7 Cara Mempercepat Loading Blog dan WordPress

Sharing is caring!

Blog yang ringan dan cepat merupakan sesuatu yang harus dibangun dan dilakukan oleh para blogger. Hal ini dikarenakan dengan mempunyai blog yang cepat maka ranking di search engine terutama google pun akan meningkat. Selain itu, mempercepat loading blog dapat memberikan pengalaman menyenangkan kepada para pengunjung blog. Oleh karena itu, simak yuk ulasan tentang 7 Cara Mempercepat Loading Blog dan WordPress.

Namun ada juga blogger yang meletakkan iklan terlalu banyak dalam satu halaman sehingga membuat loading blog tersebut menjadi lama. Selain lama, membuka halaman blog yang memiliki banyak iklan dapat membuat kuota internet pengunjung menjadi lebih boros.

Oleh karena itu, sebaiknya para blogger mempertimbangkan faktor-faktor yang membuat loading halaman tersebut menjadi berat.

Gimana Caranya Sih Mempercepat Loading Blog dan WordPress?

Berikut cara untuk mempercepat loading blog dan WordPress:

  1. Pilih Hosting Terbaik

Gunakan layanan hosting terbaik untuk website WordPress Anda. Hal ini disebabkan apabila Anda menggunakan hosting yang bagus maka kecepatan website Anda akan tetap loading secara cepat meski di akses dari negara mana saja.

Jika Anda membutuhkan layanan hosting tepercaya, pelayanan prima serta dengan harga terjangkau maka Anda harus mencoba ke Jetorbit.

  1. Gunakan Theme WordPress yang Ringan

Anda bisa mencari theme yang ringan dan sudah SEO friendly, baik itu theme WordPress yang gratis maupun berbayar.

  1. Gunakan Plugin untuk Cache

Gunakan plugin untuk menyimpan cache dari website atau blog Anda, Anda dapat menggunakan plugin W3 Total Cache atau Wp Super Cache. Dengan plugin ini kecepatan website atau blog WordPress Anda secara otomatis akan menjadi cepat.

  1. Optimize Images

Yahoo! memiliki optimizer image disebut Smush.it. Secara drastis akan mengurangi ukuran file gambar namun tidak mengurangi kualitas.

Beruntung sekali dengan adanya plugin WP SmushIt yang akan melakukan proses ini untuk semua gambar Anda secara otomatis .

  1. Optimalkan Homepage

Bagian homepage adalah bagian paling penting dari situs Anda karena pengunjung Anda akan paling sering mengakses bagian ini. Hal-hal yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Tampilkan hanya kutipan saja, bukan posting model penuh.
  • Mengurangi jumlah posting di halaman depan.
  • Hapus widget yang tidak perlu di website atau blog Anda.
  • Hapus plugin tidak aktif dan widget yang tidak perlu.
  • Dibuat minimalis saja karena pengunjung Anda datang untuk konten.
  1. Menggunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN)

Semua blog besar favorit Anda memanfaatkan layanan ini. Cara melihatnya adalah dengan mengunjungi situsnya lalu klik kanan gambarnya kemudian view image dan lihat urlnya.

Pada dasarnya CDN itu mengambil semua file statis yang Anda punya di situs Anda (CSS, Javascript, gambar, dan lain-lain) dan memungkinkan pengunjung untuk mendownload secepat mungkin dengan mengirim file tersebut ke server yang terdekat dengan posisi pengunjung.

  1. Batasi Jumlah Revisi Post

Anda dapat membatasi revisi post hanya 2 atau 3 revisi saja.  Hal ini dikarenakan setiap Anda melakukan edit pada postingan maka akan tersimpan di database dan itu akan mengakibatkan membengkaknya database WordPress Anda.

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui versi WordPress, langsung saja klik link berikut https://www.jetorbit.com/blog/cara-mengetahui-versi-wordpress-yang-digunakan/

Sedangkan bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
7 Cara Mempercepat Loading Blog dan WordPress
Artikel
7 Cara Mempercepat Loading Blog dan WordPress
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Blog yang ringan dan cepat merupakan sesuatu yang harus dibangun dan dilakukan blogger. Simak yuk 7 Cara Mempercepat Loading Blog dan WordPress di Jetorbit.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment