7+ Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Laptop dan Android Tahun 2024

Kalian tidak perlu terlalu khawatir karena ada berbagai antivirus terbaik yang dapat menangkal berbagai virus atau malware berbahaya di perangkat. Okay, simak selengkapnya yuk mengenai 7+ Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk Laptop dan Android Tahun 2024

Apa Itu Antivirus? 

Antivirus adalah program yang diciptakan untuk melindungi seluruh data dan sistem pada perangkat dari berbagai serangan program jahat. Malware, spyware, ransomware, trojan, dan program jahat lainnya juga berpotensi merusak data pada perangkat. 

Program jahat tidak hanya berpotensi merusak sistem maupun data di perangkat saja. Tanpa lapisan keamanan yang baik, tentu rentan terhadap tindak kejahatan siber lain yang dapat merusak data melalui berbagai celah.

Antivirus Laptop atau Komputer Terbaik  

Berikut ini ada lima antivirus terbaik 2024 yang dapat digunakan untuk keamanan data perangkat laptop atau komputer kalian: 

1. Bitdefender 

Antivirus satu ini menerapkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Bitdefender mampu mendeteksi, melindungi, dan mencegah malware atau virus dengan lebih efektif. 

Bitdefender juga mampu mendeteksi seluruh malware tanpa memberatkan kinerja sistem perangkat meski penggunaan pada hardisk yang penuh dan intens sekalipun. Bitdefender mampu menghapus dan menemukan segala sistem yang berbahaya dalam sistem secara real time

Beberapa keunggulan dari Bitdefender adalah sebagai berikut: 

  • Proteksi ransomware berlapis. 
  • Proteksi webcam. 
  • Proteksi anti-phishing. 
  • Layanan VPN. 
  • Pemindaian kustom dari sisi perangkat. 

FYI, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, loh. Namun, Bitdefender juga menawarkan versi premium atau berbayarnya. Cukup dengan harga mulai dari Rp 500 ribuan untuk satu tahun dan kalian dapat menggunakan Bitdefender di tiga perangkat sekaligus. 

2. McAfee 

Antivirus ini mampu melindungi perangkat dari serangan malware dan ransomware. McAfee juga memiliki berbagai fitur lain, seperti proteksi website, proteksi anti-phishing, VPN, pengelolaan sandi. 

Aplikasi ini juga mampu memonitor pencurian identitas dengan intuitif. Kalian pun dapat memantau keamanan perangkat secara real-time serta dapat menjadwalkan pemindaian atau scanning perangkat.

Anyway, tak hanya dapat digunakan di komputer atau laptop dengan OS Windows dan MacOS, McAfee juga kompatibel untuk perangkat Android dan iOS. Beberapa kelebihan lainnya dari McAfee, antara lain:  

  • Scam Protection, untuk mendeteksi tautan berbahaya secara cepat. 
  • Wifi Protection, untuk memindai keamanan jaringan untuk enkripsi data yang diakses. 
  • Mengatasi issues pada perangkat secara remote
  • Memberi jaminan 100% dan garansi penghapusan virus pada perangkat. 
  • Dapat digunakan di beberapa perangkat sekaligus dengan berlangganan paket tertentu. Tersedia juga paket keluarga.  

McAfee dapat digunakan dengan membayar biaya berlangganan dengan harga mulai dari Rp 300.000 pertahun untuk satu perangkat. Tenang, kalian juga dapat mencoba aplikasi ini secara gratis dengan mendaftarkan free trial selama 30 hari. 

3. Norton 

Norton dapat menjadi opsi untuk melindungi perangkat dari malware dan virus yang berpotensi merusak sistem perangkat dan data.  

Aplikasi Norton menawarkan perlindungan optimal dari malware dan anti-phishing. Kalian juga bisa mendapatkan firewall, pengelolaan kata sandi, hingga cloud storage 2GB.  

Beberapa kelebihan lain dari Norton adalah: 

  • Pemindaian cepat dan tidak memberatkan sistem. 
  • Pemindaian kustom, memindai lokasi dan folder khusus. 
  • Smart scan yang mampu memindai jaringan wifi. 
  • Mampu menjadwalkan pemindaian secara mingguan atau bulanan. 
  • Pemindaian otomatis tanpa mengganggu aktivitas akses karena Norton tidak memunculkan pemberitahuan ketika melakukan scanning

Kalian dapat menggunakan Norton dengan membayar biaya berlangganan dengan harga mulai sekitar Rp 230.697 untuk satu tahun pertama. Oia, Norton juga menawarkan beberapa tools gratis, loh. Kalian juga bisa mendapatkan free trial antivirus Norton selama 7 hari di halaman ini

4. Surfshark Antivirus 

Surfshark antivirus adalah salah satu fitur yang disediakan oleh perusahaan cyber security Surfshark. Antivirus ini berfokus pada pengembangan solusi keamanan data di dunia online. 

Surfshark menawarkan paket keamanan yang meliputi VPN, Antivirus, Search, dan Alert (sistem keamanan kebocoran data).  

Antivirus Surfshark berfokus untuk memberi keamanan data yang optimal kepada pelanggan dari berbagai sumber akses. Selain itu, Surfshark juga dapat digunakan untuk scan program yang baru saja diunduh, diinstall, maupun yang sudah digunakan.  

Keunggulan lain dari Surfshark antara lain: 

  • Memberhentikan malware secara real-time sebelum membahayakan perangkat. 
  • Menawarkan VPN dengan keamanan yang canggih, seperti fitur rotasi IP, koneksi multihop dinamis, dan CleanWeb dengan penggunaan yang mudah. 
  • Kecepatan akses beberapa server yang tergolong cepat karena 3000 server tersebar di 100 negara. 
  • Proteksi terhadap perangkat dengan jumlah unlimited
  • Mengirimkan notifikasi ketika email, data personal, ID, atau kartu kredit bocor di internet. 

Surfshark menawarkan berbagai fitur menarik ini dengan harga mulai sekitar Rp 168.137 perbulan. Surfshark juga memberi jaminan jaminan 30 hari uang kembali jika keamanan pelanggan tidak bekerja dengan optimal. 

5. Panda Dome 

Panda Dome adalah antivirus yang hanya kompatibel di OS Windows, Android, dan Mac. 

Panda Dome merupakan antivirus dengan layanan premium VPN (150MB/hari) untuk akses internet yang lebih private dan aman. Selain itu, antivirus ini dapat memberi proteksi jaringan Wifi agar terhindar dari hacker.  

Keunggulan lain dari Panda Dome antara lain: 

  • Dapat men-generate password yang unik dan kuat. 
  • Membersihkan dan menghapus file yang memberatkan kinerja perangkat. 
  • Perlindungan identitas untuk belanja dan akses informasi online. 
  • Fitur kontrol orang tua untuk membatasi penggunaan perangkat pada anak. 
  • Pemindaian perangkat eksternal untuk mencegah infeksi.

Memiliki kesamaan dengan Bitdefender, Panda Dome juga dapat digunakan secara gratis di perangkat. Namun, ada juga opsi premium dengan fitur yang lebih lengkap dengan biaya berlangganan mulai sekitar Rp 406.218 perbulan untuk satu tahun pertama.  

6. Kaspersky 

Kini paket keamanan Kaspersky berfungsi di semua perangkat dan mencakup fitur keamanan canggih, seperti firewall dan perlindungan dari adware.

Kini produk Kaspersky Anti-virus telah diganti dengan paket baru, yaitu Kaspersky Standard, Kaspersky Plus, dan Kaspersky Premium. Kaspersky Standard, Kaspersky Plus, dan Kaspersky Premium menggabungkan teknologi keamanan siber terbaru untuk memberikan perlindungan yang lebih komprehensif dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Dengan perlindungan antivirus pemenang penghargaan yang dipercayai dan disukai oleh lebih dari 400 juta pengguna, paket baru tersebut tersedia dalam berbagai opsi perangkat/tahun dan kompatibel dengan berbagai jenis sistem operasi.

Keunggulan lain dari Kaspersky antara lain: 

  • Paket terbaru Kaspersky menawarkan perlindungan berlapis dengan level keamanan, kinerja, dan privasi yang ditingkatkan.
  • Kaspersky Plus mencakup VPN supaya kalian menikmati penjelajahan cepat, dan keamanan data, privasi, serta lokasi kalian juga terjaga.
  • Nikmati keamanan seutuhnya untuk berbagai perangkat dengan satu lisensi, termasuk PC, Mac, Android, dan iPhone.

Kaspersky menawarkan berbagai fitur menarik ini dengan harga mulai sekitar Rp198.000/tahun.

Antivirus Android Terbaik 

Virus atau malware di ponsel tak hanya dapat mencuri atau menghapus data saja namun juga membuat akses melambat, baterai cepat terkuras, hingga munculnya iklan bahkan aplikasi asing di ponsel. 

Kalem, kalian dapat menghindari berbagai serangan ini dengan menggunakan antivirus terbaik 2024 untuk Android, yakni seperti berikut: 

1. AVG Antivirus & Security 

AVG Antivirus & Security merupakan salah satu antivirus terbaik untuk Android yang patut dicoba. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dengan cara mengunduhnya melalui Google Playstore. 

AVG Antivirus & Security mampu memberi keamanan kepada dengan pemindaian malware dan virus pada Android, penguncian aplikasi, anti-phishing, hingga perlindungan kata sandi untuk mengunci aplikasi di ponsel.  

AVG juga telah dilengkapi dengan fitur proteksi web untuk mengunduh file, layanan VPN dengan menyembunyikan alamat IP,  dan fitur pemindaian wifi untuk akses internet yang lebih aman. 

2. Norton360 Mobile Security 

Sama seperti versi desktop-nya, Norton Mobile Security juga masuk ke dalam daftar antivirus terbaik 2024 untuk Android. Anyway, aplikasi ini juga bisa didapatkan dengan gratis melalui aplikasi Google Playstore.  

Aplikasi ini juga menawarkan VPN dengan fitur antivirus Wifi Analyzer dan Ad Blocker. Dengan fitur ini, ponsel akan terlindungi dari dari ancaman malware, spyware, dan ancaman online lainnya. Kalian juga dapat mengakses ajb perbankan hingga belanja online dengan lebih aman.  

3. Trend Micro Mobile Security 

Aplikasi ini mampu melindungi ponsel dari bahaya malware, ransomware, situs berbahaya, jaringan wifi yang tidak aman, dan masih banyak lagi. Keunggulan lain yang dari antivirus ini adalah mampu melindungi data privasi di media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. 

Jadi, Pilihan Kalian Jatuh ke Antivirus Mana?

Okay, itulah beberapa rekomendasi antivirus terbaik 2024 untuk perangkat PC atau laptop serta Android. Silakan kalian memilih aplikasi dengan harga dan fitur yang paling cocok dengan kebutuhan kalian.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment