membuat link bit.ly

Apakah kalian juga menggunakan aplikasi bit.ly untuk menyingkat tautan URL? Hampir sebagian besar orang saat ini menggunakan aplikasi bit.ly untuk menyingkat tautan URL yang terlalu panjang. Okay, untuk memahami lebih lengkap mengenai fitur-fitur dan cara membuat bit.ly, baca yuk Cara Membuat Link Bit.ly beserta Fitur-Fiturnya

Apa Itu bit.ly?

Bit.ly menjadi platform ternama sebagai penyingkat tautan agar bisa diposting ke medsos. 

Jadi, bit.ly adalah suatu platform untuk mengelola tautan URL menjadi alat pemasaran bisnis yang mudah. Bit.ly memungkinkan pengguna untuk memperpendek tautan, berbagi, mengelola, serta menganalisis tautan ke dalam konten. 

Tak kurang dari miliaran tautan URL dibuat oleh jutaan pengguna setiap tahun. Mulai dari individu, startup, UKM, hingga perusahaan ternama skala global. Tersedia opsi paket berlangganan gratis dan berbayar bagi para pengguna, loh. 

Manfaat bit.ly

Platform bit.ly memberikan banyak manfaat yang berharga bagi pengguna sebagai berikut:

  • Mengelola dan menyesuaikan tautan dengan brand tertentu.
  • Melacak data klik secara real-time.
  • Mendapatkan info detail tentang siapa yang sudah mengklik tautan, lokasinya di mana, dan informasi lainnya secara efisien.
  • Mengintegrasikan tautan dengan API.

Fitur-fitur Bitly

Dilansir dari Bitly, terdapat beberapa fitur yang disediakan untuk memaksimalkan penggunaan share link yang kalian lakukan, antara lain:

Memperpendek Link

Fitur utama dari Bitly ialah untuk memperpendek atau mempersingkat link. Hal ini bisa dilakukan dengan cepat bahkan hanya dalam beberapa langkah saja. Link yang singkat akan lebih enak dilihat dan meningkatkan kredibilitas.

Membuat Branded Link

Dengan Bitly, kalian dapat membuat dan membagikan branded link atau tautan yang terlihat seperti brand milik kalian sendiri. Hal ini dapat menambah kepercayaan pada audiens dan meningkatkan click-through rate hingga 34%.

Untuk pengguna gratis, Bitly menawarkan kustomisasi bagian belakang link. Sedangkan untuk pengguna berbayar, Bitly menawarkan branded link yang dapat menggantikan bagian depan link.

Mengubah URL Tujuan/Redirect Link

Jika kalian ingin memperbaiki kesalahan tujuan link, memperbarui URL tujuan, atau ingin mengakhiri link yang sudah expired secara manual, semuanya dapat dilakukan dengan bantuan Bitly!

Kalian dapat dengan mudah mengubah link/URL tujuan, termasuk link Kode QR. Bitly dapat menetapkan URL baru ke salah satu link kalian.

Memberikan Insights dari Hasil Klik Link

Ketahui audiens dari insights hasil klik link yang dibagikan dengan link Bilty. Kalian dapat dengan mudah mengetahui performa link yang kalian bagikan.

Bitly menyediakan data-data, seperti lokasi geografis, referring link channels, dan lainnya supaya kalian bisa mengambil keputusan yang tepat dalam menginvestasikan sumber daya untuk bisnis online kalian.

Mengintegrasikan Link

Bitly dapat membuat link yang mengintegrasikan suatu platform ke platform lainnya dengan mudah. Membagikan link jadi lebih efisien menggunakan Bitly API yang sudah tepercaya dan dengan 700+ aplikasi integrasi Bitly.

Membuat Link yang Aman dan Tepercaya

Link yang dibuat dengan Bitly sangat aman. Setiap link dienkripsi dengan HTTPS untuk mencegah penyadapan atau gangguan dari pihak yang tidak diinginkan.

FYI, untuk menikmati fitur-fitur tersebut dengan maksimal, kalian  harus membuat akun di Bitly. Tersedia beberapa pilihan paket berlangganan Bitly untuk bisa menikmati fitur-fitur dengan lengkap.

Cara Membuat Link Bitly dari Website

Okay, berikut ini cara untuk membuat link Bitly dengan cepat dan mudah:

1. Buka Bitly

Langkah pertama, silakan buka situs Bitly pada browser. Akan terlihat tampilan seperti berikut.

membuat link bit.ly

2.  Cari Kolom Shorten Link pada Laman

Selanjutnya, geser laman ke bawah hingga menemukan tampilan kolom ‘Shorten Link’.

membuat link bit.ly

3. Salin Link yang Ingin Diperpendek

Buka laman link yang ingin diperpendek pada tab lain untuk menyalin link tersebut.

link bit.ly

4. Masukkan Link

Kembali ke laman Bitly, tempel link yang tadi sudah disalin ke dalam kolom ‘Shorten your Link’.

masukkan link

5. Klik ‘Shorten’

Klik ‘Shorten’, lalu link yang sudah diperpendek akan langsung muncul di kolom tersebut.

6. Salin Link dengan klik ‘Copy’

Setelah selesai, silakan kalian salin link dengan klik ‘Copy’. Link kalian sudah berhasil diperpendek dengan Bitly!

copy link

Mengapa Harus Memperpendek Link?

Selain membuat alamat web yang lebih ringkas, ada beberapa keuntungan lain dari memperpendek link.

Membuat Tampilan Link Lebih Mudah Dibaca

Link yang pendek lebih menarik dan mudah dibaca. Selain itu link pendek yang sudah dikustomisasi sendiri bisa lebih mudah diingat.

Memudahkan untuk Dibagikan dalam Sosial Media

Ketika ingin membagikan link di sosial media, tkadang ada pembatasan jumlah karakter yang ditetapkan di dalamnya. Makanya perlu memperpendek link supaya memenuhi syarat jumlah karakter untuk dibagikan.

Meminimalisir Kesalahan dalam Penyalinan Link

Link yang terlalu panjang dan ribet bisa jadi salah satu sebab kesalahan penyalinan link.

Mempermudah Mengetahui Performa Link

Bitly dan beberapa situs shorten URL lain menyediakan fitur untuk mengetahui performa link. Dari mana saja audiens mengklik link yang sudah kita bagikan, dan fitur yang lain.

Terlihat Lebih Profesional dan Terpercaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak orang memilih untuk mengklik link yang dipercaya. Dengan link yang pendek dan di-custom sendiri, tentu audiens lebih percaya untuk mengkliknya.

Gimana, ternyata cara membuat bit.ly standar maupun custom mudah, kan? Layanan bit.ly ini akan sangat membantu, terutama jika kalian ingin memposting tautan, seperti CV, resume, atau portofolio yang memiliki batas karakter.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment