8 Tips Internet untuk Membantu Anda Menemukan Situs Web Palsu

Sharing is caring!

Anda mungkin akan benar-benar terkejut karena betapa banyak orang mengabaikan hal ini secara teratur. Yup, terkait tips untuk menemukan situs web palsu. Atau Anda pernah kena tipu suatu web palsu? Artikel berikut sangatlah bermanfaat bagi Anda karena bisa menjadi referensi tindak pencegahan. Makanya baca sampai selesai ya 8 Tips Internet untuk Membantu Anda Menemukan Situs Web Palsu

Tips untuk Membantu Anda Temukan Situs Palsu

Berikut adalah delapan tips untuk membantu Anda tetap aman saat online:

  1. Percayai Browser Anda

Browser adalah portal kita ke internet. Kita bisa menjelajah ke mana yang kita inginkan. Silakan Anda mempercayai serta “mendengarkan” browser Anda karena browser pun akan menyarankan Anda untuk tidak mengunjungi situs web menyimpang.

  1. Cari Bahasa Inggris yang Buruk

Situs web yang baik bangga dengan diri mereka sendiri. Itu artinya grafik terlihat tajam, ejaan dan tata bahasanya tepat serta seluruh pengalaman terasa efisien dan dipoles. Jika Anda berada di situs web yang rasanya ditulis oleh seseorang yang tidak berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, Anda mungkin ingin sedikit waspada. Apalagi jika kesalahan itu muncul di halaman-halaman penting.

  1. Lihatlah Bagian Contact Us

Tanda lain terkait apakah sebuah situs web palsu atau tidak dapat ditemukan di bagian “Contact Us”. Berapa banyak informasi yang ada? Apakah alamat juga diinformasikan? Bagaimana dengan nomor telepon? Apakah jalur itu benar-benar terhubung ke perusahaan? Semakin banyak informasi yang diberikan, semakin Anda harus percaya diri (asalkan itu informasi yang benar-benar bagus).

Jika yang mereka berikan kepada Anda hanyalah alamat email bahkan lebih buruk, tidak ada informasi kontak apapun, tinggalkan. Anda pun harus ingat untuk memverifikasi informasinya.

  1. Apakah Ada Iklan yang Berlebihan?

Iklan adalah fakta kehidupan. Ke manapun Anda pergi, Anda akan melihat iklan. Tetapi jika Anda berada di situs web yang lebih banyak iklan daripada konten maka Anda perlu berhati-hati. Jika Anda harus mengklik beberapa tautan untuk melewati pengalihan yang cukup mengganggu untuk mencapai halaman yang dimaksud. Itu artinya Anda berada di situs web yang mungkin palsu atau setidaknya penipuan.

  1. Periksa Who.Is

Jika Anda benar-benar ingin tahu siapa yang menjalankan situs web, ada database bernama Who.Is yang dapat memberi tahu Anda alamat email tempat itu terdaftar. Ada sejumlah situs gratis yang memungkinkan Anda memeriksa pendaftaran WHO.IS resmi suatu situs web meskipun kekhawatiran GDPR belakangan ini memiliki akses yang rumit.

Registrasi WHO.IS dapat memberi tahu Anda pemilik situs web dan apakah itu individu atau perusahaan. Jika itu perusahaan, akan ada “organisasi” yang terdaftar bersama dengan alamat dan nomor telepon.

Untuk seorang individu, akan ada “Name” yang tercantum bersama dengan alamat. Ini bisa menjadi alat yang sangat berharga, terutama saat Anda berurusan dengan merek. Jika Anda berada di situs web yang mengaku dimiliki oleh perusahaan besar tetapi terdaftar di beberapa alamat di negara lain, ada kemungkinan besar Anda berada di situs web palsu.

  1. Periksa Kebijakan Pengembalian dan Pengiriman

Setiap perusahaan e-commerce yang sah akan memiliki kebijakan pengiriman dan pengembalian karena hal itu dianggap praktik terbaik. Jadi setiap situs web yang bermaksud menjual sesuatu tetapi tidak memiliki dokumentasi ini maka secara otomatis dicurigai.

Demikian juga jika Anda mengklik tautan dan kebijakan tersebut telah disalin dan ditempelkan langsung dari situs web lain maka hal itu juga mencurigakan.

  1. Bentuk Pembayaran Apa yang Mereka Terima?

Sebagian besar perusahaan yang sah akan mengambil kartu kredit utama dan biasanya memiliki beberapa opsi kartu nonpembayaran juga. Jika sebuah situs web meminta Anda untuk mengirim uang ke alamat PayPal acak, kirimkan melalui Western Union, bayar dengan kartu hadiah iTunes atau hanya berurusan dengan cryptocurrency yang seharusnya mengirim red flag.

Ingat, situs web yang sah tidak akan menyembunyikan apapun dan kemungkinan tidak akan berpartisipasi dalam praktik bisnis yang mencurigakan ini.

  1. Periksa Jejak Digital

Hal yang indah tentang internet adalah tidak ada yang ada dalam ruang hampa. Kemungkinan orang lain memiliki pengalaman dengan suatu perusahaan lalu mereka telah berbagi pengalaman tersebut di suatu tempat.

Hanya dengan sedikit penggalian, Anda mungkin dapat mengetahui apakah situs web itu palsu berdasarkan ulasan saja. Periksa dengan Better Business Bureau atau salah satu dari banyak situs penipuan yang ada untuk melindungi konsumen.

Tempat Melaporkan Situs Web Palsu

Kami menyarankan Anda untuk melaporkan situs web palsu. Di sinilah tempat melaporkan situs web jahat:

  • Google – Safe Browsing
  • Mozilla – Protect the Fox

Microsoft memberi kesempatan para penggunanya untuk melaporkan situs jahat di dalam perambannya. Untuk melakukan ini, pergi ke menu Tools / Safety lalu pilih Phishing Filter / SmartScreen Filter dan klik “Report Unsafe Website.”

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
8 Tips Internet untuk Membantu Anda Menemukan Situs Web Palsu
Artikel
8 Tips Internet untuk Membantu Anda Menemukan Situs Web Palsu
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Artikel ini bermanfaat untuk menjadi referensi tindak pencegahan. Baca sampai selesai ya 8 Tips Internet untuk Membantu Anda Menemukan Situs Web Palsu
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment