anda. Kedua, mesin pencari menyukai salinan yang bisa dibaca. Itu sebabnya Anda harus meluangkan waktu untuk menulis dalam bahasa sederhana.

Analisis readability mencakup beberapa pemeriksaan berdasarkan karakteristik teks yang mudah dibaca dan dipahami:

  • Panjang kalimat
  • Panjang paragraph
  • Distribusi subjudul
  • Kalimat berurutan
  • Penggunaan suara pasif
  • Penggunaan kata transisi
  • Skor kemudahan membaca Flesch
  • Keberadaan teks

Jika Anda menulis teks yang dapat dibaca berdasarkan kriteria di atas, plugin akan menghadiahi Anda dengan bullet hijau.

Analisis SEO

Readability sangat penting tetapi masih banyak yang harus difokuskan jika Anda ingin membuat halaman search-engine-friendly di situs web Anda.yoast seo-2

Analisis SEO dari Yoast SEO

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari analisis SEO, Anda harus memasukkan focus keyphrase terlebih dahulu. Focus keyphrase adalah frasa yang ingin Anda peringkatkan untuk pos Anda. Anda harus menentukan frasa apa yang ingin Anda peringkatkan dengan melakukan penelitian kata kunci.

Setelah memasukkan focus keyphrase Anda, analisis SEO memeriksa keberadaan focus keyphrase Anda di:

  • Judul halaman;
  • Paragraf pengantar;
  • Heading;
  • URL;
  • Konten artikel;
  • Meta description;
  • Tag alt gambar.

Plugin menghitung jumlah kata dan frekuensi dari focus keyphrase dalam artikel Anda. Selain itu, Yoast SEO Premium memeriksa bagaimana Anda mendistribusikan kata kunci pada halaman Anda. Artikel Anda harus memuat focus keyphrase Anda atau sinonimnya secara merata di seluruh teks.

Jika Anda mengoptimalkan dua artikel berbeda untuk focus keyphrase yang sama, Anda dapat membuat kedua pos muncul dalam pencarian yang sama di Google.

Dan, last but not least, Yoast SEO memiliki beberapa tautan dan pemeriksaan gambar untuk artikel Anda.

Jika Anda menulis artikel yang relatif ramah SEO – berdasarkan kriteria di atas – plugin akan memberi Anda bullet hijau. Jika Anda mengikuti instruksi dan membuat halaman dan posting Anda sehingga mereka mendapatkan bullet hijau, mereka memiliki peluang lebih baik untuk peringkat tinggi dalam pencarian.

8 Langkah Mengoptimalkan Posting

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda membuat pembaca halaman atau pos Anda dan SEO friendly.

  1. Masukkan Focus Keyphrase Anda

Pertama, masukkan focus keyphrase Anda – kata kunci yang Anda ingin poskan peringkatnya – di kotak meta Yoast SEO atau sidebar. Ini harus menjadi frasa unik yang berasal dari penelitian kata kunci Anda dan yang akan Anda ingat selama proses penulisan.

Yoast SEO Premium memungkinkan Anda mengoptimalkan artikel untuk lebih dari sekedar focus keyphrase – Anda dapat menambahkan sinonim dan frasa kunci terkait juga. Yoast SEO Premium mengenali frasa unik, sinonim bahkan bentuk kata yang berbeda ini dalam teks Anda.

Menggunakan sinonim dan berbagai bentuk kata membuat teks Anda lebih mudah dibaca. Menggunakan frasa kunci terkait memberikan konteks ke artikel Anda akan membantu mesin pencari untuk memahami tentang apa itu.

  1. Tempatkan Teks Anda di Backend WordPress

WordPress memiliki mode penulisan bebas gangguan yang memungkinkan Anda untuk menulis di backend WordPress tanpa terganggu oleh menu, toolbar, categories box, dan lain-lain.yoast seo-3

Anda dapat menulis artikel Anda langsung di editor posting WordPress atau menulis di editor teks apa saja dan menyalin dan menempelkannya ke backend WordPress.

Jika Anda memilih untuk menempelkan teks Anda ke backend WordPress, jangan lupa untuk memeriksa apakah judul Anda ditransfer dengan baik (H1 harus menjadi judul posting Anda, H2 adalah subjudul).

  1. Periksa Skor Readability Anda

Kami percaya audiens Anda yang diutamakan sehingga readability ada sebelum SEO! Hal ini berarti, pertama dan terutama, Anda harus menulis konten yang suka dibaca orang. Berusaha keras untuk menulis artikel yang menarik, terstruktur dengan baik, dan asli. Selanjutnya gunakan pemeriksaan readability untuk memastikan teks Anda bagus dan mudah dibaca.

Klik pada tab analisis readability dan Anda akan melihat skor Anda untuk pemeriksaan readability. Bullet hijau menunjukkan aspek mana dari konten Anda yang baik sementara bullet orange dan merah menunjukkan di mana Anda dapat melakukan peningkatan.yoast seo-4

Mengklik ikon mata akan menyorot bagian di mana analisis mengidentifikasi masalah:yoast seo-5

Penggunaan passive voice yang tidak perlu ditemukan oleh analisis readability

  1. Buat Penyesuaian Readability

Pemeriksaan analisis readability memberi tahu Anda di mana readability artikel Anda dapat ditingkatkan. Jika Anda cenderung menulis kalimat yang panjang, analisis akan menunjukkan kepada Anda yang mana yang harus ditulis ulang atau membagi kalimat panjang menjadi kalimat pendek.

Jika Anda menggunakan banyak passive voice, ulangi beberapa kalimat. Di sini Anda dapat menemukan semua penilaian readability dan instruksi Yoast SEO tentang cara mendapatkan skor tinggi.

Pastikan bahwa keseluruhan bullet – yang ada di kanan atas di bagian belakang posting Anda – berwarna hijau. Bullet keseluruhan akan berubah menjadi hijau jika Anda telah membahas sebagian besar aspek readability.

  1. Optimalkan Snippet Anda

Di snippet preview Yoast SEO, Anda dapat melihat seperti apa halaman Anda di hasil pencarian. Jika Anda klik edit snippet, Anda dapat menyesuaikan judul SEO, URL, dan meta description. Dengan melakukan itu, Anda dapat membuat hasil pencarian Anda lebih menarik dan meyakinkan orang untuk mengklik pada hasil Anda.yoast seo-6

Snippet preview di Yoast SEO

  1. Periksa Bullet SEO Anda

Cek ke analisis SEO dan periksa bullet SEO tersebut. Sekali lagi, hijau memberi tahu Anda aspek SEO mana yang bagus sedangkan orange dan merah menunjukkan di mana Anda dapat meningkatkan strategi SEO Anda.yoast seo-7

Analisis SEO dalam Yoast SEO

Apakah Anda melihat beberapa bullet merah di pos Anda? Jangan panik, kami akan membantu Anda dalam langkah 5. Apapun yang Anda lakukan, jangan ubah focus keyword Anda sekarang!

Jangan lupa untuk menambahkan internal link, yaitu link ke salah satu postingan Anda yang ada di website.

  1. Lakukan Penyesuaian SEO

Pemeriksaan dalam analisis SEO akan menunjukkan kepada Anda di mana Anda dapat meningkatkan SEO Anda. Lihatlah dengan kritis judul Anda, judul, dan subjudul artikel Anda. Apakah mereka memasukkan focus keyphrase Anda? Jika tidak, dapatkah Anda mengeditnya (tanpa mengubah struktur atau konten artikel Anda) untuk memasukkan focus keyword Anda? Jangan menempatkan focus keyphrase Anda di setiap heading karena itu terlalu banyak!

Artikel Anda juga harus menyertakan fokus penekanan frase beberapa kali. Apabila tidak ada dalam paragraf pertama Anda maka tambahkan.

Selain itu, jangan lupa menambahkan tautan ke pos terkait di situs Anda dan memeriksa gambar Anda. Sudahkah Anda menambahkan alt teks? Dan apakah ukurannya tepat?

Ingat, Anda tidak harus terus mengoptimalkan sampai semua bullet berwarna hijau. Posting di Yoast.com sering memiliki beberapa bullet orange dan kadang-kadang bahkan satu atau dua yang merah. Yang penting adalah bahwa keseluruhan bullet harus berwarna hijau, yang terjadi jika sebagian besar aspek SEO Anda tercakup.

  1. Isi Data Sosial

Langkah terakhir adalah menambahkan data sosial untuk artikel Anda. Ini berarti bahwa Anda dapat menginstruksikan saluran media sosial, seperti Facebook dan Twitter, apa yang harus ditampilkan ketika Anda berbagi halaman. Anda dapat menambahkan deskripsi sosial, judul, dan gambar dengan Yoast SEO.

Time to Publish!

Anda siap untuk menerbitkan! Silakan dan tayangkan. Luangkan waktu sebentar untuk memeriksa seperti apa tampilannya di situs Anda. Anda mungkin melihat hal-hal yang belum Anda perhatikan sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk memantau kinerja posting atau halaman Anda karena ini akan memberi Anda input berharga untuk perbaikan posting yang ada atau posting mendatang.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Menggunakan Yoast SEO
Artikel
Cara Menggunakan Yoast SEO
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Analisis konten dalam Yoast SEO menilai aspek penting dari posting Anda. Kami akan mengulas terkait Cara Menggunakan Yoast SEO. Baca sampai selesai ya..
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Cara Menggunakan Yoast SEO”

Leave a Comment