Apa Itu aaPanel, Fungsi, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan cPanel

Sebenarnya aaPanel itu apa sih dan masih ada hubungan kah dengan cPanel? Jangan-jangan masih ada yang bingung antara aaPanel dengan cPanel. Okay deh, lebih baik langsung cari tahu selengkapnya saja yuk mengenai Apa Itu aaPanel, Fungsi, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan cPanel

Apa Itu aaPanel?

aaPanel adalah web hosting control panel gratis dan open-source. Control panel ini memiliki interface yang sederhana loh sehingga memudahkan pengguna untuk manage web server dan website.

Aplikasi ini telah dibangun berbasis LEMP/LAMP stack sehingga memberi pengalaman mulus dalam penggunaannya, baik memanage domain, database, email, dan file.

Selain itu, control panel ini juga menghadirkan Graphical User Interface (GUI) intuitif. Sehingga, akses pada seluruh fitur dan alat menjadi mudah untuk memanage server. Pengguna dengan keahlian teknis terbatas pun bisa menggunakan secara mudah.

Sedangkan aplikasi ini bisa dipakai khusus OS Linux, termasuk Ubuntu, CentOS, dan Debian. Terdapat juga dukungan web server populer, seperti Apache, Nginx, dan Openlitespeed.

Faktanya, stack LEMP/LAMP sendiri merupakan singkatan dari Linux, Nginx/Apache, MySQL, dan PHP.

Control panel ini sudah termasuk setiap komponen dan alat penting untuk mensetting dan manage web server. Beberapa di antaranya adalah OS (operating system), software web server, database server, dan PHP runtime environment.

Fitur aaPanel

Berikut ini fitur utama dari aaPanel:

1. Manajemen Domain

Pengguna bisa menambahkan beberapa domain dan subdomain dalam satu server. Makanya pengguna dapat lebih mudah dalam mengelola setiap domainnya.

2. Manajemen Database

Selanjutnya, terdapat dukungan database populer, seperti MySQL dan PostgreSQL. Alhasil, hal ini memudahkan pengguna dalam mengelola database.

3. Manajemen Email

Ada juga dukungan untuk membuat akun email untuk server. Oia, manage akun email termasuk melakukan forwarding menjadi lebih mudah.

4. Keamanan

FYI, ada beragam fitur agar server tetap aman dari berbagai masalah keamanan, seperti spamming. Ada fitur dukungan sertifikat SSL, manajemen firewall, dan fungsionalitas backup.

5. Manajemen File

aaPanel menghadirkan sebuah file manager yang user-friendly, loh. Makanya pengguna lebih mudah dalam mengelola file dan direktori dalam server, termasuk saat upload dan download.

6. Manajemen DNS

Ada dukungan untuk merekam dan manage jejak DNS untuk setiap domain pada server. Hal ini bisa memudahkan pengguna untuk mengatur setiap rekaman DNS.

7. App Store

Terakhir, control panel ini menyediakan sebuah app store. Nah, pengguna bisa memilih dan menginstal berbagai aplikasi tambahan seperti extension hanya dengan satu klik.

Fungsi aaPanel

Fungsi utama dari control panel ini untuk memudahkan pengelolaan server dan website. Eitss, ada beberapa fungsi lainnya, loh:

  • Memudahkan pengelolaan web hosting.
  • Pengaturan website menjadi lebih mudah karena GUI yang intuitif.
  • Sistem pengelolaan email yang praktis.
  • Memudahkan untuk memonitor website, seperti dashboard monitoring dan traffic.
  • Memudahkan pengelolaan file lebih praktis.

Kelebihan aaPanel

Berikut ini beberapa kelebihan dari aaPanel:

1. Kemudahan dalam Instalasi

aaPanel sangat mudah untuk terinstal hanya dalam satu klik. Panel tersebut bisa terinstal kurang lebih dua menit.

2. Mudah untuk setiap Pengguna Berkat UI Intuitif

Anyway, control panel ini sangat mudah penggunaannya. Setiap pengguna dapat manage server dengan praktis berkat UI intuitifnya.

3. Dukungan Berbagai Bahasa Programming

aaPanel memiliki dukungan berbagai bahasa programming, mulai dari PHP, Node.js, Python, Rubu, hingga Java.

4. Fitur Beragam

Ada beragam fitur yang tersedia, mulai dari website manager, database manager, hingga file manager.

5. Keamanan Transparan

Ada fitur security manager, loh Di dalamnya terdiri dari block port SSH, ICMP, dan sebagainya. Menurut laman resminya, one-click inspection akan mendeteksi apakah ada salah satu dari 16 masalah keamanan paling umum di server.

Kekurangan aaPanel

Anyway, terdapat beberapa kekurangan yang harus kalian perhatikan, ya. Berikut ini beberapa kekurangannya:

1. Dokumentasi Terbatas

Sementara aaPanel relatif mudah bagi pengguna, dokumentasinya pun masih sangat terbatas. Inilah alasan pengguna mungkin akan kesulitan untuk melakukan troubleshoot terhadap sebuah masalah yang terjadi.

2. Dukungan Komunitas Terbatas

Control panel ini juga masih memiliki komunitas pengguna lebih rendah dibanding aplikasi sejenis. Belum pula dokumentasi terbatas, bahkan mencari bantuan untuk memperbaiki masalah yang terjadi bisa sangat menyulitkan pengguna.

3. Tidak Dapat Dipakai secara Multiuser

Aplikasi ini tak tersedia secara multiuser. Artinya, hanya satu pengguna yang dapat menggunakan control panel ini dalam satu waktu. Makanya, aaPanel tidak bisa terpakai untuk kebutuhan reseller hosting.

4. Kurangnya Integrasi dari Pihak Ketiga (Third-Party)

Kalian sudah tahukah bahwa belum banyak integrasi dari pihak ketiga seperti control panel web hosting lainnya? Inilah mengapa ada potensi terbatasnya fungsionalitas dalam beberapa kasus.

aaPanel vs cPanel

Berikut ini beberapa poin perbedaannya:

1. Kebutuhan Pengguna

cPanel sering menjadi solusi bagi organisasi atau perusahaan yang butuh platform manajemen server agar membuat website lebih efektif. Sedangkan, aaPanel lebih dikhususkan untuk individu yang membutuhkan control panel web hosting gratis.

2. Adanya Versi Gratis

aaPanel menyediakan versi gratis sehingga memudahkan untuk langsung dipakai oleh pengguna. Sementara itu, cPanel justru hanya menawarkan Free Trial 15 hari sebelum pengguna harus membelinya.

3. Interface

Dari interface, keduanya memiliki tampilan yang mudah dipahami. cPanel menampilkan interface yang teratur sangat baik. aaPanel memiliki interface sederhana dan menekankan pada kemudahan bagi pengguna.

Lalu, Bagaimana Cara Menginstal aaPanel?

Kalian akan butuh VPS atau dedicated server berbasis Ubuntu, Debian, atau CentOS. Jalankan script instalasi menggunakan perintah tertentu untuk OS. Pasang username dan password untuk mengakses aaPanel melalui web browser.

Yuk dapatkan kemudahan manage aaPanel di VPS Jetorbit. Dengan aaPanel yang bisa kalian install sendiri di VPS dari Jetorbit, semuanya menjadi lebih mudah.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment