jenis digital marketing

Selama satu dekade ke belakang, digital marketing memiliki peranan penting dalam dunia marketing. Dengan menggunakannya, audiens yang dijangkau menjadi lebih luas lagi. Penggunaan digital marketing akan berujung pada banyaknya audiens yang akan tertarik pada product atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah company atau bisnis sehingga dapat meningkatkan awareness dan sales. Okay, kalau begitu simak yuk 9 Jenis Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

9 Strategi yang Ada di Dalam Digital Marketing

Berikut ini jenis dari digital marketing:

Email Marketing

Dengan berkembangnya social media, mobile apps dan banyak platform lainnya, email marketing masih menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mencapai goals dari marketing sebuah company atau bisnis.

Email marketing dilakukan dengan mengirimkan email-email, seperti promosi, edukasi, offers, updates, dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat para penerima email akan merasa berinteraksi oleh sebuah company atau bisnis.

Dengan Return on Investment (ROI) yang tinggi serta memiliki tingkat open rate yang lebih baik, ini dapat mengkonversi para user yang menerima email dari sebuah company atau bisnis.

Search Engine Optimization (SEO)

Goals dari SEO ini adalah mencapai page paling awal pada search engine, seperti Google. Jika sebuah content atau website dan page berada pada page 1 di Google maka traffic yang akan masuk pun akan lebih tinggi. Alasannya adalah karena biasanya orang yang melakukan pencarian di Google jarang sekali membuka page 2.

Dengan memilih keyword yang baik dan tepat yang sering digunakan di search engine Google. Website, page, dan content kalian dapat naik ke page 1 Google.

Pay-per-Click (PPC)

PPC ini merupakan paid advertisement yang dijalankan di platform, seperti Google. Ads yang dijalankan akan ada di paling atas bagian search engine. Sistemnya adalah ketika orang melakukan klik pada Ads tersebut, kalian akan membayar setiap klik tersebut. Ini merupakan strategi yang efektif karena kalian akan membayar setiap orang yang mengklik tersebut dan akan landing di website kalian.

Social Media Marketing

Social media juga memiliki impact yang besar. Oleh karena itu, social media marketing dapat menjadi salah satu strategi yang mampu memenangkan banyak hati audiens. Cara melakukannya cukup mudah, hanya dengan melakukan promosi melalui post social media mengenai product atau jasa yang akan ditawarkan.

Content Marketing

Content marketing merupakan story telling atau pemberian informasi tentang banyak hal untuk menarik brand awareness dari audiens. Goals dari strategi ini adalah membuat audiens melakukan action pada call-to-action button yang di letakkan di dalam email. Selain itu, hal ini dapat membuat audiens menginginkan informasi yang lebih sehingga memberikan emailnya dan akan menjadi email list sebuah company atau bisnis.

Mobile Marketing

Jenis digital marketing ini berfokus untuk menjangkau target audiens kalian di smartphone atau tablet mereka. Mobile Marketing menjangkau orang-orang melalui pesan teks, social media, situs web, email, dan aplikasi seluler. Marketer dapat menyesuaikan penawaran atau konten khusus, seperti saat pelanggan masuk ke toko online atau menghadiri suatu event.

Marketing Analytics

Salah satu keuntungan utama digital marketing adalah sangat mudah dilacak dan diukur. Saat ini, analytics memungkinkan marketers untuk melacak user behaviour pada tingkat yang sangat rinci. Seperti, berapa kali mereka mengklik tautan, berapa banyak waktu yang mereka habiskan di halaman web, seberapa sering mereka membuka email, dan sebagainya.

Dengan melakukan strategi ini, marketers dapat melihat bahwa apa yang salah pada campaign saat ini serta melakukan evaluasi untuk membuat next campaign menjadi lebih baik lagi.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing memanfaatkan popularitas pakar industri dan influencer social media yang terus meningkat. Dalam bekerja dengan influencers ini, company atau bisnis kalian akan berkolaborasi untuk mempromosikan product atau layanan kalian. Dalam kerjasama ini, influencer akan melakukan posting di social media, blog, atau video YouTube. Dengan begitu, orang-orang yang melakukan follow pada influencers ini akan tergugah untuk menggunakan product atau jasa yang sama.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Periklanan Asli

Periklanan asli melibatkan pencampuran materi pemasaran ke dalam media, membuat pesan yang mendasari dan tujuan pemasaran sama pentingnya. Konten bersponsor, yang mana satu bisnis memposting kontennya sendiri di situs web yang berbeda adalah metode periklanan asli yang umum.

Okay, jadi itulah 9 jenis strategi digital marketing yang dapat digunakan untuk membuat sales sebuah company dan bisnis dapat meningkat dengan pesat. Digital marketing ini sangat membantu dalam melakukan penjualan dan juga membangun brand awareness, terutama di era digital ini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “9 Jenis Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda”

    1. silvia Avatar

      Terima kasih ya Kak udah mampir ke blog kami, semoga bermanfaat ya 🙂

Leave a Comment