9 cms forum terbaik

Forum menjadi cikal bakal platform media sosial yang kita lihat saat ini, seperti Facebook. Forum adalah suatu platform yang menjadi tempat berinteraksi para user dan membuatnya juga tak sesulit yang dibayangkan. Lalu apa saja CMS forum terbaik dan mana CMS untuk forum yang wajib kalian miliki? Okay, simak yuk 9 CMS Forum Terbaik untuk Membuat Komunitas Online

Apa Saja Fitur yang Harus Dipertimbangkan Ketika Mencari CMS Forum Terbaik?

Selain fungsionalitas dasar, ada banyak fitur yang wajib kalian ketahui serta pertimbangkan jika ingin memberikan kenyamanan dan kepuasan pada para pengguna forum:

  • Kustomisasi profil. Dengan memberikan keleluasaan pada user untuk mengkustomisasi atau mengedit profilnya maka faktor engagement akan meningkat. User akan lebih nyaman dan terkontrol.
  • Text editor yang powerful. Hampir 100% forum berbasis teks. Oleh karena itu, kalian harus menyediakan text editor yang canggih untuk membuat dan mengedit post.
  • Pesan pribadi. Forum merupakan situs diskusi publik. Namun, menghadirkan layanan pesan pribadi merupakan cara terbaik untuk membina hubungan yang interpersonal.
  • Comment signatures. Sama seperti kustomisasi profil, opsi untuk mengelola komentar yang ditulis user di forum mampu meningkatkan engagement. User dapat mengedit atau bahkan mengubah komentar yang ditulis.
  • Sistem ‘achievement’. Banyak forum yang setup ‘level’ untuk kemudian dapat di-unlock jika user sudah mencapai level atau jumlah waktu tertentu. Sistem ini memberikan penghargaan bagi user karena sudah menjadi anggota dan terus berpartisipasi di situs forum.

Dari kelima fitur yang disebutkan di atas, tidak semuanya diharuskan ada di CMS forum yang dipilih, ya. Kebutuhan situs forum bergantung pada tipe experience yang ingin kalian hadirkan bagi para user.

9 CMS Forum Terbaik

Berikut ini ada penjelasan yang akan membantu kalian dalam menentukan CMS yang tepat untuk membuat forum.

phpBB

phpBB merupakan platform forum yang fleksibel serta memungkinkan untuk membuat board yang mana user yang sudah mendaftar bisa menulis dan memposting pesan atau komentar.

9 cms forum terbaik 1

Bahkan phpBB mampu menangani ribuan user, apalagi jika kalian menggunakan layanan hosting berkualitas sebagai fondasi untuk situs forum kalian.

Selain menawarkan fungsionalitas dasar, phpBB juga menyediakan ekstensi gratis untuk diinstall sehingga dapat menambahkan fitur baru di forum. Tampilan forum juga dapat diubah menggunakan tema yang ada di phpBB. User pun memperoleh berbagai opsi untuk mengkustomisasi profil dan postingannya.

phpBB adalah software yang open source dan punya nilai guna untuk membuat komunitas online yang aktif.

Kelebihan:

  • Merupakan software forum yang powerful dan telah dilengkapi dengan beragam opsi hirarki.
  • Memungkin user untuk mengkustomisasi post dan profil mereka.
  • Memberikan akses ke berbagai opsi moderation.
  • Menawarkan ekstensi dan tema untuk mengedit tampilan forum.
  • Sangat responsif.

Kekurangan:

  • Tema phpBB outdated padahal sudah tahun 2019.

MyBB

Mencari dan memilih CMS forum tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk fitur atau fungsionalitas yang ditawarkan. Fitur-fitur yang dimaksud meliputi setup board pesan, registrasi user, dan pengaktifan moderation.

9 cms forum terbaik 2

MyBB  punya banyak fitur yang mirip dengan yang dimiliki phpBB. Platform ini telah dilengkapi dengan plugin dan tema yang powerful, komunitas yang aktif, serta mudah digunakan.

Perbedaannya, koleksi ekstensi yang ada di MyBB tidak sebanyak yang ada di phpBB. Namun, style yang dimiliki MyBB lebih unggul jika dibandingkan dengan phpBB. CMS forum MyBB menawarkan tampilan yang lebih modern sehingga user akan familiar dan mudah menggunakannya.

Kelebihan:

  • Platform forum yang open source dan mudah digunakan serta telah dilengkapi dengan beragam fitur dasar untuk komunitas online yang hendak kalian bangun.
  • Tersedia plugin dan tema untuk mengkustomisasi situs forum.
  • Menawarkan sistem user reputation.
  • Memudahkan kalian untuk menginstall kalender.

Kekurangan:

  • Platform ini tidak se-powerful phpBB.

phpBB memang menawarkan lebih banyak fitur yang advanced tapi MyBB sudah lebih dari cukup untuk menjadi platform bagi forum-forum populer.

WordPress

Dikarenakan kaya dengan plugin, platform ini memungkinkan para penggunanya unuk membuat website apapun, mulai dari blog sederhana hingga toko online.

9 cms forum terbaik 3

Asgaros Forum, wpForo Forum, dan bbPress adalah beberapa plugin terbaik untuk membuat forum di WordPress. Ketiga plugin ini menyediakan fitur dasar dan opsi tambahan lainnya untuk mengkustomisasi forum. Nah, kalian juga tentunya bisa memilih berbagai paket WordPress Hosting terbaik yang disediakan oleh Jetorbit. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Kelebihan:

  • Jumlah tema dan plugin yang banyak dan bisa ditemukan di internet dengan mudah.
  • Mudah digunakan.
  • Memungkinkan kalian untuk mengonlinekan website dan juga board.
  • Tersedia beragam plugin forum, terutama jika kalian ingin menghadirkan user experience yang berkualitas.

Kekurangan:

  • Tidak memiliki forum bawaan sehingga kalian harus menginstall plugin khusus.

Jika sudah familiar dengan WordPress, kami sarankan untuk membuat forum menggunakan CMS ini saja. Eitss, WordPress juga ditujukan bagi para pemula di bidang website yang belum tahu apa-apa, lho. Hal ini dikarenakan WordPress mudah digunakan dan dikelola. 

Joomla!

Website apapun dapat dibuat di Joomla!, termasuk situs forum online. Keren, kan. CMS ini tidak berbeda jauh dari WordPress, sama-sama memiliki plugin dan tema yang powerful sehingga lebih mudah dikustomisasi.

9 cms forum terbaik 4

Satu hal yang membedakan Joomla! dari WordPress. Apabila WordPress mudah dikelola bahkan oleh orang awam website sekalipun, tidak demikian dengan Joomla!. CMS ini menyediakan kontrol penuh terhadap website atau aplikasi yang sedang dikembangkan makanya Joomla! menjadi platform yang lebih dikhususkan bagi web developer.

Untuk membuat forum di CMS ini, pilihlah plugin yang tepat, seperti Kunena, ChronoForums, dan EasyDiscuss (plugin yang disebutkan terakhir masuk dalam kategori premium alias harus membelinya agar dapat diaktifkan).

Kelebihan:

  • Lebih leluasa dalam mengontrol dan mengutak-atik proyek online yang sedang kalian kerjakan.
  • Memiliki banyak plugin untuk membuat forum online.
  • Menawarkan keamanan bawaan yang powerful dan fitur Search Engine Optimization (SEO).

Kekurangan:

  • Membuat website di Joomla! lebih sulit daripada mengonlinekan situs di platform lain.
  • Tidak seperti WordPress, plugin forum Joomla! lebih sedikit.

Kedua CMS ini memiliki kelebihannya masing-masing. WordPress lebih user-friendly bagi pemula di dunia website, sedangkan Joomla! lebih sulit makanya kalian setidaknya harus punya pengalaman di bidang web development agar dapat memaksimalkan CMS ini.

Drupal

Dalam hal fitur default, Drupal lebih unggul daripada WordPress dan Joomla!. Berbicara soal fungsionalitas, Drupal merupakan salah satu CMS yang paling powerful untuk semua jenis website. Hanya saja, dengan adanya berbagai fitur tambahan, berarti learning curve-nya semakin tinggi dan sulit. Menggunakan Drupal tanpa adanya pengetahuan tentang web development sama saja dengan ‘mencari masalah’.

9 cms forum terbaik 5

Drupal memiliki banyak pilihan module dan tema yang bisa kalian kustomisasikan sesuai keinginan. Hanya saja, kalian tak perlu menggunakan ekstensi untuk membuat forum di Drupal karena platform ini sudah dilengkapi dengan fungsionalitas bawaan yang ada di fitur inti. Meski demikian, ada module yang bisa digunakan untuk memodifikasi opsi default, misalnya Advanced Forum.

Kelebihan:

  • Memiliki segudang opsi kustomisasi.
  • Menawarkan fungsionalitas forum bawaan.
  • Menyediakan beragam module dan tema untuk membuat dan mengedit situs forum.

Kekurangan:

  • Drupal bukanlah CMS forum yang tepat jika Anda sama sekali tidak atau belum punya pengalaman di web development.

Jika mencari CMS untuk forum yang punya skalabilitas dan fitur enterprise-level maka Drupal adalah alternatif terbaik yang pernah ada. Apalagi jika kalian seorang developer, tak akan ada kesulitan yang berarti untuk membuat forum di platform ini.

Vanilla

Vanilla, di sisi lain terasa unik dan berbeda. Tak hanya open source, platform ini juga memiliki versi premium.

9 cms forum terbaik 6

Ingin tahu berapa harga versi premium Vanilla? Jangan kaget ya karena harus menyiapkan biaya sebesar Rp 8.386.000,- untuk mendapatkan software forum premium. Itu pun versi yang ditujukan untuk pengguna enterprise-level.

Tenang, Vanilla punya versi gratis, kok. Untuk membuat forum sederhana, versi gratisnya dirasa sudah lebih dari cukup karena menawarkan sejumlah fitur canggih.

Dibandingkan kelima software forum sebelumnya, platform Vanilla dinilai jauh lebih unggul karena pondasinya yang berkualitas dan premium. Kalian dapat membuat board pesan dengan tampilan memukau dan menarik, serta memperoleh akses ke berbagai tema dan plugin yang dimilikinya. Sayangnya, jumlah plugin gratis tidak banyak. Ya mau tak mau, kalian harus ‘setia’ dengan fitur default.

Selain fitur dasar, kalian juga bisa memilih fitur di bagian ‘Best Of’, menggunakan text editor, mendapatkan kemudahan karena adanya post auto-saving, dan masih banyak lagi.

Kelebihan:

  • Memiliki berbagai tema dan plugin dasar untuk membuat situs forum yang unik serta menarik.
  • Memungkinkan user untuk menggunakan advanced text editor yang dilengkapi dengan berbagai opsi.
  • Auto-saving konten yang kalian tulis.
  • Adanya opsi untuk membuat grup pribadi yang ditawarkan ke user forum.

Kekurangan:

  • Plugin dan tema gratis tidak banyak dan terbatas.

Simple Machines Forum

Simple Machines Forum hampir sama dengan phpBB. Perbedaannya hanya terletak di fleksibilitas yang dimiliki oleh module dan tema Simple Machines Forum.

9 cms forum terbaik 7

Simple Machines Forum menawarkan package manager untuk memudahkan pemasangan dan update module. Bahkan CMS forum yang bersifat open source ini menyediakan banyak sekali pilihan plugin dan tema. Selain itu, platform ini juga menyediakan versi berbayar yang ditujukan bagi anggota forum. 

Kelebihan:

  • Memiliki banyak pilihan module dan tema untuk membuat situs forum.
  • Hanya dengan sekali klik, kalian bisa memilih bahasa yang diinginkan.
  • Proses setup yang simpel bagi user yang menginginkan versi premiumnya.

Kekurangan:

  • Sebagian besar tema outdated.
  • Opsi kustomisasi profil terbatas.

Simple Machine Forum adalah pilihan yang tepat jika mencari CMS forum yang memiliki berbagai pilihan module dan tema. Selain itu, user juga diberikan kesempatan untuk upgrade ke versi premium. Namun, kalau mencari CMS untuk forum yang lebih stylish, Simple Machine Forum bukanlah opsi terbaik.

FluxBB

Ada kalanya kalian tak memerlukan ratusan fitur untuk mengonlinekan dan mengelola situs forum, hanya perlu sedikit fitur untuk memoles web komunitas online kalian. Itulah yang ditawarkan FluxBB. Fokus utama CMS forum ini tertuju pada performa dan kecepatan website.

9 cms forum terbaik 8

Meski simpel, bukan berarti FluxBB minim fitur. Platform ini menawarkan berbagai fitur dasar untuk membuat messaging board dan juga opsi moderation lainnya. Bahkan di dalamnya bisa menemukan tema dan plugin walaupun jumlahnya terbatas.

Bagi yang lebih suka forum dengan tampilan simpel maka FluxBB wajib diinstall.

Kelebihan:

  • Memiliki performa yang cepat.
  • Tersedianya tema dan plugin untuk membuat forum.
  • Adanya opsi advanced untuk kustomisasi profil dan sistem peringkat user.

Kekurangan:

  • Koleksi plugin dan tema yang sedikit.

Meskipun fiturnya tidak banyak, FluxBB memiliki segalanya yang dibutuhkan untuk membuat situs forum dengan tampilan lebih modern dan profesional. Bagi kalian yang tidak mau berurusan dengan kerumitan software tapi ingin mengonlinekan forum yang memiliki kecepatan dan performa terbaik maka FluxBB layak dipertimbangkan.

Codoforum

Codoforum adalah CMS forum gratis yang berbasis PHP dan MySQL. Seperti yang dikatakan pembuatnya, user experience menjadi salah satu fokus utama dari script ini. Oleh karena itu, software ini menawarkan kemudahan, tampilan forum yang menarik, dan berbagai fitur unggulan. 

9 cms forum terbaik 9

Salah satu keunggulan script ini adalah kalian bisa menginstallnya di server manapun yang support PHP dan MySQL. Panduan dan pembahasan yang lengkap mengenai plaform ini bisa kalian baca di bagian documentation.

Kelebihan:

  • Tersedia versi gratis.
  • Artikel dan panduan yang lengkap.
  • Mudah diinstall.
  • Tampilan rapi dan simpel.

Kekurangan:

  • Versi berbayarnya cukup mahal.
  • Ada tulisan “powered by” di versi gratisnya.

Codoforum dan fitur-fiturnya sering diupdate lho sehingga layak untuk dijadikan salah satu CMS forum terbaik.

Kalian tenang saja, cara membuat forum hampir sama dengan cara membuat website lain, kok. Kalian harus pilih forum hosting yang handal dan tepercaya serta tool yang menyediakan semua fitur yang dibutuhkan untuk mengonlinekan forum. 

Kalian ada pertanyaan? Silakan tulis di kolom komentar, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment