email client terbaik

Bagi kalian yang memiliki bisnis, penting untuk diperhatikan bahwa email merupakan alat komunikasi yang efektif dalam berbisnis. Oleh karena itu, mengelola email bisnis dengan baik akan turut menentukan keberhasilan bisnis kalian. Nah, agar dapat melakukannya dengan mudah, kalian membutuhkan sebuah email client. Tak usah lama-lama, simak sampai selesai yuk 17 Email Client Terbaik yang Bisa Dicoba

Apa Itu Email Client?

Email client adalah sebuah aplikasi desktop yang digunakan untuk mengirim dan menerima email bisnis. Kalian akan lebih mudah dalam mengelola email dengan menggunakan sebuah email client.

Pada dasarnya, untuk menggunakan sebuah email client, kalian dituntut untuk melakukan konfigurasi akun email kalian. Beberapa informasi yang diminta umumnya adalah alamat email, password, alamat POP3 dan SMTP hingga nomor port yang digunakan. Tenang, saat ini proses konfigurasi makin mudah.

Oia, sebagian email client juga memiliki tampilan yang intuitif, baik pada tahapan setup maupun di bagian inbox. Inilah keunggulan dari email client

Apalagi jika ditambah dengan penggunaan email hosting yang memberikan manfaat berupa kapasitas penyimpanan lebih besar dan keamanan serta privasi yang lebih terjaga.

17 Email Client Terbaik dan Gratis

Berikut ini adalah daftar email client terbaik yang bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya:

Windows Mail

Para pengguna sistem operasi Windows bisa lebih mudah mengelola email mereka berkat Windows Mail. Email client ini merupakan aplikasi default di Windows 10. Kalian sudah bisa langsung menggunakannya tanpa perlu download dan install

email client terbaik 1

Kalian juga bisa mengelola beberapa akun sekaligus (multiple account). Beberapa penyedia layanan email yang didukung Windows Mail antara lain, Hotmail, Gmail, YahooMail, dan sebagainya. 

Jika kalian seorang advanced user, silakan masuk ke Advanced Setup untuk melakukan pengisian parameter email secara manual.

Sebagai sebuah email client, fitur dari Windows Mail cukup banyak. Apa saja? 

Yang paling dasar namun penting, Sync Setting. Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengatur sinkronisasi email yang masuk sesuai kebutuhan kalian. Bisa saat email datang, berdasarkan penggunaan, tiap 15 menit hingga sinkronisasi manual. 

Selanjutnya, ada Focused Inbox. Fitur ini membuat inbox kalian lebih rapi. Semua email penting masuk ke kategori Focused dan email lain akan masuk ke tab Other. 

Sistem Operasi: Windows

Apple Mail

Apple Mail merupakan apikasi email default di sistem operasi macOS. Email client ini memungkinkan kalian mengelola banyak akun email, seperti iCloud, Gmail, AOL, dan sebagainya. 

email client terbaik 2

Dari sisi fitur, Apple Mail memiliki fitur mirip Sync Settings di Windows Mail. nah, bedanya adalah kalian bisa menambahkan VIP recipients. Jadi, ketika mengatur sinkronisasi setiap 1 jam, notifikasi untuk email penting tetap kalian terima, yaitu yang berasal dari daftar VIP list kalian. Pengaturan nama dalam daftar tersebut bisa kalian lakukan secara manual. 

Selain itu, terdapat satu fitur yang menjadi andalan Apple Mail, yaitu Mail Drop. Fitur ini memungkinkan kalian mengirimkan file lampiran (attachment) yang besar hingga 5GB. Jadi, jika sering mengirim email yang membutuhkan file lampiran berukuran besar, fitur Mail Drop akan sangat membantu kalian. 

Sistem Operasi: macOS

Thunderbird

Thunderbird adalah salah satu email client yang mendukung multi-platform. Pengguna Windows, macOS dan Linux bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya. 

email client terbaik 3

Meski gratis, Thunderbird dikenal sebagai sebuah email client yang handal. Bahkan, beberapa distribusi Linux, seperti Ubuntu, menggunakannya sebagai aplikasi email default.

Email client ini selalu menghadirkan update fitur yang mendukung kemudahan penggunaan. Salah satunya adalah Setup Wizard. Dengan fitur ini, kalian tak perlu lagi mengingat informasi IMAP, SMTP atau SSL/TLS settings. Dikarenakan setup wizard, konfigurasi akun akan berjalan dengan lebih mudah dan cepat. 

Apakah kalian sering membuka beberapa email bergantian? Jika benar, fitur Tabbed Email akan sangat bermanfaat untuk kalian karena berpindah dari satu email ke email lain bisa dengan mudah dilakukan. 

Bahkan, tab yang sedang terbuka akan tersimpan secara otomatis saat kalian menutup aplikasi. Jadi, ketika membukanya kembali, semua tab terakhir yang tersimpan akan dimunculkan.

Thunderbird merupakan sebuah email client dengan fitur yang lengkap. Namun, jika kalian masih membutuhkan fungsi lain, bisa menginstall Addons langsung dari halaman Addons Manager.

Sistem Operasi : Windows, macOS, Linux. 

eMClient

Jika kalian membutuhkan sebuah email client lengkap dengan aplikasi kalender dan kontak. eMClient bisa jadi pilihan yang tepat. 

email client terbaik 4

eMClient sangat kaya akan fitur dan bisa digunakan di Windows dan macOS. Tak hanya itu, email client ini juga mendukung berbagai layanan email, seperti Gmail, Exchange, hingga Outlook. 

Salah satu kelebihan yang dimiliki eMClient adalah langkah setup akun yang mudah. Selain itu, kalian juga bisa mengimport data dari layanan seperti Windows Mail atau Thunderbird tanpa kendala.

Ada salah satu fitur yang sangat penting dari eMClient, Backup Tool. Email client ini memiliki tool sendiri agar proses backup berjalan dengan baik. Bahkan, tool tersebut bisa tetap bekerja meski aplikasi sedang aktif digunakan. Tak perlu khawatir dengan keamanan data penting kalian.

Sistem Operasi : Windows, macOS. 

MailSpring

Sebelumnya dikenal dengan Nylas Mail. Sebab, aplikasi email client ini bisa berjalan di semua sistem operasi dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat.

email client terbaik 5

MailSpring juga mendukung multiple account. Versi gratisnya mengizinkan kalian menggunakan hingga 4 email berbeda. Nantinya, semua akun masuk akan ditampilkan dalam satu halaman, Unified Inbox. 

Setup akun di MailSpring bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini berkat Setup Wizard yang dimilikinya. Kalian akan dipandu untuk melakukan setup dasar, seperti tampilan layout inbox. MailSpring juga telah membekali kalian dengan 6 tema menarik. Jika belum puas, tak usah khawatir, kalian bisa membuat tema sendiri.

Email client ini sebenarnya sudah mendukung terjemahan dan pengecekan ejaan (spell check). Sayangnya, masih belum tersedia untuk Bahasa Indonesia.

Salah satu fitur unik yang dimiliki MailSpring adalah Easy RSVP. Fitur ini memungkinkan membalas semua email undangan tanpa keluar dari inbox kalian. 

Sistem Operasi : Windows, macOS, Linux. 

Twobird

Twobird adalah sebuah email client yang dilengkapi dengan notes dan reminder. Tak heran mengingat aplikasi ini dibuat oleh GingerLabs yang membuat aplikasi note-taking untuk macOS, Notability. 

email client terbaik 6

Oia, kalian jangan khawatir ya karena Twobird sendiri bisa digunakan oleh pengguna Windows dan macOS.

Ketika menggunakan email client ini, hal pertama yang terlihat adalah desain yang simple dan clean. Jadi, pengguna awam pun tidak akan kesulitan saat menggunakannya. Apalagi dengan hadirnya fitur sorting email kategori high dan low priority akan semakin memanjakan penggunanya. 

Desain yang simple juga menjadi bagian dari email kalian. Hal yang tidak begitu penting seperti format yang kompleks dan tanda tangan tidak ditampakkan sehingga kalian bisa fokus pada konten email. 

Satu hal yang unik dari Twobird adalah chatty design. Fitur ini membuat aktivitas berkirim email menjadi layaknya chatting

Sistem Operasi : Windows, macOS, iOS dan Android. 

Spike

Seperti halnya Twobird, Spike adalah email client yang ingin menonjolkan kemudahan komunikasi layaknya instant messaging. Bahkan secara spesifik Spike menyebutnya sebagai conversational email.

email client terbaik 7

Sebagai sebuah email percakapan, Spike membuat kotak masuk email lebih tertata dan mengelompokkannya berdasarkan pengguna. 

Email client ini juga memangkas hal tidak penting dalam email. Salah satunya adalah pengulangan signature.

Fitur lain yang dimiliki Spike adalah Priority Inbox. Fitur ini penting untuk menunjang efisiensi dalam bekerja. Sebagai pebisnis, kalian tentu ingin mengetahui email penting dari klien dibandingkan notifikasi dari Facebook, kan? Nah, Spike mengelompokkan email tidak penting ke kategori Other. Jadi inbox utama, hanya berisi email penting saja. 

Yang juga menjadi unggulan dari Spike adalah fitur enkripsi. Kalian bisa dengan nyaman berkirim email kepada rekan bisnis atau klien dengan perlindungan enkripsi AES256. Dengan Super Stealth Encryption, data rahasia kalian seperti passport atau data keuangan bisa terlindungi dari peretas (hacker).  

Sistem Operasi : Windows, macOS, iOS, Android dan Web. 

Kiwi for Gmail

Sesuai namanya, Kiwi for Gmail merupakan email client khusus pengguna layanan Google Mail. Kiwi for Gmail merupakan Gmail versi desktop. 

email client terbaik 8

Tampilan Kiwi for Gmail sama dengan versi browser. Tentu ini menjadi keuntungan karena tak perlu mempelajari aplikasi tersebut dari awal. 

Kiwi for Gmail mampu berjalan pada sistem operasi Windows dan macOS. Namun, versi gratisnya yaitu Lite hanya diperuntukkan bagi pengguna macOS

Lalu, apa yang membuat Kiwi for Gmail layak dicoba? Kemudahan untuk menggunakan banyak akun Gmail secara bersamaan. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi pemilik banyak akun Gmail yang aktif digunakan untuk bisnis. Versi gratisnya memungkinkan kalian menggunakan 2 akun bersamaan.

Selain itu, email client ini juga memungkinkan kalian bekerja secara cepat. Kalian bisa melakukan multitasking berkat fitur Multiple windows. Sambil membaca email, kalian bisa membuka dokumen Gdocs yang terkait dengan mudah. 

Yang tak kalah penting adalah integrasi dengan GSuite. Tentu ini memudahkan kalian untuk melampirkan file berukuran besar dengan menggunakan Google Drive.

Sistem Operasi : Windows, macOS. 

Spark

Spark adalah email client gratis yang khusus bagi pengguna macOS. Email client ini memiliki banyak fitur unik dan dapat digunakan secara pribadi atau untuk tim.

email client terbaik 9

Versi terbaru spark menghadirkan fitur Smart Inbox. Berbeda dengan inbox konvensional, smart inbox tidak menampilkan email secara keseluruhan. Email dikelompokkan otomatis menjadi kategori Personal, Notifications, Feed dan Seen. Oleh karena itu, kalian bisa memilah email yang harus dibaca terlebih dahulu. 

Tak hanya itu, Spark juga memiliki fitur Snooze. Jika kalian sedang mengerjakan email yang penting namun tidak dapat menyelesaikan dengan segera, kalian bisa melanjutkan kemudian dengan memasang notifikasi.

Di sisi lain, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Send Later. Email yang sudah selesai dibuat bisa kalian jadwalkan pengirimannya secara otomatis. Tujuannya, untuk memastikan email diterima pada saat penerima akan membacanya segera. 

Oia, ada fitur Shared Draft untuk mengerjakan email bersama dengan anggota tim lain. Selain itu, ada fitur Delegate Email yang memungkinkan kalian menunjuk seseorang untuk mengerjakan sebuah email untuk kalian. 

Sistem Operasi : macOS, iOS dan Android. 

Mailbird

Bagi pengguna Windows, Mailbird bisa menjadi email client alternatif selain Windows Mail. Aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia. Hal ini tentu sesuai dengan kualitas prima yang ditawarkannya.

email client terbaik 10

Sebelumnya, Mailbird menawarkan versi Lite yang bisa digunakan gratis kapanpun. Saat ini, kalian hanya akan mendapatkan versi trial untuk 3 hari saja. 

Sebagaimana email client lain, Mailbird sudah mendukung multiple account, yang tertata dalam sebuah unified box. Tampilannya bisa dikustomisasi dengan mudah berkat fitur customizable layout. Tak hanya itu, berpindah dari mode terang ke gelap juga sangat praktis. 

Eitss, kelebihan Mailbird bukan hanya sisi tampilan, lho. Email client ini memiliki fitur Apps Integration. Hal ini membuat manajemen berbagai aplikasi bisnis bisa kalian lakukan dengan mudah. Contohnya, integrasi dengan Whatsapp, Dropbox, Asana, Todoist, dan lain-lain.  

Sistem Operasi : Windows.

Microsoft Outlook

Microsoft Outlook merupakan aplikasi email untuk sebagian besar bisnis dan perusahaan. Aplikasi ini telah ada selama beberapa dekade, dengan asal-usulnya berasal dari MS-DOS. Sudah jelas bahwa aplikasi ini memiliki keterkaitan erat dengan layanan Microsoft lainnya, dan tak sekedar bertukar pesan.

email client terbaik 11

Outlook mempunyai keuntungan karena terintegrasi penuh dengan Kalender Outlook sehingga membuat berbagi kalender untuk mengkoordinasikan rapat dapat dilakukan dengan cepat. Integrasi ini juga meluas sampai ke Kontak Outlook.

Outlook tak hanya mendukung platform Windows tapi juga lintas platform seluler iOS dan Android. Microsoft Outlook tersedia sebagai bagian dari suite Microsoft Office, yang dapat dibeli sebagai Office 2016 mandiri, atau Office 365 berbasis langganan.

Postbox

Postbox merupakan aplikasi email yang dibutuhkan untuk menjaga kotak masuk kalian bebas dari gangguan dan dengan cepat mengakses pesan dari banyak akun email. Dengan membawa semua akun email kalian di satu tempat, kalian akan bisa memindai pesan dengan lebih cepat.

email client terbaik 12

Dari segi interface, Postbox terasa cukup bagus dan menarik. Dengan banyak pilihan penyesuaian yang diterapkan, kalian mendapatkan cukup kebebasan untuk mempersonalisasi aplikasi sehingga tetap sesuai dengan permintaan kalian.

Pemfilteran real-time menarik karena bisa memisahkan pesan yang tidak perlu. Kalian juga bisa mengatur pesan dengan tag yang berbeda. Selain itu, kalian juga bisa memisahkannya berdasarkan kontak supaya email dari VIP tidak hilang karena kekacauan.

Lebih baik lagi jika kalian dapat membuat pengingat tentang hal-hal yang harus dilakukan dan meletakkannya tepat di bagian atas daftar pesan sehingga mata kalian tidak pernah gagal menemukan pengingat tersebut.

The Bat

The Bat dirancang untuk mengatasi sejumlah masalah keamanan yang meski tidak selalu umum, berpotensi mempengaruhi aplikasi email lainnya.

email client terbaik 13

Aplikasi email ini membutuhkan kunci untuk mendekripsi semua data yang disimpannya. Hal ini berarti data hanya dapat diakses melalui aplikasi itu sendiri, tidak seperti aplikasi email yang lain yang menyimpan informasi dalam folder lokal, yang mana itu dapat diperoleh dari luar program.

Dengan enkripsi disk on-the-fly, semua data yang dikelola melalui aplikasi akan disimpan dan dienkripsi di hard drive pengguna, memberikan perlindungan berlapis ekstra pada sistem cadangan yang sangat efisien.

Zoho Mail

Zoho sebelumnya sudah menawarkan aplikasi terbaik untuk bisnis selama beberapa tahun dan aplikasi emailnya cukup sesuai dengan reputasi itu. Aplikasi ini memiliki semua fitur untuk menjadi solusi email bisnis terpercaya.

email client terbaik 14

Aplikasi ini memiliki fitur kolaborasi canggih yang memungkinkan seluruh tim untuk tetap sinkron dan bekerja pada suatu proyek. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan email khusus berbasis domain khusus untuk karyawan kalian. Dengan bantuan email dan domain alias, kalian akan dapat mengelola domain kalian secara efisien.

Zoho Mail dilengkapi dengan alat migrasi yang berguna yang membuatnya cukup mudah untuk mentransfer email dari layanan email lainnya. Aplikasi ini sepenuhnya mengenkripsi email untuk melindungi data kalian.

Aplikasi ini terintegrasi secara ideal dengan catatan, kontak, kalender, dan tugas sehingga kalian bisa mengelola kontak kalian, membuat catatan penting, merencanakan acara dan bahkan melaksanakan tugas dengan mudah. Yang terpenting, Zoho Mail membuat semua lampiran kalian diatur berdasarkan jenisnya.

Front

Front berpusat pada satu konsep utama, yaitu kolaborasi. Aplikasi email ini dirancang untuk seluruh tim untuk bekerja bersama dalam sistem kotak masuk bersama. Semua kotak masuk yang kalian buat bersifat pribadi secara default tetapi kalian dapat mengundang anggota tim tertentu.

email client terbaik 15

Aplikasi Front juga menawarkan fitur chat atau obrolan sehingga kalian dapat tetap terlibat dengan rekan tim kalian semua dalam satu aplikasi. Front juga terintegrasi dengan lebih dari 40 aplikasi dan layanan, termasuk Dropbox, Asana, HubSpot, Trello, dan Slack.

Dikarenakan aplikasi ini merupakan aplikasi email yang berorientasi bisnis, Front juga menyediakan seluruh bagian analitik yang tidak hanya membahas metrik yang berkaitan dengan perilaku klien dengan email yang dikirim tetapi juga produktivitas dan interaksi anggota tim, seperti waktu respons dan balasan.

Inky

Teknologi yang diterapkan pada Inky sudah sangat canggih karena menggunakan kolaborasi antara AI (Artificial Intelligence) dan Machine Learning.

email client terbaik 16

Layanan utama dari Inky berfokus pada security. Inky sangat menjamin keamanan data dan privasi para penggunanya dalam mengelola email bisnis dalam skala besar. Melalui salah satu fitur bernama “Inky Phish Fence”, pengguna dapat melakukan scanning menyeluruh secara internal dan external pada kotak masuk email untuk mencegah adanya “Phising”. 

Dikarenakan Inky adalah jenis Email Client yang lebih berfokus pada fitur security maka fitur-fitur lainnya di luar security kurang memadai bahkan hampir tidak ada. Untuk biaya Exabytes Friends sendiri, kalian tak usah risau. Inky menawarkan free trial sehingga kalian dapat mencoba menggunakannya secara gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengeluarkan biaya berlangganan.

Sistem Operasi: Windows dan MacOS

Airmail

Selain Apple Mail, Airmail dapat menjadi pilihan menarik lainnya dalam menggunakan Email Client khusus macOS. Airmail hadir dengan tampilan desain interface yang sangat user friendly dan fleksibel. Exabytes Friends dapat melakukan kustomisasi tampilan desain secara mudah.

email client terbaik 17

Contohnya, ketika kalian ingin membuat tampilan interface yang lebih sederhana, maka dapat menarik sidebar pada bagian kiri menjadi lebih kecil lagi. Selain keunggulan dalam bidang UI/UX, Airmail juga unggul dalam hal kelengkapan fitur dan layanan. 

Beberapa fitur otentik yang dimiliki Airmail yaitu Compose Mail (dilengkapi dengan editing dan markdown), Reminder, Scheduling Email, dan berbagai fitur lainnya. Kecepatan akses dari Airmail pun sangat ringan sehingga tidak akan membebani memori desktop kalian.

Sistem Operasi: Windows dan MacOS

Email Client Gratis Lainnya

Selain yang disebutkan di atas, masih terdapat beberapa email client lain yang juga gratis. Beberapa diantaranya adalah Evolution, Sylpheed, Pegasus Mail, Claws Mail, dan sebagainya. Namun, konfigurasi dari email client tersebut lebih rumit dan tampilan yang kurang intuitif.

Kalian bisa saja mencoba aplikasi tersebut. Caranya, kunjungi website resmi dan unduh aplikasinya, lalu install.

Tips Memilih Email Client

Beberapa tips bagaimana memilih email client yang tepat adalah:

Sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan kalian memilih email client yang sesuai kebutuhan kalian. 

Selain itu, jika sekedar kirim email dan mengecek email masuk, kalian bisa menggunakan aplikasi yang sederhana dan ringan. Namun, jika membutuhkan fitur yang lebih lengkap, gunakan email client yang lebih kompleks. Tentunya akan lebih berat karena membutuhkan resource yang tinggi. 

Memiliki Kemudahan Konfigurasi

Pilihlah email client yang bisa dikonfigurasi dengan mudah. 

Konfigurasi akun email merupakan hal utama agar email client kalian berjalan dengan baik. Jika terjadi kesalahan, bisa saja email tidak dapat terkirim atau email masuk tidak dapat kalian terima. 

Selain itu, pastikan konfigurasi untuk sinkronisasi dengan penyedia layanan email kalian juga mudah. Tujuannya agar kalian selalu mendapatkan update email terbaru di inbox kalian. 

Selalu Ter-Update

Sebuah email client harus selalu terupdate dengan rutin. Hal ini terkait dengan dua hal utama: keamanan dan kemudahan penggunaan. 

Faktanya, email masih menjadi sarana untuk melakukan kejahatan digital. Jika email client Anda rutin memberikan update keamanan, tentu akan bisa mencegah kerugian akibat spam, bahkan spam yang mengarah ke phising.

Selain itu, update juga sering terkait dengan adanya fitur baru. Jika penyedia layanan email menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna, pastikan email client kalian mendukungnya.

Contohnya, Smart Reply untuk membalas email dengan cepat dan Nudge sebagai pengingat undangan digital,

Okay, jika tugas kalian yang berkaitan erat dengan mengirim dan menerima email, pemilihan aplikasi email yang tepat menjadi hal yang harus kalian perhatikan, ya. 10+ aplikasi email tadi merupakan kumpulan aplikasi terbaik yang bisa menjadi pilihan. Nah, kira-kira mana yang akan kalian pilih, nih?

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “17 Email Client Terbaik yang Bisa Dicoba”

  1. […] menggunakan Fungsi DNS di client area, anda harus mengubah terlebih dahulu Nameserver domain, pilih fitur nameserver Kemudian arahkan […]

    1. silvia Avatar

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan semoga senantiasa bermanfaat 🙂

Leave a Comment