8 Tips SEO YouTube Sederhana Supaya Bisa Memberi Peringkat Video Lebih Tinggi dalam Pencarian

Sharing is caring!

Semua orang tahu bahwa orang lebih suka menonton video daripada membaca posting blog yang panjang dan besar. Artinya bahwa SEO video dapat memiliki manfaat yang banyak, seperti peningkatan waktu tonton, kesadaran merek yang lebih luas, dan lebih banyak penjualan dan prospek. Oke, yuk baca 8 Tips SEO YouTube Sederhana Supaya Bisa Memberi Peringkat Video Lebih Tinggi dalam Pencarian

8 Tips SEO YouTube

Kalian dapat menggabungkan strategi SEO dan video kalian untuk membantu meningkatkan pemasaran dengan cara yang cukup mudah dan sederhana. Melakukan hal ini tidak hanya akan meningkatkan waktu tonton video kalian tetapi juga menarik perhatian pelanggan kalian dan membantu kalian agar lebih maju dengan hal-hal seperti pemasaran ulang YouTube.

Pilih kata kunci dengan bijak

SERP semakin kompetitif setiap bulannya. Pesaing baru, produk baru, layanan baru. Jadi, menemukan cara untuk mendiversifikasi diri kalian dan penawaran kalian sangatlah penting. Lakukan riset kata kunci kalian (kecuali kalian dapat bersaing dengan istilah yang benar-benar kompetitif) dan pilih kata kunci yang dapat memberi kalian volume,= tetapi kurang kompetitif.

Kalian dapat menggunakan alat penelitian kata kunci yang sama dengan yang kalian gunakan untuk PPC atau SEO, seperti Google Keyword Planner, Moz, Semrush, dan lain-lain.

Gunakan kata kunci dalam judul video kalian

Kita tahu bahwa jenis pencarian yang paling umum mencakup informasi, komersial, navigasi, dan transaksional. Jadi, mencocokkan tentang apa video kalian dengan maksud pelanggan kalian sangatlah penting untuk membuat video kalian terlihat di hasil pencarian.

Kedua, pastikan kalian memahami MENGAPA kalian ingin membuat video YouTube dan siapa audiens utamanya. Misalnya, jika ingin menampilkan ulasan produk, gunakan nama produk di judul dan deskripsi video.

Sertakan kata kunci dalam file video kalian

Sangat sederhana tetapi YouTube dapat menggunakan ini sebagai salah satu faktor peringkat saat menampilkan video kalian di hasil pencarian. Jika nama file yang kalian unggah memiliki kata kunci target di dalamnya, video kalian akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk mendapatkan peringkat.

Saat mengunggah video baru, kalian dapat melihat nama file YouTube menggunakan ini untuk memastikan video relevan sehingga pastikan nama file kalian diperbarui sebelum kalian mengunggahnya!

Optimalkan deskripsi video YouTube kalian

Salah satu faktor peringkat terpenting untuk SEO YouTube adalah memastikan kalian memiliki deskripsi video yang solid dan dioptimalkan.

YouTube menyarankan agar kalian memasukkan kata kunci terpenting Anda di beberapa kalimat pertama deskripsi dan deskripsi tidak boleh lebih dari 200 kata.

Youtube memiliki beberapa sumber daya hebat di Youtube Creator Studio yang merupakan sumber daya yang selalu diperbarui dengan informasi terkini. Tentunya hal ini memiliki daftar praktis yang memandu kalian melalui langkah-langkah menuju deskripsi video yang sukses:

  • Sertakan ikhtisar video kalian menggunakan bahasa alami.
  • Masukkan kata kunci yang paling penting di awal deskripsi.
  • Pilih 1–2 kata utama yang mendeskripsikan video kalian dan tampilkan dengan jelas di deskripsi dan judul kalian.
  • Gunakan alat kata kunci, seperti Google Trends dan Google Ads Keyword Planner  untuk mengidentifikasi kata kunci populer dan sinonimnya. Menyertakan istilah ini dapat membantu kalian memaksimalkan lalu lintas dari penelusuran lho.
  • Hilangkan kata-kata yang tidak relevan dalam deskripsi karena hal itu menciptakan pengalaman menonton yang buruk dan mungkin melanggar kebijakan Google.

Gunakan tagar video untuk mendorong hasil pencarian YouTube

Di seluruh media sosial, tagar (#) sekarang digunakan untuk membantu pengguna menemukan konten yang menjawab pertanyaan mereka di berbagai platform. Nah, kalian dapat menggunakan tagar terkait (#) dalam deskripsi video untuk membantu penonton menemukan video kalian saat mereka menelusuri tagar tertentu.

Pilih kategori video

Jika pengguna mencari video tertentu dengan opsi lanjutan, mereka dapat memilih pencarian untuk menampilkan video dari kategori yang dipilih. Saat mengunggah video kalian, penting untuk mengkontekstualisasikan video kalian dengan kategori sehingga kalian akan memiliki peluang lebih baik untuk ditemukan oleh pengguna.

tips-seo-youtube-1

Sesuaikan thumbnail image kalian

Thumbnail dapat membantu atau menghalangi video YouTube kalian. Mereka adalah hal pertama yang menarik perhatian orang ketika mereka melihat hasil pencarian YouTube. Thumbnail yang kuat dapat menghasilkan waktu tonton yang lebih tinggi, yang dapat memiliki pengaruh besar pada peringkat YouTube. Buat sesuatu yang menarik perhatian orang dan menonjol dari yang lain sehingga video kalian diperhatikan. Setuju? 

Tambahkan subtitle dan teks

Menggunakan subtitle dan teks adalah tips terakhir untuk sukses di pencarian YouTube.

Subtitle video dirancang untuk mengkomunikasikan dialog video bagi pemirsa yang tidak dapat memahami bahasa video dan teks tertutup ditujukan untuk pemirsa yang tidak dapat mendengar audio.

File subtitle dan teks dapat berisi teks dari apa yang dikatakan dalam video, seperti transkrip. File juga akan berisi kode waktu kapan setiap bit teks harus ditampilkan melalui video sehingga dapat dicocokkan dengan ucapan atau elemen visual lainnya.

Manfaat lain dari memiliki transkrip untuk video kalian adalah dapat diambil oleh mesin pencari yang luas, seperti halnya blog. Nah, pada layar unggah video, kalian dapat memilih file dan bahasa video kalian.

Oke Guys, itulah 8 poin jitu yang dapat kalian lakukan agar peringkat video kalian bisa lebih tinggi dalam pencarian. Anyway, kalian sharing yuk di kolom komentar terkait pembahasan di atas agar kawan-kawan lain bisa mendapatkan insight baru 🙂

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
8 Tips SEO YouTube Sederhana Supaya Bisa Memberi Peringkat Video Lebih Tinggi dalam Pencarian
Artikel
8 Tips SEO YouTube Sederhana Supaya Bisa Memberi Peringkat Video Lebih Tinggi dalam Pencarian
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Orang lebih suka menonton video kan? Yuk baca 8 Tips SEO YouTube Sederhana Supaya Bisa Memberi Peringkat Video Lebih Tinggi dalam Pencarian
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment