apa itu dedicated ip

Kalian ingin membangun website dengan tingkat keamanan tinggi karena menyimpan berbagai data sensitif? Dedicated IP adalah pilihan tepat! Tak perlu waktu lama, simak terus yuk artikel Apa Itu Dedicated IP dan Kelebihannya

Apa Itu Dedicated IP Address?

Dedicated IP adalah alamat IP khusus yang hanya digunakan oleh satu domain atau perangkat. Alamat IP ini berguna untuk website atau perusahaan yang butuh keamanan tinggi kareena hanya kalian loh yang bisa mengaksesnya.

Dedicated internet protocol biasa digunakan pada jaringan perusahaan, VPN, layanan email. Alasannya adalah perlindungan memang lebih terjamin. Alamat IP dedicated memudahkan kalian maupun orang tertentu mengakses sumber daya atau aset perusahaan yang sensitif.

Shared IP vs Dedicated IP

Shared IP adalah alamat yang digunakan oleh beberapa nama domain dalam satu server. Sedangkan dedicated IP adalah hanya digunakan oleh satu nama domain.

Biasanya, shared IP disediakan oleh shared hosting dan harganya lebih terjangkau. Sedangkan dedicated IP, umumnya tersedia pada layanan VPS dengan harga yang lebih mahal.

Yuk simak dampak perbedaan shared IP address dengan dedicated IP hosting berikut ini:

1. Keamanan

Dilihat dari poin keamanan, dedicated IP lebih terjamin. Sebab, IP address hanya digunakan oleh satu website dan satu perangkat saja. Artinya, kalian dapat mengelola sendiri akses ke perangkat atau layanan yang digunakan. 

Dengan dedicated IP, website juga terhindar terkena blacklist IP yang biasa terjadi pada shared IP, loh.  Jadi, email atau apapun yang dikirimkan bisa diterima dengan baik oleh calon penerima.

2. Kinerja

Secara garis besar, dedicated IP memberikan kinerja yang lebih bagus. Hal ini dikarenakan performa dedicated IP tidak terpengaruh oleh website lain. Sedangkan pada shared IP, kinerja satu website dapat berimbas ke website lain yang berada dalam satu server yang sama.

3. SEO

Meski belum ada info resmi bahwa IP berdampak pada search engine optimization tapi penggunaan alamat IP tetap memberikan dampak tidak langsung. Terutama dari sisi kecepatan akses dan reputasi website.

FYI, dedicated IP adalah bawaan dari VPS hosting dan shared IP merupakan bawaan dari shared hosting. Sebab, website dengan dedicated IP tidak berbagi web server bersama, tentu kecepatan aksesnya kemungkinan lebih cepat.

Reputasi website dengan IP dedicated juga lebih aman karena tak terpengaruh oleh situs lainnya.

Kelebihan Dedicated IP

Berikut ini kelebihan dedicated IP address:

1. Memudahkan Akses Website

Dedicated IP address memungkinkan akses ke website tanpa menggunakan domain. Lah, kalau sudah punya domain name, kenapa harus mengakses website lewat IP address?

Ternyata, ada beberapa situasi yang mana kalian terpaksa mengakses website menggunakan IP address. Salah satunya adalah saat domain kalian masih dalam proses propagasi atau penghubungan ke suatu website.

Jika IP address kalian digunakan oleh beberapa website sekaligus, tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan.

2. Lebih Bebas Mengelola Server

IP dedicated memberikan keleluasaan dalam penggunaan jaringan. Selain itu, IP dedicated juga memungkinkan mengelola file website melalui FTP dan berbagi file dengan mudah..

3. Menjaga Reputasi Alamat Email

Dedicated IP address mampu meningkatkan reputasi alamat email website. Kalian lebih mudah dalam mengontrol pengiriman email sebab IP address hanya digunakan oleh satu domain atau website saja. 

Hal ini menjauhkan dari risiko email dianggap spam oleh penerimanya. Lain dengan shared IP yang lebih rentan kena blokir. Sebab, jika ada website atau domain yang suka mengirim email spam maka IP-nya bisa terkena blacklist dan situs lain bisa ikut kena dampaknya.

4. Memungkinkan Pemasangan SSL Certificate

Salah satu cara untuk mengamankan website adalah memasang SSL certificate. SSL adalah komponen yang mengenkripsi pertukaran data dalam situs sehingga informasi yang ada tidak akan bocor ke pihak lain.

Saat ini SSL bisa dipasang di beberapa website dengan IP address sama berkat SNI atau server name identification.

Namun, ada tidaknya teknologi SNI tergantung pada penyedia layanan hosting dan jenis web hosting yang ditawarkan. Selain itu, beberapa penyedia SSL certificate masih mengharuskan kalian untuk memiliki IP dedicated.

Yuk Tingkatkan Performa Website dengan Dedicated IP!

Okay, jadi itulah seluk beluk dedicated IP. Setelah kalian mengetahui kelebihannya,  kalian tak ragu lagi kan untuk meningkatkan performa website dengan dedicated IP?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment