Apa Itu Content Creator?

Sharing is caring!

Pernah kan ya, kalian melihat seseorang membuat video di YouTube atau seseorang mengirim foto di feed Instagram mereka? Ya, mereka itu content creator. Namun, sebenarnya content creator lebih dari sekadar pencipta konten semata lho, Guys. Mereka memiliki fungsi yang terbilang besar dalam dunia marketing saat ini. Oke, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca Apa Itu Content Creator?

Apa Itu Content Creator?

Content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab atas kontribusi informasi ke media apapun, terutama di media digital. Mereka biasanya menargetkan audiens tertentu untuk suatu konteks tertentu. Content creator bisa membuat karya, seperti blog, berita, gambar, video, audio, email, pembaruan sosial, dan konten terkait lainnya.

content-creator-1

Sedangkan konten adalah apa yang kita konsumsi di media sosial. Konten adalah apa yang diberi tag, save, konsumsi, share, dan dengan siapa berinteraksi.

9 Cara Menjadi Content Creator yang Sukses

Menurut HubSpot, ada 9 kebiasaan yang sering dilakukan oleh content creator yang sukses. 

Rajin membaca

Rajin-rajinlah membaca, terutama soal industri yang sedang dijalani. Hal ini akan berpengaruh terhadap proses penciptaan konten. Konten juga bisa jadi akan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh audiens.

Tulis setiap ide

Kalian bisa meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mengeluarkan setiap ide dan pemikiran yang dimiliki. Lalu, kalian tulis semua ide dan pemikiran tersebut. Biasanya inspirasi akan muncul dengan cara seperti itu.

content-creator-2

Pelajari audiens

Hal ini masih berkaitan dengan kebiasaan yang pertama. Jadi, selain mempelajari industrinya, content creator juga mesti mempelajari audiens dari industri tersebut.

Mengapa? Karena audiens yang akan menilai konten yang dibuat. Content creator yang baik semestinya mengetahui audiensnya luar dalam, seperti usia, gender, lokasi tinggal, keluarga, pekerjaan, dan sebagainya. 

Buat konten yang original

Konten original maksudnya adalah konten yang menjadi gaya dan ciri khas tersendiri dari kalian. Gaya dan ciri khas inilah yang akan membedakan dari content creator lainnya.

Apabila tidak memiliki ciri khas maka kalian akan terpinggirkan. Kalian bisa menggunakan cara pembuatan konten yang unik sehingga akan menjadi gaya kalian sendiri.

Kurasi konten orang lain

Kurasi di sini maksudnya adalah selain membagikan konten milik orang lain, kalian harus bisa melakukan sesuatu dengan konten itu.

content-creator-3

Content creator yang sukses tidak hanya sekedar membagikan ulang konten yang sesuai dengan industrinya. Kalian harus berinteraksi dengan konten tersebut dan tunjukkan bahwa kalian memang expert.

Misal, kalian bisa me-retweet sebuah video dari seseorang dengan menambah komentar atau kalian memasukkan gif plus video dalam komentar kalian.

Tentunya itu membuat konten lebih memiliki nilai informasi, apalagi jika kalian bisa menambahkan fakta lain terkait upload tersebut dan personal brand kalian akan terbentuk dengan sendirinya.

Pahamilah KPI

Internet merupakan sebuah tempat yang besar karena selain menjadi tempat berkumpulnya konten, juga bisa sebagai tempat penilaian bagi konten kalian sendiri.

Inilah yang dimaksud dengan memahami penilaian atau key performance indicator (KPI) dari konten yang dibuat. Melalui beberapa matrikulasi tertentu, kalian bisa menilai apakah konten yang dibagikan sudah baik atau belum.

Kalian bisa melihat social media, direct, dan organic traffic dari konten kalian. Kalian dapat melihat kelayakan konten yang dibuat dan bisa melihat penilaian orang lain terhadap konten yang kalian sebarkan, apakah mereka suka atau tidak.

Bangun jejaring di setiap kesempatan

Sebagai seorang content creator, sebaiknya harus berjejaring dengan content creator lain karena bisa menjadi media untuk belajar. Dengan membangun jejaring, content creator akan memiliki tempat untuk berdiskusi, misal konten yang baik itu seperti apa.

Kalian juga akan memiliki banyak kawan serta bisa sharing banyak ide dengan orang yang berbeda-beda.

Tawarkan solusi, bukan hanya komentar

Content creator yang sukses, akan menempatkan audiens di atas segalanya serta membuat konten yang sifatnya berupa solusi. Hal itu biasanya akan membuat konten lebih banyak digemari oleh audiens.

content-creator-4

Selain itu, akan membuat konten lebih dihargai karena si pembuat konten berusaha menempatkan diri untuk membantu, bukan untuk menggurui.

Mempertanyakan segalanya

Seorang content creator harus memiliki rasa haus akan pengetahuan. Hal ini kelak akan membantu mereka menciptakan konten yang bervariasi dan tidak monoton.

Selalu posisikan diri sebagai orang yang tidak tahu karena kalian akan terus mencari tahu. Carilah ilmu-ilmu baru setiap harinya.

5 Alasan Content Creator Dibutuhkan untuk Promosi Bisnis

Ada beberapa alasan mengapa membutuhkan content creator untuk keperluan promosi bisnis:

Memudahkan Dalam Membuat Konten yang Menarik

Saat menjalankan strategi content marketing, dibutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Konten juga perlu memenuhi beberapa aspek, seperti SEO, target audiens, dan lain-lain. 

Membangun Konsistensi Branding

Seorang content creator mampu merealisasikan strategi dalam bentuk karya-karya yang unik dan menarik, seperti dalam penggunaan font, warna, dan tone yang tepat sesuai dengan brand image suatu bisnis.   

Membantu Seorang Content Creator Tampil sebagai Expert

Dengan konten-konten relevan dan bermanfaat, bisnis juga semakin dipercaya oleh pelanggan. 

Peran content creator akan sangat membantu kalian untuk menciptakan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan juga dapat membantu kalian untuk menanggapi pertanyaan dan review pelanggan pada channel marketing kalian dengan tepat. 

Mengelola dan Membuat Strategi Konten

Ada beberapa langkah dalam membangun konten yang baik. Kalian perlu mengetahui siapa target pasar kalian, apa kebutuhan target pasar kalian, serta kapan waktu untuk publish konten tertentu. 

Kalian menjadi mudah untuk mencapai tujuan pemasaran karena pembuatan konten sesuai dengan perencanaan yang tepat dengan bantuan dari content creator.

Membantu Konten Kalian Lebih Mudah Ditemukan

Untuk mencapai tujuan content marketing, kalian membutuhkan beberapa strategi SEO, seperti penggunaan keyword, kualitas konten yang baik, dan lain-lain. Dengan kata lain, kalian juga perlu menerapkan optimasi SEO pada konten kalian.

Nah, content creator dapat membantu kalian dalam membuat konten yang menarik sekaligus SEO friendly sehingga bisa lebih mudah muncul di ranking satu mesin pencarian.

Jadi, kalian sebagai content creator atau sebagai pemilik bisnis yang memiliki content creator sendiri atau pemilik bisnis sekaligus sebagai content creator di website bisnis kalian nih? Sharing yuk agar kawan-kawan lain juga dapat insight 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Content Creator?
Artikel
Apa Itu Content Creator?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Content creator lebih dari sekadar pencipta konten semata lho, Guys. Oke, ketahui lebih lanjut yuk dengan baca Apa Itu Content Creator?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment