Mengapa Digital Marketing Penting bagi Usaha Kecil, Tips, dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Mengapa Digital Marketing Penting bagi Usaha Kecil, Tips, dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Saat pandemi COVID-19 hampir berakhir, ternyata kebiasaan tiap individu dan keterkaitannya dengan dunia digital sudah menjadi hal yang lumrah. Oleh karena itu, usaha kecil membutuhkan adaptasi dengan menggunakan strategi digital marketing. Penting dilakukan agar bisnis bisa survive dan tak lekang oleh zaman. Okay, yuk baca Mengapa Digital Marketing Penting bagi Usaha Kecil, Tips, dan Kesalahan yang Harus Dihindari

Tips Digital Marketing untuk Usaha Kecil

Berikut ini ada tips untuk bisnis yang belum pernah menggunakan digital marketing agar tidak bingung saat memulai dan menggunakannya:

Bangun Social Media yang Dimiliki

Bisnis harus menggunakan social media untuk menjangkau pelanggan mereka karena kesempatan untuk komunikasi tatap muka langsung saat ini terbatas. Social media adalah bagian dari sebagian besar strategi marketing usaha kecil. Hampir semua usaha kecil 88% berinvestasi di social media.

Social media telah menjadi aspek fungsional dari banyak strategi digital marketing untuk bisnis dan generasi yang berbeda.

Gunakan Email Marketing Campaign untuk Terhubung Dengan Pelanggan

Menurut HubSpot, 80% business leaders percaya bahwa email marketing memperkuat retensi pelanggan. Hampir 60% responden survei State of Email Marketing mengatakan bahwa email marketing mempengaruhi purchasing behaviour mereka.

Email marketing merupakan strategi digital marketing bagi bisnis yang ingin melebarkan jangkauannya dan menginfluence banyak orang melalui email. Ketika promosi mampu memasuki inbox email mereka maka rasa penasaran pun akan tergugah sehingga terjadi proses pencarian atas bisnis tersebut.

Perluas Website Marketing

Memiliki visibilitas sangatlah penting, terutama di zaman sekarang ini. Visibilitas merupakan suatu hal yang krusial bagi segala bisnis, tak terkecuali usaha kecil. Terlebih jika sebuah bisnis tidak memiliki website maka bisnis tersebut akan hilang begitu saja. Audiens akan sulit mengenali bisnis tersebut.

Fokus dari website marketing adalah membuat konten-konten, seperti article seo focused dan video yang akan membantu mendorong visibilitas website tersebut.

Video Marketing

Penggunaan video yang menarik dapat membantu bisnis mendominasi area digital marketing karena video membuat rerata pengguna menghabiskan 88% lebih banyak waktu di dalam website.

Meskipun lebih dari separuh konsumen ingin melihat lebih banyak konten video dari brand yang mereka lihat dan ikuti, hanya sekitar sepertiga dari usaha kecil, sekitar 32% yang berencana untuk berinvestasi lebih banyak dalam pemasaran video tahun ini.

Set a Main Goals

Sebelum memulai strategi marketing bisnis kecil mereka, sebuah bisnis harus menentukan tujuan utama digital marketing mereka.

Saat ini, lebih dari tiga perempat atau 76% bisnis percaya bahwa upaya digital marketing mereka efektif dalam mencapai tujuan atau goals bisnis mereka. Dengan memiliki main goals yang jelas maka sebuah bisnis akan dengan tepat memilih strategi digital marketing seperti apa yang akan digunakan. Untuk itu, goals merupakan sesuatu yang harus ditentukan di awal sebelum merencanakan strategi digital marketing.

Seberapa Penting Digital Marketing bagi Usaha Kecil?

Untuk mampu bersaing dan tetap berkembang, harus dilakukan adaptasi terhadap situasi yang sedang terjadi. Makanya digital marketing penting bagi usaha kecil.

Sadarilah, Pelanggan Anda Sedang Online

Ketika seseorang tertarik dengan bisnis yang ada, entah karena niche atau mereka ingin tahu tentang brand kalian, hal pertama yang akan mereka lakukan adalah melakukan riset online dan melihat apa yang dapat mereka temukan tentang brand tersebut.

Di era digital saat ini, pelanggan berharap menemukan kehadiran website dan social media. Mereka mungkin mencari review sehingga mereka dapat mempelajari apa yang dikatakan orang lain tentang usaha kecil tersebut dan apakah itu tempat yang baik untuk berbisnis.

Jika bisnis yang ada tidak memiliki website atau portofolio secara online, mereka akan menganggap bahwa bisnis tersebut tidak certified. Orang yang tadinya akan menjadi leads justru mempertanyakan keberadaan bisnis dan memilih untuk pergi. Oleh karena itu, gunakan digital marketing untuk memiliki online presence.

Mengetahui Kompetitor

Agar usaha kecil terus berkembang lebih besar lagi, hal yang perlu diketahui adalah apa yang dilakukan kompetitor. Buatlah kompetitor sebagai sesuatu yang harus dikalahkan. Namun, kompetitor harus dilihat sebagai sesuatu yang memiliki hal yang bisa diserap lalu membuat sesuatu yang lebih baik lagi. Setuju? 

Ketika melihat apa yang dilakukan kompetitor secara online, akan terlihat gambaran tentang apa yang berhasil dan tidak. Nah, dari sini bisnis dapat menyerap informasi ini kemudia membuat sesuatu yang lebih baik lagi berdasarkan riset yang sudah ada.

Dapat Diakses di Manapun dan Kapanpun

Produk atau layanan apapun yang dicari seseorang, kemungkinan besar mereka akan memulai pencarian mereka dengan Google. Jika bisnis tidak memiliki representasi secara online maka bisnis tidak akan ditemukan dan tidak akan pernah bisa bersaing.

Hal yang menjadi masalah lainnya adalah ketika bisnis sudah berada di dunia digital tapi visibilitasnya tidak terlihat karena peringkat kompetitor lebih unggul. Hal yang bisa dilakukan dengan digital marketing adalah Search Engine Optimization (SEO). SEO lah yang melakukan optimasi pada website atau content di dalamnya yang akan meningkatkan peringkat di search engine.

Biarkan Pelanggan Datang kepada Anda

Pikirkan digital marketing sebagai cara untuk membuat bisnis dapat diakses oleh orang-orang yang telah ditargetkan. Melalui digital marketing, jangkauan audiensnya lebih lebar bahkan dari luar wilayah yang sekarang ditempati oleh usaha kecil tersebut.

Melalui digital marketing, customers dapat memiliki tempat dan environment di mana mereka dapat menghubungi bisnis dengan tak kenal waktu.

Selain itu, customers yang tidak dapat secara fisik datang masih dapat melakukan bisnis dengan usaha kecil melalui e-commerce atau hanya dengan menggunakan social media. Kemudahan seperti inilah yang akhirnya membuat pelanggan terus berdatangan. Dengan begitu, sales pun akan meningkat dengan cepat.

6 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Dihindari Usaha Kecil 

Berikut adalah 6 kesalahan digital marketing yang harus usaha kecil hindari jika ingin menikmati kesuksesan online dan mengulang kesuksesan tersebut berkali-kali.

Menargetkan Audiens yang Salah

Keunikan dari digital marketing adalah memungkinkan untuk menargetkan audiens yang ideal bagi usaha kecil yang melakukan digital marketing. Hal ini juga termasuk audiens yang sulit dijangkau dengan cara lain.

Namun, strategi ini hanya berfungsi jika usaha kecil tersebut menargetkan audiens yang tepat, yaitu orang-orang yang tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Sebelum meluncurkan digital marketing campaign, luangkan waktu untuk memahami target audience, buatlah buyer persona dan buat gambaran akurat tentang siapa yang ingin dijangkau dengan digital marketing campaign yang akan dibuat.

Kurangnya Website

Memiliki website merupakan sesuatu yang krusial bagi segala bisnis. Tidak terlepas dengan usaha kecil, ini merupakan hal yang wajib dimiliki. Sejauh ini, hanya 51% usaha kecil yang memiliki website. Padahal, faktanya 97% orang mencari produk atau jasa secara online. Wah, bisa kalian bayangkan jika bisnis tidak memiliki website?

Jika kalian menginginkan digital marketing campaign dan ketersediaan secara online, harus mulai dengan website.

Kurangnya Marketing Plan

Untuk membangun strategi digital marketing yang sukses dibutuhkan perencanaan yang matang. Buatlah marketing plan secara rinci dan bisa diukur di setiap matriksnya. Selain itu, buatlah suatu tujuan dari strategi digital marketing ini.

Hal ini tidak hanya dibutuhkan oleh bisnis besar saja, lho. Usaha kecil juga membutuhkannya. Kita tidak akan pernah tahu perkiraan outputnya jika sebuah strategi digital marketing tidak bisa diukur. Tentu saja sebuah usaha kecil tidak ingin mengeluarkan budget yang besar tanpa menerima sesuatu yang besar pula. Oleh karena itu, buatlah rencana yang matang sebelum kalian benar-benar mengeksekusinya.

Mengabaikan Sales Funnel

Apapun jenis marketing yang dipilih, customers akan melalui sales funnel untuk mencapai titik di mana mereka terkonversi atau mengambil tindakan nyata untuk terlibat dengan sebuah bisnis.

Ini merupakan tugas kalian sebagai pelaku bisnis untuk mengarahkan mereka melalui funnel dari pertama kali mendengar sebuah usaha kecil hingga menjadi customers yang setia. Ini merupakan poin yang krusial terkait bagaimana usaha dapat memberikan treatment dan approach yang berbeda pada setiap funnelnya secara hati-hati. Hingga akhirnya audiens bisa menjadi customers.

Jika bisnis gagal memahami atau memperhitungkan sales funnel dalam digital marketing, kemungkinan mereka akan kehilangan peluang berharga untuk menemukan dan mengembangkan future customers.

Mengabaikan Social Media

Untuk bisnis yang ingin meluncurkan digital marketing campaign yang sukses, social media adalah jawabannya. Facebook dan social media lainnya, menawarkan akses mudah dan murah yang akan menuju ke potential customers.

Bisnis harus merangkul semua potensi yang disediakan oleh social media daripada tidak memanfaatkannya. Melalui social media, persebaran konten yang dibuat begitu cepat. Terlebih ada fitur share yang ada di social media. Hal ini membuat persebaran konten semakin cepat.

Gagal Melacak Result

Bagaimana bisa mengetahui bahwa strategi marketing berhasil? Caranya adalah dengan melacak resultnya. Sayangnya, banyak bisnis menggunakan digital marketing tetapi lupa untuk melacak bagaimana kinerja strategi yang digunakan baru mereka.

Ini merupakan sesuatu yang perlu diketahui. Jika tidak bisa melihat hasilnya seperti apa dari setiap channel marketing yang digunakan, makna sebuah bisnis tidak bisa menentukan step ke depannya seperti apa. 

Jangankan memilih strategi yang efektif, melakukan evaluasi dari campaign sebelumnya saja tak dapat dilakukan. Oleh karena itu, melakukan pelacakan dan evaluasi merupakan suatu hal yang penting dalam digital marketing.

Okay, jadi itulah beberapa tips, alasan mengapa digital marketing merupakan suatu hal yang penting bagi bisnis, serta beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh usaha kecil dalam melakukan strategi digital marketing karena menjadi tolak ukur keberhasilan suatu digital marketing campaign. Semoga bermanfaat, ya. 

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always be happy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like